BELUM ada penjelasan secara lengkap, mengapa piodalan sanggah atau pura di Bali diadakan setiap enam bulan sekali. Mungkin ada, hanya saja saya belum mengetahuinya secara pasti, baik itu tulisan yang bersumber dari lontar atau karya tulis ilmiah hasil penelitian dari mahasiswa dan juga para akademisi baik yang ada di Bali atau luar Bali, termasuk dari mancanegara.
Secara filosofis, dalam amatan saya sebagai seorang penulis dan pembaca buku, enam bulan sebagai waktu untuk merayakan setiap piodalan tentu tidak serta-merta sebuah kebetulan. Tentu, ada sebabnya, terutama jika dilihat dari sistem penanggalan Bali. Jadi, dalam setahun diadakan piodalan sebanyak dua kali. Pandangan “lain” soal konsep “enam bulan” semoga bisa diterima.
Bagi mereka yang bekerja atau menetap di luar desa atau kota kelahiran, pulang ke kampung halaman setiap enam bulan saat piodalan menjadi momen yang membahagiakan. Bertemu dengan kedua orang tua (jika masih ada), kakak atau adik, juga sanak-saudara lainnya menjadikan kepulangan tidak hanya bermakna sosial tetapi juga secara psikologis sebagai sebuah katarsis. Mengobrol panjang-lebar tentang berbagai hal membuat beban atau sampah-sampah emosi menjadi berkurang bahkan hilang sama sekali. Memberikan rasa nyaman dan tenang.
Air tirtha yang sejuk dari pemangku sebagai puncak dari persembahyangan membuat batin dan jiwa terasa tentram, memberi kekuatan transendental untuk kembali lagi ke kota atau tanah rantau, menjalani roda kehidupan yang kadang tidak selalu mulus; terjal dan bahkan penuh kerikil serta duri tajam. Terutama bagi mereka yang hidupnya secara ekonomi pas-pasan.
Pulang, selalu memberi makna dan inspirasi baru tentang ide-ide atau motivasi yang berguna dalam hidup keseharian. Enam bulan pun menjadi tidak sekadar angka belaka. Dalam kurun waktu tersebut, orang biasanya merasa butuh untuk keluar sejenak dari rutinitas yang menghimpit. Healing—meminjam istilah kekinian untuk menyebut liburan berkualitas.
Para leluhur Bali pada zaman dahulu telah melihat jauh ke depan, bahwa orang tidak hanya butuh bekerja, baik di desa maupun kota namun juga perlu untuk berkumpul berkumpul dengan keluarga. Sehingga, melalui konsep piodalan, orang Bali, sejauh apa pun dia tinggal akan mengusahakan diri untuk pulang. Meskipun tidak harus enam bulan sekali terutama bagi mereka yang merantau ke luar pulau atau luar negeri. Setidaknya, kehadiran mereka di kampung halaman menjadi penanda bahwa mereka masih menjaga identitas dan tradisi sebagai orang Bali—lain halnya bagi mereka yang telah pindah agama atau keyakinan.
Kerinduan pun terobati, yang tidak bisa dibeli dengan uang ataupun kecanggihan teknologi—video call, media sosial, maupun percakapan virtual melalui direct message ataupun kolom chatting. Ketika bertemu kerabat maupun keluarga, obrolan sering kali soal pekerjaan, pasangan, anak-anak. Bukan soal rumah, kekayaan maupun pencapaian secara materi. Orang Bali sangat menghargai dan menghormati keseimbangan. Percuma jika materi berlimpah, tapi kesehatan buruk. Atau, menjadi kaya tetapi rumah tangga tidak harmonis, penuh dengan konflik.
Bagi yang melanjutkan studi setelah SMA/SMK ke luar kota, waktu enam bulan bisa dijadikan tolok ukur apakah seseorang mampu bertahan atau tidak. Pun berlaku juga bagi mereka yang mencari pekerjaan di luar Bali: jika bisa melewati waktu enam bulan, berarti ia akan sanggup untuk tinggal lebih lama lagi di kota baru. Juga bagi mereka yang punya pasangan orang Bali, kalau memilih tinggal di Bali, waktu enam bulan menjadi penentu apakah ia akan betah atau tidak, dengan budaya dan segala dinamika kehidupan yang ada di Pulau Dewata.
Tentu apa yang saya tulis di atas merupakan tafsiran pribadi saya atas konsep “enam bulan”. Silakan bersetuju, silakan pula jika pembaca tidak setuju. Tafsiran ini berangkat dari pengalaman dan kehidupan saya sebagai orang Bali. Saya akan senang sekali jika ada tulisan balasan dari apa yang saya sampaikan dalam esai ini. Juga, diskusi, baik secara langsung atau melalui media ini. [T]
BACA artikel lain dari penulisANGGA WIJAYA