Pementasan Hero on The Way edisi #1 pada Festival Bali Jani di Taman Budaya Denpasar, Bali, Selasa 2 November 2021, bagai sebuah orkestrasi yang disuguhkan Teater Kalangan. Segalanya tumpah ruah dalam bentuk pilihan pemanggungan teater yang menyentuh sejarah dan persoalan sosial. Penonton disiapkan untuk mengetuk pintu masa lalu tentang biografi pahlawan, konteks kolonial, serta kenyataan era kini. Eksplorasi diawali dengan mendedah skema lampau Jalan Veteran, Denpasar.
Jalan Veteran diusung pertama kali sebagai situs pertunjukan mengingat badan jalan ini terpahat sekelumit cerita. Mulai dari bentang jalan Hotel Inna, perempatan pusat kota, hingga perempatan Tain Siat yang menjadi ruang Puputan Badung. Bila melewati lajur satu arah ini, akan banyak ditemui warisan arsitektur sejarah yang masih dipertahankan, barisan café kekinian, hingga interaksi sosial di pasar burung. Kini, Teater Kalangan berupaya menyerap makna narasi Jalan Veteran secara verbal dan visual ke ruang pertunjukkan.
Kepingan-Kepingan Ingatan
Saya yakin ada banyak studi yang telah dilakukan oleh sutradara, juga perajut naskah. Hal-hal yang diulik adalah romantisme masa silam dan kaitannya dengan keriuhan saat ini. Riset yang tak sekadar riset. Kerja riset yang dilakukan adalah aset sejarah dan kebudayaan yang patut diingat dalam ranah pemanggungan teater.
Penonton disuguhkan oleh rentangan fakta sejarah dan data yang berarak-arakan diucapkan aktor. Orientasi semacam ini adalah pilihan yang relatif baru di Bali. Retorika-retorika pemain dikemas dengan oratoris. Di sinilah, ruang waktu diciptakan oleh Teater Kalangan. Kepingan-kepingan data tidak hanya menjadi kepatuhan dalam kerja riset teater, tapi mampu mengetuk dimensi lampau, melipat jarak antar generasi, dan studi historis yang efisien.
Siklus-siklus semacam ini adalah hasil dari sutradara menyadarkan aktornya. Aktor diberikan ruang untuk merespon fakta dan data yang telah diberikan. Respon berupa dialog atau idiom gerak tubuh yang akan menjadi piranti dalam kontruksi alur dan arah presepsi. Presepsi-presepsi itu kemudian disulam menjadi pertunjukan yang riuh dan padat informasi. Di sini juga sutradara perlu mengukur ketahanan penonton menguyah informasi-informasi tersebut.
Terdapat orator yang serupa raja membeberkan fakta-fakta sejarah di setiap adegan. Kemudian disusul aktor yang bermonolog menjelaskan pentingnya ‘burung’ dan kaitannya dengan pasar burung di Jalan Veteran. Selain itu, adegan yang paling mengesankan adalah ketika Jalan Veteran dikaitkan dengan masakan ibu. Aktor yang kehilangan peran domestik ibu mempu memberi ruang ekspresi baru pada pementasan ini, sehingga pementasan tidak hanya menyoal fakta sejarah, melainkan mampu menyentuh memori keseharian keluarga. Namun sayang, pada adegan ini tidak dipoles dengan lebih dalam, atau secara tersirat dikaitkan dengan Jalan Vetran. Justru saat puncak emosi yang berhasil dibangun sang aktor, pilihan sutradara justru menghancurkan adegan ini.
Jalur yang Dihancurkan
Sebenarnya, pementasan Kalangan kali ini terlepas dari konsep ‘kacau’. Di sini tidak ada tendensi untuk membuat hal-hal yang berantakan. Segala keriuhan masih terukur. Konflik yang hadir dijelaskan dengan narator yang bermonolog ditemani idiom-idiom gerakan sebagai ilustrasi. Transisi demi transisi yang terjaga membentuk jalur emosi yang utuh. Namun, di saat jalur emosi terbangun, sutradara merobohkannya. Dekonstruksi yang disebuat Jacques Derrida sebagai pembuka kemungkinan tafsiran melalui pembongkaran. Sutradara memilih membongkar ruang pemanggungan agar memungkinkan tafsir penonton dapat masuk dan menjadi upaya dalam mengisi kekosongan sosial.
