EMPAT pancuran air terus-menerus mengalir. Meski tak begitu deras, tapi alirannya stabil dan konsisten. Airnya jernih dan dingin di tengah panas dataran rendah yang menyengat. Pancuran—atau pancoran—ini menempel di dinding depan Pura Beji Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Sebagai desa di pinggiran pesisir, meski dengan bukit dan hutan, udara di Les tetap saja panas dan membakar. Dan pancoran itu seperti oase di gurun yang menyegarkan.
Pancoran Desa Les ini konon merupakan pemandian umum yang ramai. Menurut cerita-cerita setempat, baik pria maupun wanita, anak-anak hingga lansia, seluruhnya mandi di pancoran ini. Ada empat pancoran di masing-masing bilik, sebagaimana telah disinggung di atas. Airnya berasal dari sumber air Toya Anakan yang ada di Desa Les.
“Bilik laki-laki dan perempuan punya pancoran sendiri. Dulu ada lima pancoran, sekarang tinggal empat,” ujar tokoh adat Desa Les, Jro Nyoman Sungerdana, belum lama ini.
Meski sudah ada sejak lama, saat ini kondisi pancoran masih terbilang baik. Airnya bersih dan debitnya besar. Lokasi sekitarnya juga tampak bersih—walaupun sedikit berlumut. Tapi itu hal biasa. Memang begitulah kondisi di sekitar pemaindian pada umumnya.
Menurut Jro Nyoman Sungerdana, rencananya jumlah pancoran di pemandian ini akan ditambah alias dikembalikan ke jumlah semula, yakni 5 pancoran. “Akan kami kembalikan lagi. Nanti posisi bilik juga akan kami tukar. Bilik perempuan ada di timur atau di hulu dan bilik laki-laki ada di sebelah barat, seperti posisi semula,” katanya.
Pancoran Desa Les | Foto: Dian
Selain sebagai pemandian umum, tempat tersebut juga sebagai lokasi pemandian kuda. Kuda-kuda milik juragan atau warga, dimandikan tepat di kolam yang ada di depan area pemandian. Kuda-kuda itu diikat pada sebuah pohon dan dibiarkan bergumul pada kubangan. Ada pula pemilik yang memandikan kudanya secara langsung.
“Kudanya mandi di depan, pemiliknya mandi di pemandian. Saat pulang, pemiliknya bersih, kudanya juga ikut bersih,” ujar Jro Nyoman.
Tidak hanya warga Desa Les, warga dari desa tetangga juga kerap datang untuk membersihkan badan di pemandian ini. Terutama warga dari daerah Kintamani. Mereka datang dengan berjalan kaki atau menaiki kuda.
“Dulu kan belum ada kendaraan seperti sekarang. Masih pakai kuda dan jalan kaki. Mereka semua mandi di sini. Sambil ke pasar, mereka mampir untuk mandi,” terang Jro Nyoman.
Dulu, pancoran ini hanya berbentuk batu-batu bertumpuk. Sangat sederhana. Tapi seiring waktu berjalan, batu-batu tersebut mulai runtuh. Pemerintah desa mengambil langkah merenovasi pancoran dengan membuat plesteran semen. Begitu juga dengan pemandian kuda yang kini berubah menjadi taman air mancur itu.
“Rencananya, kami dari pemerintahan desa akan mengembalikan kondisi pancoran seperti semula. Berdinding batu-batu dan jumlahnya lima dengan posisi bilik yang semestinya,” ujar Kepala Desa Les, Gede Adi Wistara.
Pancoran Desa Les | Foto: Dian
Keberadaan pancoran di Desa Les itu menunjukkan peradaban manusia dan menjadi salah satu jejak sejarah wilayah tersebut. Sayangnya, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan pancoran ini dibangun—atau ada di Desa Les. Entah ada sejak zaman kerajaan atau justru dibangun belakangan pada zaman penjajahan. Atau lebih belakangan lagi, ada sejak setelah kemerdekaan.
“Yang jelas, saat saya masih kecil, pancoran ini sudah ada. Kami tidak tahu tahun berapa dibangun. Yang pasti sudah lawas sekali,” jelas Adi Wistara.
Saat ini, pemandian itu masih dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Akan tetapi intensitasnya tidak seperti dulu. Mereka yang mandi di pemandian umum itu dapat dihitung jari. “Karena sekarang sudah modern, jadi sudah punya pikiran malu untuk mandi di pemandian umum. Tapi masih ada kok yang datang untuk mandi—tapi tidak banyak,” Kata Adi.
Lebih dari itu semua, selain sebagai pemandian umum, pancoran ini juga dimanfaatkan warga saat memiliki upacara yadnya. Pancoran pertama pada setiap bilik digunakan untuk mencuci beras bila terdapat upacara Metuun. Begitu juga dengan upacara tiga bulanan. Bayi dimandikan di pancoran pertama sebagai simbol penyucian diri, selanjutnya dapat mandi di pancoran berikutnya.
“Di sini tidak ada Ngaben. Adanya upacara Metuun. Mengawali upacara itu, ada ritual ngingsah baas atau mencuci beras. Cucinya di pancoran pertama. Kalau untuk tiga bulanan, mandinya di pancoran pertama dulu, selanjutnya bebas mau mandi di pancoran berapa saja,” tutur Adi Wistara.[T]