MULANYA saya kira peristiwa akbar semacam art fair hanya bisa dijangkau oleh orang-orang berduit, tentunya dari para kolektor yang siap memboyong karya-karya impian. Belakangan baru saya ketahui ada model art fair yang bisa hadir di tengah-tengah ruang adat dan hiruk-pikuk kemacetan. Kata si empunya, semacam kegiatan ala banjar yang bisa disepadankan dengan hajatan orang-orang Bali.
Ubud Art Collect, begitu mereka menyebut dirinya. Selama tiga hari, 4–6 September 2026, mereka menghadirkan inisiasi impulsif yang cukup bikin geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, model art fair yang kita tahu sangat tersegmentasi oleh pasar seni rupa tiba-tiba ingin diretas dengan sebuah inisiasi yang menggabungkan semangat festival rakyat dan kegiatan jual-beli karya ala broker profesional.
Dengan memanfaatkan persimpangan di tengah jantung Kota Ubud yang penuh ingar-bingar turisme dan kehidupan tradisi, Ubud Art Collect cukup berhasil menawarkan gagasan baru untuk ekosistem Bali dan segmentasi pasar yang juga bertumbuh oleh gemerlap pariwisata. Semacam oase yang tiba-tiba muncul untuk menawarkan solusi atas dahaga para dedengkot kesenian.
Ibarat anak kecil yang ingin mengobrak-abrik permainan orang dewasa, inisiasi artist art fair ini menyasar lokasi yang juga tak pernah ada dalam rancangan ajang seni kebanyakan, sependek yang penulis ketahui. Bagaimana mungkin Wantilan (baca: balai desa adat) yang mulanya erat dengan obrolan-obrolan seputar ritual dan pernak-pernik bebanjaran, disulap dalam semalam menjadi pusat perbincangan seni rupa di Ubud, Bali.

Kalau mau lebih ditilik, sebenarnya kemunculan beragam bursa seni baru selain yang memang sudah establish, semacam Art Jakarta, adalah gejala yang cukup menjamur. Di Jogja, misalnya, setelah helatan Jogja Art Fair berubah menjadi makhluk hibrid bernama ARTJOG, peran pasar seni semacam art fair murni digantikan oleh Chapter Jogja yang lahir belakangan. Sementara itu, di Surabaya muncul ARTSUB yang juga santer menggaungkan hajatan seni sekaligus mengakomodasi agenda jual-beli di dalamnya. Kemudian, di Bali sendiri, belakangan kita melihat Art&Bali, sebuah art fair baru yang berlokasi di sebuah korporasi raksasa bernama Nuanu Creative City.
Lalu di mana kemudian Ubud Art Collect menempatkan dirinya di antara abang-abangan yang kadung terlanjur mapan ini?
Perbedaannya mulai kentara. Menjamurnya art fair di berbagai kota adalah kegelisahan akan pencarian format baru antara pasar, festival, dan ekosistem lokal. Tetapi Ubud Art Collect melakukan sesuatu yang berbeda karena ruang adat bukan hanya dijadikan venue, melainkan menjadi ajang uji coba kolektif untuk mempertemukan lapisan sosial yang begitu majemuk.
Kelihaian dalam melobi lapisan perangkat adat di Ubud membuat lokasi dan konteks sosial yang unik ini melenturkan batas antara penikmat seni kawakan, kepentingan adat, dan geliat turisme yang memang sudah menggiurkan sejak dulu.
Persimpangan, dalam konteks percakapan ini, tidak hanya bekerja sebatas letak geografis, tetapi juga menjadi muara yang mempertemukan banyak hal: antara tradisi dan modernitas, publik lokal dan internasional, masyarakat umum dan kolektor, hingga desa dan relasi kuasanya. Inisiasi semacam ini juga menjadi persimpangan arah untuk mempertanyakan ulang bagaimana wacana seni di Bali dan mekanisme pasar yang serba fluktuatif mulai bisa dipetakan. Terlepas dari segala kekurangannya pada helatan pertama, Ubud Art Collect setidaknya telah membuka sebuah kemungkinan.

Secara historis, Ubud memang telah sejak lama menjadi pusat perkembangan seni rupa di Bali. Puncaknya ketika berbagai seniman ekspat macam Walter Spies dan Rudolf Bonnet mulai membikin asosiasi pelukis seperti Pita Maha atas izin dan bantuan Raja Ubud Tjokorda Gde Agung Sukawati pada 1936. Kisah ini mengawali perjalanan panjang gemerlap para maestro kesenian dan macam-macam gaya lukis yang berkembang dari daerah ke daerah yang lain.
Lewat tulisan Putu Sridiniari pada esai pengantar hajatan seni ini, saya paham bahwa “Seni Ubud” memang tidak pernah hadir dalam cara pandang tunggal. Ia terbentuk dari serangkaian negosiasi atas rupa-rupa kepentingan dan bumbu manis kreativitas para master. Di sinilah Ubud menawarkan laboratorium hidup yang terus bertumbuh dan tak pernah usai.

Sebagaimana kota ini, Ubud Art Collect juga akan menegosiasikan dirinya terus-menerus dan mengakomodasi berbagai macam kemungkinan ruang cakap: antara karya seni, seniman, publik, dan konteks sosial budayanya.
Satu-satunya kesulitan geliat semacam ini adalah merawat keberlanjutannya. Apakah terobosan progresif semacam ini hanya akan jadi urban legend ketika tak mampu hadir pada edisi-edisi ke depannya? Mungkin itu pertanyaan yang kepalang sulit untuk dijawab oleh satu-dua orang yang menjadi otak di balik hajatan ini. Namun, percakapan dan optimisme untuk melihat Bali dalam percakapan seni yang sehat menjadi bahan bakar yang pantas untuk direnungi bersama.
Maka, ada persoalan yang lebih besar tentang siapa yang bersedia ikut menjaga kemungkinan tersebut. Apakah pemerintah? Atau, dalam konteks ini, si empunya wilayah memiliki kesadaran untuk memberi dukungan, baik modal maupun infrastruktur penunjang bagi bibit-bibit unggul semacam ini? Jangan sampai tarik-menarik kepentingan akan menjadi kisah klasik yang terus berulang di kemudian hari. Baiklah diingat saja dulu bahwa ini adalah pertanyaan bersama, sesuatu yang agaknya cukup menyentil di kepala banyak orang dalam ekosistem seni rupa kita hari ini.
Panjang Umur Seni Rupa![T]
Penulis: Made Chandra
Editor: Jaswanto




























![Rezim Algoritma dan Lahirnya “Sastra Perhatian” [1]: Pendahuluan](https://tatkala.co/wp-content/uploads/2026/08/andre.-cover-algoritma-350x250.png)