Bukan Teater Kalangan bila tidak memobilisasi penonton. Hal ini sudah menjadi signature pementasan. Semacam sudah menjadi format atau mungkin sudah menjadi kebakuan idealisme pemanggungan. Pilihaan-pilihan semacam ini tidak baru, semisal Teater Kalanari juga memilih konsep ini. Berinteraksi dengan penonton seperti ini adalah bentuk adaptasi dari drama gong yang lebih banyak menggunakan konsep impromptu atau improvisasi dialog. Penonton adalah bagian dari pemanggungan. Maka berisiaplah saat Teater Kalangan tampil, penonton tidak bisa pasif, kejutan-kejutan akan menggetarkan nalar kritis. Meski tidak banyak juga penonton yang siap dengan kejutan semacam ini.
Bagi Teater Kalangan, ini adalah strategi untuk mencairkan pikiran penonton yang terbiasa pasif saat menonton pertunjukan. Kini kehadiran mozaik-mozaik sejarah dan opini penonton menjadi sebuah jalur yang mencari kesimpulannya sendiri. Adanya forum diskusi di tengah pementasan sebagai ruang melebarkan batas penonton dengaan pemain, memperluas batas-batas pemanggungan, menyehatkan pikiran penonton, dan membangkitkan kesadaran publik.
Hal ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk pemikiran postmodern yang sebagaimana dikatakan oleh Benny Yohanes adalah paradigma berpikir yang menyangkut pentingnya dekonstruksi terhadap teks. Adanya forum diskusi di tengah pementasan sebagai ruang mendobrak batas penonton dengan pemain. Yang dikhawatirkan pada proses dekonstruksi ini adalah tempo yang mengendur. Namun hal itu terbantahkan dengan gerakan penutup yang khusyuk.
Manisfestasi Pergerakan
Pergerakan-pergerakan panggung didekatkan pada penonton memang ciri khas Teater Kalangan, artistik yang langsung adalah tawaran dari skema-skema yang terencana dan terukur. Teater Kalangan sudah meremajakan format artistiknya. Kesukesan artistik muncul saat publik secara mental dan konseptual mendapatkan nilai-nilai. Jadi teater tidak hanya dipandangan sebagai hal-hal teknis belaka.
Skema artistik itu telah diupayakan Teater Kalangan melalui kehadiran tubuh yang menjadi mimesis dari dialog. Pengejawantahan kursi yang menjadi sarang burung, patung, jalan, dan hal-hal penguat ilustrasi. Kehadiran camera live yang ditampilkan di layar, membuka ruang pergerakannya tersendiri. Meski saya masih tidak tahu fungsi utama kehadiran camera live ini, karena tidak memperkuat pemanggungan, hanya sebagai bentuk tawaran baru.
Hal yang menarik sesungguhnya adalah pilihan membentangkan lakban marka jalan. Mulanya dibentangkan di muka panggung, kemudian dibentangkan di tengah bangku penonton. Relasi penggunaan benda seperti ini mendekatkan penonton dengan konteks narasi Jalan Veteran. Teater Kalangan tidak lagi terjebak pada konfrontasi ide. Namun sudah menyentuh replikasi yang eksploratif.
Selain itu bentuk penataan cahaya yang meningkatkan atmosfir pertunjukkan, serta gaya musikalitas yang konsisten. Segala unit-unit pertunjukan bergerak dengan jalur yang senada, satu jalur serupa Jalan Veteran. Pertanggung jawaban moral, sosial, dan sejarah dimunculkan dengan patriotisme.
Penataan artistik ini sangat berpotensi dipertahankan sehingga menjadi kehalusan emosi di tengah derasnya arus idelogi yang dipentaskan. Upaya mengajak penontonya berpikir krtisis bisa diimbangi dengan menggali stuktur batin, sehingga penonton diketuk kedalaman nuraninya untuk tergerak secara sadar.
Pementasan Hero on The Way edisi #1 adalah upaya menumbuhkan iklim intelektualitas yang kreatif. Masalah-masalah sosial diaktualisasi dengan fakta sejarah sehingga memantik respon aktif penontonya. Publik perlu membaca pementasan Teater Kalangan sebagai seni pertunjukkan yang historis dan menyegarkan. Nampaknya, tidak salah bila kita menempatkan Teater Kalangan sebagai harapan dan proyeksi teater yang menjanjikan di masa mendatang. Benar-benar work in pro-gress. [T]