DI rumahnya yang sederhana di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Sarpi (39) mulai merajut mimpinya. Sejak duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar, ibu dari dua anak itu sudah mulai belajar membatik. Sebagai perempuan yang lahir dari keluarga pembatik dan penenun, baginya, membatik adalah semacam panggilan jiwa.
Batik dan kain tenun, rasanya memang sulit dipisahkan dari kehidupan orang Kerek, termasuk di Desa Gaji. Goresan canting dan hentakan alat tenun, berjalan seirama dengan hela napas masyarakatnya. Selain untuk melengkapi estetika sandang, bagi masyarakat Gaji, batik dan kain tenun juga sebagai sarana menyelaraskan diri dengan alam dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta.
Sekadar informasi, setidaknya ada lima dari 17 desa di Kecamatan Kerek—yang para perempuannya dikenal memiliki kemampuan memintal benang, menenun, membatik, hingga mewarnai—yakni, Margorejo, Gaji, Kedungrejo, Karanglo, dan Temayang.
Para perempuan sedang membatik di Dedy Batik / Foto: Sarpi
Dulu, mereka, para perempuan itu, sebagaimana dituliskan Sri Rejeki dalam “Gores Canting Para Seniman Batik” (2016), membagi diri dengan bidang keahlian masing-masing sekaligus membentuk sistem ekonomi berlandaskan gotong royong.
Orang Gaji dikenal akan keterampilannya membatik tanpa pola atau jiplakan kain, baik untuk motif utama maupun latar. Kain dibatik bolak-balik, bagian depan dan belakang. Mereka bagaikan seniman yang melukis kain dengan cantingnya.
“Motif kembang jeruk [salah satu motif kuno di Gaji] adalah motif pertama yang saya batik. Dulu saya belajar membatik di kain ukuran 1 meter. Kain itu saya beli sendiri dengan uang jajan yang saya simpan,” ujar Sarpi saat dihubungi tatkala.co melalui telepon genggam, Rabu (10/1/2023) sore.
Sarpi mengaku sejak kecil sudah memiliki hobi corat-coret motif batik di kertas. Hanya saja, katanya, saat itu ia belum bisa memegang canting dengan benar. “Saat kelas 4 SD itu baru bisa memegang canting dengan benar, jadi sudah berani mencoba [membatik] di kain.”
Sejak saat itu ia mulai berlajar tahap-tahap membatik, dari tahap pertama proses pencucian kain, tahap mendesain, tahap mencanting (membatik), tahap pewarnaan, tahap proses penembokan, sampai tahap pelorodan. Semua itu ia pelajari secara otodidak dengan memperhatikan dan mencermati orang-orang di sekitarnya, yang memproduksi batik.
Hari ini, Sarpi dikenal luas sebagai salah satu pembatik yang masih mempertahankan kain gedhog sebagai produk batiknya. Karena, baginya, selain sebagai upaya mempertahankan dan melestarikan warisan leluhur, produk itu memang menarik. “Soalnya hanya di Kerek batik tenun gedhog dihasilkan, tidak oleh daerah lain,” katanya, menegaskan, seolah batik gedhog adalah satu-satunya warisan leluhur yang harus dirawat dan dijaga.
Motif batik Turangga Ranggalawe karya Sarpi / Foto: Sarpi
Sejak awal tahun 2016, setelah mendapat juara 2 lomba desain batik se-Kabupaten Tuban, Sarpi mendirikan usaha batik sendiri dengan modal uang pembinaan yang ia dapat dari pihak penyelenggara. Usaha tersebut diberi nama “Dedy Batik”. Sejak saat itu, ia merasa telah meraih mimpinya. Dan kini, ada sekitar 20 orang yang membantu produksi batik di tempat usaha yang ia dirikan.
Selama menjalankan usahanya, untuk kebutuhan kain tenun gedhog ia dapatkan dari Desa Gaji sendiri—yang ia sebut sebagai “desa tercinta” itu. Namun, untuk kain katun juantiyu, malam (lilin batik), serta obat pewarna batik, ia harus membelinya dari Bima Kunting, Solo, Jawa Tengah.
Saat ditanya mengenai pemasaran produk batiknya, Sarpi menjawab, “Saya pasarkan di pasar online seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp.” Dan sampai sejauh ini, katanya, orderan paling besar ia dapatkan dari kantor-kantor dinas di Kabupaten Tuban. “Kalau luar kota, pesanan biasanya datang dari Jakarta, Bali, dan Yogyakarta,” terangnya.
Sarpi selalu berusaha menciptakan motif-motif baru untuk menarik minat konsumen supaya tidak bosan dengan motif yang itu-itu saja. Ini adalah salah satu strategi yang ia terapkan. Ada banyak sekali motif yang ia ciptakan, bahkan ada yang selalu mendapat juara setiap kali diikutkan lomba.
“Motif andalan saya adalah motif yang saya beri nama ‘Perjuangan Menjunjung Derajat’, yang sering dipakai Mas Lindra, Bupati Tuban sekarang. Tapi, motif ‘Turangga Ranggalawe’ yang best seller tenan,” jelas Sarpi.
Selain menggunakan pewarna kimia, atau buatan, Sarpi juga menggunakan pewarna alami. Ia biasa menggunakan kayu tingi, kulit kayu mahoni, secang, kulit manggis, akar mengkudu, dan daun tom atau indigo sebagai pewarna batik yang diproduksinya. “Sesuai pesanan,” katanya.
Sarpi dan penghargaan juaranya / Foto: Dok. Sarpi
Sebagai pengerajin dan pengusaha batik, Sarpi mengatakan bahwa tantangan usaha batik hari ini adalah banyaknya pendatang baru, khususnya pengrajin batik, yang menjual karya batiknya dengan harga yang lebih murah (banting harga) bahkan tidak sebanding dengan biaya produksinya. “Itu kan sangat merusak harga pasar,” ujarnya, menyesalkan.
