DI SINI, di Bali utara ini, awal abad kedua puluh, dunia kesenian Bali dikejutkan dengan munculnya “ burung phoenix” dalam bentuk kebyar, yang membawa kesenian bali ke tingkat vitalitas yang baru. Kebyar memindahkan gamelan ke konteks baru sehingga semakin tidak dibatasi oleh fungsi pura dan puri, berlawanan dengan estetika dan fungsi dalam pertunjukan keraton, dan terbuka untuk menyambut abad baru.
Hampir tak terbayangkan efek radikal dan menyegarkan yang timbul pada awal munculnya musik ini. Terutama menyangkut dorongan menuju teknik dan kelengkapannya yang khas dan revolusioner.
Kebyar telah membuka pintu dengan cara seperti ini, kita sudah menuju ke suatu ruang yang tak berdinding.
Karenanya sengaja kami pilih menampilkan Gong Kebyar Mebarung khas Bali utara sebagai pembuka festival. Pada penampilan ini juga kami niatkan untuk kembali membuka telinga kita mendengar karakter, identitas musical dangin njung dan dauh njung yang begitu rapid dan unik
Dalam tiga hari (31 Mei-2 Juni 2024) festival ini menjadi sebuah ajang bagi komponis-komponis perempuan untuk mengekspresikan capaian-capaian terkininya yang mencerminkan kesungguhan pencarian kreatifnya. Selain menampilkan pertunjukan musik, acara juga akan diperkaya dengan timbang pandang atau dialog bersama para komposer bersangkutan; sebentuk pertanggungjawaban penciptaan.
Pemilihan penampil berdasar pertimbangan diantaranya: generasi, bahasa komposisi dan ensemble; dari full gamelan ensemble, mix gamelan, serta mix ensemble.
Di program diskusi menghadirkan berbagai narasumber dengan latar belakang pengetahuan, usia yang beragam. akan menyediakan tempat untuk mengeksplorasi titik temu dalam ilmu musik antara gender/seksualitas dan kategori identitas seperti ras, etnis, kelas sosial ekonomi, disabilitas, usia/ageisme, dan lain-lain.
Sedari awal Festival Komponis Perempuan ini diniatkan sebagai upaya merayakan bentuk- bentuk musikal yang lahir dari ekspresi kekinian, dengan capaian artistik yang tinggi, mendobrak batasan menuju wilayah baru, untuk menjabarkan dan memahami bentuk keterhubungan, yang melawan, melanjutkan, dan melewati satu sama lainnya. Mengharap setiap komponis bisa mencurahkan sesuatu yang bernuansa, sesuatu yang mencerminkan kebenaran tentang dirinya, apapun bentuk dan bahasa komposisinya.
Sehingga menampakkan bahwa musik bisa merupakan bagian dari konstruksi sesuai dengan cara komponis menciptakan karya.
Meskipun kita nampak telah mencapai kemajuan, perbedaan gender masih terjadi di banyak bagian masyarakat. Feminisme tidak hanya tentang hak-hak perempuan; hal ini menuntut dunia yang adil bagi semua orang, tidak peduli gender mereka. Bahkan pada tahun ini, kita terus mendorong masa depan yang lebih baik dan setara.
Untuk itu saya sampaikan terimakasih sekali lagi, dengan harapan bahwa Festival Komponis Perempuan Wrdhi Swaram ini bisa menjadi dorongan bagi para komponis perempuan pada khususnya, seni dan budaya Indonesia secara umum.
Semoga bisa terus bertahan, bahkan dikembangkan, sebagai dukungan dan pengakuan untuk komponis perempuan, yang jumlahnya cukup sedikit, berjalan sendiri menjelajahi wawasan dunia musik baru dengan sejumlah kesulitan yang dihadapi pada era ini yang disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kendala sosial dan ikatan ketat yang dibentuk oleh tangan sesama musisi dan komposer, yang matanya tidak dapat melihat sejauh telinga mereka dapat mendengar. [T]
Lodtunduh
- Artikel ini adalah sambutan dari Wayan Gde Yudane selaku Direktur dan Kurator Festival yang dibacakan pada Pembukaan Festival Komponis Perempuan Wrdhi Cwaram di Sasana Budaya Singaraja, 31 Mei 2024.