“Kalau ngomong kesulitan, jelas ada. Karena kita menggambar dalam ruang yang kecil, namun harus terstruktur yang kelihatan tokoh itu sempurna!”
Begitu kata Ida Bagus Rai terkait dengan pembuatan prasi atau ngripta prasi, yakni membuat gambar pada bidang daun lontar.
Ida Bagus Rai adalah satu anggota dewan juri dalam Wimbakara (Lomba) Ngripta Prasi serangkaian dengan Bulan Bahasa Bali (BBB) VI -2024 yang berlangsung di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Sabtu (17/2/2024).
Lomba itu melibatkan peserta masyarakat umum dengan batasan umur 15 – 30 tahun. Tema dalam lomba itu adalah menggambar wayang.
Menurut Ida Bagus Rai, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam membuat prasi ini.
Pertama, membangun ide atau gagasan. Bagi orang Bali yang sudah memiliki jiwa seni, ide-ide yang ada dalam benak bisa dengan mudah divisualisasikan dalam segala macam media. Termasuk melalui media lontar dalam bentuk prasi ini.
Kedua, menggambar sesuai tema. Menggambar wajah pada bidang daun lontar sesuai dengan cerita dan sesuai tema-tema yang akan dibuat, memang perlu keterampilan yang cukup tinggi.
Nah, dalam menggambar struktur wajah dan anatomi dengan pas ini membutuhkan kejelian dalam memposisikan dan mengatur bentuk serta struktur wayang, sehingga menyajikan anotomi yang pas di lontar.
Ruang yang kecil, namun mampu menampilkan gambar yang bagus, itu memang tidak mudah. “Dalam kondisi ruang 4 centi meter itu, membuat struktur wayang, bentuk tubuh dari ujung kepala hingga kaki mesti tampak seimbang. Akan beda menggambar dalam bentuk kertas yang memiliki ruang lebih besar. Di situlah kesulitannya dalam membuat prasi. Ketajaman mata juga sangat diperlukan,” kata Ida Bagus Rai.
Dasar utama dalam membuat prasi itu adalah cinta terhadap seni. Ada bakat dari dalam jiwa, yang tidak akan bisa dipaksakan kepada orang kalau tidak memiliki bakat itu.
Selain itu, faktor ekonomi yang artinya kegiatan ini bisa menghasilkan uang. Dulu, orang membuat prasi bisa menghasilkan uang, sehingga motivasinya juga ada di sana. “Saya membuat prasi untuk dijual, selain sebagai media untuk mencurahkan hobi,” katanya.
Prasi itu untuk mengejawantahkan cerita-cerita dalam bentuk gambar di bidang daun lontar, mirip dengna komik. Di situ ada diskripsianya. Ganbar tak hanya wayang, tetapi tergantung dari cerita yang diangkat. Jika ingin membuat prasi dengan cerita modern, juga bisa dilakukan. Membuat prasi ini memang unik, sehingga patut dilestarikan.
“Lingkungan yang mesti diciptakan, agar generasi muda mau mempalajari membuat prasi. Lebih penting lagi perlu mengadakan workshop ke desa desa, sehingga yang belum tahu prasi mereka akan mengenal, sehingga dapat membangkitkan semangat anak muda,” katanya.
Sementara itu pegiat senirupa Susanta Dwitanaya mengakui jumlah peminat lomba prasi tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Namun demikian Susanta menyebut ajang lomba digelar tiap tahun dalam BBB patut diapresiasi. “ Inilah ruang untuk menumbuhkan sekaligus mendorong pelestarian dan pengembangan tradisi yang sangat unik yang kita miliki,” ucap kurator senirupa yang juga hadir sebagai juri Lomba itu.
Ia menuturkan, seni prasi ini kedepan susah dikembangkan apabila tidak ada upaya atau campur tangan dari pemerintah. “ Memang perlu usaha seperti lomba ini oleh pemerintah, karena prasi merupakan warisan budaya yang sangat unik tapi pengerjaan sangat susah, perlu keterampilan khusus , kedepan komunitas -komunitas berbasis prasi terus dibangkitkan dan dikembangkan,” kata Susanta.
Pihaknya berharap selain lomba, perlu juga adakan workshop prasi, sarasehan prasi kemudian digelar dalam bentuk-bentuk pameran prasi. Sehingga prasi ini menjadi wahana karya yang memiliki pengetahuan dan catatan bagi Kebudayaan Bali. “Perlu usulkan dari pelaksanaan Bulan Bahasa Bali dari yang pertama dikumpulkan hingga sekarang, bagi karya-karya yang meraih juara kita tampilkan dalam sebuah pameran hal ini sangat menarik pernah tercatat dan penting sekali sebagai bentuk arsip ,” tandasnya.
Menyinggung soal hasil karya dalam lomba tersebut, Susanta menilai nampak beberapa karya yang dihasilkan cukup bagus, dari segi gambar dan tulisan, karena dari proses belajar pasang aksara, penempatan gambar besar kecilnya dalam bidang media lontar hampir sama seluruh peserta tampil bagus.
“Seperti kita lihat dari sisi ikonografi gambar mereka mampu menginterpretasikan teks, menginterpretasikan cerita, hal itu membutuhkan pengetahuan yang baik, secara keseluruhan para peserta berani menampilkan karya dengan percaya diri,” ungkapnya.
Susanta menambahkan, Prasi memiliki kekhasan wahana, dalam seni rupa khas dengan medium sangat krusial, dan prasi dengan daun lontar sangat otentik dan signifikan, medium itu membawa pesan , material itu membawa pesan.
“ Ini perlu dipertahankan, yang dikembangkan mungkin teknik, pewarnaan, visualisasinya kedepan bisa hadirkan seni prasi kontemporer modern. Yang terpenting prasi bisa dikombinasikan namun tidak kehilangan dari essential lontarnya dan aspek narasinya,” pungkanya.
Sementara itu dalam Wimbakara Ngripta Prasi yang bertemakan Janha Kerthi , Juara satu diraih I Nyoman Bagus Dharma Sidhi (Denpasar), Juara 2 I Putu Windu Juliana (Tabanan) dan juara 3, diraih Kadek Rifkyandi Septyan (Singaraja). [T][Ado]
[T]