Meski demikian, itu tidak boleh membuatnya patah arang. Ia tetap harus berusaha menghasilkan inovasi baru dan mempertahankan kualitas produknya. Dan benar, atas kegigihannya, selama berkarier sebagai pengerajin batik, ia sudah meraih 6 gelar juara.
“Pertama juara 2 tingkat kabupaten untuk motif Tri in One tahun 2015; juara 3 tingkat Provinsi Jawa Timur untuk motif Turangga Ranggalawe (2017); juara 1 tingkat Kabupaten Tuban untuk motif Sandang Pangan Papan (2017); juara 1 tingkat Kabupaten Tuban untuk motif Kloso Pandan (2017), juara 2 tingkat Provinsi Jawa Timur untuk motif Ombak (2018), dan juara 1 tingkat Provinsi Jawa Timur untuk motif Perjuangan Menjunjung Derajat (2022),” jelasnya.
Selain kerap mengikuti lomba dan meraih juara, Sarpi juga sering mengikuti pameran produk batik. “Sudah 15 kali ikut pameran. Itu semua dibiayai oleh pemerintah,” katanya sambil mengucap syukur. Seringnya mendapat juara dan mengikuti pameran, membuat nama dan produknya semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Batik Gedhog dan Tradisi Setempat
Sudah sejak lama Desa Gaji dikenal sebagai salah satu sentra batik tulis tenun gedhog—batik yang dibuat di atas kain tenun khas Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Disebut gedhog karena ketika alat tenun difungsikan berbunyi dhog-dhog.
Kain gedhog di Desa Gaji dibuat dari benang kapas yang dipintal sendiri. Kapasnya pun ditanam di tanah setempat. Dengan demikian, orang-orang Desa Gaji menguasai proses produksi batik gedhog mulai dari hulu hingga hilir.
Menurut Sarpi, ada dua jenis kapas yang biasa digunakan, kapas putih dan kapas coklat. Hasil pintalan kapas berupa benang itu disebut lawe. Khusus untuk benang dari kapas coklat disebut lawe lawa—merujuk pada warna codot, hewan sejenis kelelawar.
Lawe lawa / Foto: Sarpi
Batik gedhog pada awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Kain panjang yang disebut tapeh atau sewek beserta selendang atau sayut adalah dua hal yang harus—untuk tidak mengatakan wajib— dimiliki perempuan Gaji. Bahkan, kain dan selendang bisa menjadi simbol status sosial seseorang.
“Bagi kami orang Gaji, kalau tidak punya jarik jawa (gedhog) dan jarik lasem (dari mori), rasanya bukan orang Gaji. Kalau pas buwoh (kondangan) pakai jarik dan selendang gedhog, rasanya top banget,” ungkap Wahyuni, pembatik dari Desa Gaji, sebagaimana dikutip dari koran Kompas.
Hal serupa juga diungkapkan Sarpi. Orang Gaji punya kebiasaan menyumbang beras ketika menghadiri hajatan kerabat atau tetangga yang dibawa ketika buwoh. Wadahnya berupa bokor kuningan yang digendong dengan selendang gedhog.
Sayut atau selendang khas Tuban / Foto: Sarpi
Dalam pernikahan, jika orang tua laki-laki punya semacam kewajiban menyiapkan kain batik sebagai seserahan, orang tua perempuan punya kewajiban menyiapkan baju dan sarung batik gedhog bagi calon menantu pria. Namun, tradisi itu kini telah banyak digantikan batik berbahan mori keluaran pabrik.
Selain terkait pernikahan, batik atau kain gedhog juga erat kaitannya dengan ritual seperti sedekah bumi, musim tanam dan panen, tingkeban (syukuran kehamilan tujuh bulan), kelahiran bayi, serta kematian.
Dulu, pada musim panen padi, misalnya, beberapa orang Gaji masih menggunakan ukel (gelung) benang kapas sebagai pelengkap sesaji yang ditaruh di takir—wadah yang terbuat dari daun pisang—di sudut sawah beserta uba rampe lainnya, seperti tumpeng, ayam panggang, telur, sisir kecil, dan cermin. Tetapi itu zaman dulu, sebelum orang-orang Desa Gaji mengenal banyak hal dari luar daerah.
Motif batik karya Sarpi digenakan seorang model di Batik Fashion 2018 / Foto: Sarpi
Meski demikian, menurut Sarpi, masih banyak orang Gaji yang menanam kapas—walaupun masih menganggap kapas sebagai tanaman selingan, tidak pokok. “Bahkan yang tidak punya lahan pun berminat menanam kapas di polybag,” ujarnya.
Namun, hal tersebut berbeda dengan minat memintal kapas dan menenunnya menjadi kain. Tradisi memintal dan menenun kain gedhog di Desa Gaji tampaknya sudah mulai luntur, sebelum benar-benar muspra. Rata-rata perempuan pemintal benang dan penenun kain di desa tersebut sudah berusia uzur. Artinya, sangat sulit menemukan penenun yang masih muda. Memintal dan menenun rupanya kegiatan yang tidak menarik bagi generasi belakangan. Sungguh memprihatinkan.
“Padahal, permintaan tenun gedhog dari luar kota saat ini banyak. Tetapi, tidak banyak anak muda yang minat menjadi penenun. Kalau pun ada, hasil tenunnya sangat kasar—karena ingin cepat menghasilkan banyak produk—tidak sebagus dan sehalus penenun dulu,” ucap Sarpi sebelum mengakhiri wawancara.[T]
Reporter: Jaswanto
Penulis: Jaswanto
Editor: Made Adnyana