Parade Teater Canasta 2019 hari ke-6 tanggal 28 November 2019 terasa sangat istimewa, karena pementasnya adalah dua kelompok teater dari sekolah yang berbeda tingkatan. Pertama dari Teater Enter SMA Muhammadiyah 1 Denpasar, dan kedua Sanggar Seni Kelakar dari SMP Darmawiweka Denpasar.
Kedua kelompok ini menjadi menarik pada hari itu. Karena dari sana dapat dilihat juga bagaimana perkembangan seni pertunjukan khususnya teater pada hari ini. Pemusatanya pada kelompok-kelompok teater di sekolah. Yang barangkali sering luput hadir untuk dibicarakan pada pegiat teater sekolah, namun sangat tegang pada kelompok umum di luar sekolah.
Saya tidak akan lagi membeda-bedakan masalah kelompok teater yang produktif berproses saat perlombaan teater atau kelompok yang terpinggirkan. Kali ini saya akan focus dalam pembahasan terhadap proses kreatif Teater Enter, karena saya merasa ada sebuah temuan yang coba dikembangkan oleh kelompok tersebut. Yang artinya ada pembacaan lain soal pentas yang telah kelompok tersebut lalui, saya membaca itu dari konsep dalam pementasan mereka.
Mereka mementaskan sebuah drama berjudul Ba’da Maghrib, yang mereka adaptasi dari lakon drama berjudul “Wewe Gombel” karya M.S Nugroho. Kebetulan saya sendiri sudah sempat membaca naskahnya beberapa hari lalu saat meniatkan diri untuk menulis kelompok ini. Yang menjadi menarik adalah terjadi suatu tawar menawar saat membawakan naskah karya orang lain.
Baik ada penambahan adegan ataupun pengurangan adegan. Mereka mencoba melakukan pembacaan ulang terhadap penyesuaian konteks naskah dengan ruang tempat mereka pentas. Ada beberapa memang yang sangat mereka rubah, semisal pada naskah aslinya ada sebuah adegan yang menunjukan sebuah anak yang diperintah oleh ibu tirinya untuk mengambil air di dapur dan kemudian membawakanya ke kamar.
Kamar ibu tersebut berada di lantai dua, kemudian karena ruang canasta yang ada tidak mendukung. Karena kebetulan tidak bertingkat dan tidak mempunyai struktur yang benar-benar menyerupai panggung seperti panggung teater pada umumnya. Contoh semisal panggung Ksirarnawa, Art Centre. Kemudian mereka mencoba membawakanya dengan cara menggunakan segala ruang yang tersedia di Canasta.
Semisal ruang yang biasanya dijadikan kamar oleh orang yang biasanya menempati canasta mereka alihwahanakan menjadi kamar ibu tiri. Dapur canasta menjadi dapur sebagai mana mestinya. Kemudian yang lebih menarik lagi adalah, penonton mencoba diberikan hal pandangan baru soal menonton teater.
Penonton dibagi dua sisi, satu sisi menonton di antara kamar dan dapur. Kemudian satu sisi lagi berada pada sekitaran halaman belakang canasta. Saya kebetulan menonton berposisi saat itu yang dekat dengan kamar dan dapur, ada beberapa efek adegan saya rasa sangat sampai dan efek yang ditimbulkan sangat kuat. Karena dari padangan yang berbeda akhirnya ada cerita berbeda dari tiap penonton menyaksikan tiap adegan.
Pun dengan demikian ketika adegan tersebut berada di halaman belakang canasta, saya yang berposisi di ruangan dekat kamar seperti melihat benar-benar kejadian diluar rumah. Saya rasa ini adalah salah satu semacam cara untuk menyesuaikan keadaan naskah yang padat menjadi lebih cair untuk dimainkan. Dalam umur dan cara proses kreatif mereka, ini sangatlah menarik ketika diberikan ruang bebas yang memang mereka butuhkan untuk mengembangkan suatu ide. Karena sebelumnya saya sempat juga menonton pementasan Teater Enter yang mirip dengan apa yang baru saja mereka pentaskan, entah apa judul pementasan tersebut.
Tapi saya rasa mungkin karena dia sedang senangnya dengan temuan mereka soal penggunaan ruang yang lebih cair, akhirnya tindakan mereka pada pentas sebelumnya ditindak lanjuti pada pementasan kemarin. Dan apalagi ketika ditambahkan dengan adanya sesi diskusi antara pementas dan penonton yang menyaksikan.
Akhirnya saat diskusi saya rasa akan leih intim rasanya, karena saya sadari betul bagaimana teman-teman penonton memaklumi bahwa mereka adalah siswa yang masih sangat mudah. Akhirnya lebih fokus pada teknis dan semacam membimbing kembali bagaimana caranya agar menyemangati mereka kembali.
Setidaknya untuk menyadarkan mereka kembali, bahwa pada ruang-ruang disinilah mereka akan dapat mengembangkan ide mereka secara bebas dan mempersentasikan kembali apa yang mereka buat. Dan melatih keberanian mereka untuk berbicara di depan publik. Karena pada hari ini jarang sekali saya melihat khususnya dalam seni pertunjukan teater di kalangan SMA. Tidak ada ruang berbagi atau setidaknya memberikan timbal balik antara pementas dan penonton.
Ini saya rasa sangat penting untuk mereka kembali melakukan proses, dan selalu melakukan proses yang lebih detail. Atau semakin lebih banyak berkumpul dan membicarakan kembali tentang apa yang mereka akan perbuat.
Saya ucapkan selamat kepada teman-teman Teater Enter, selamat karena pementasanya sudah berhasil membuat saya tersenyum. Dan saya berhasil mereka membawakan pementasan mereka, dalam rentan umur mereka yang masih muda. Jika masih ada rasa intensitas berproses teater yang mereka rawat saya yakin bahwa mereka akan menemukan bagaimana caranya berproses yang baik. Terimakasih kawan-kawan Enter, teruslah membumi dan berproses.
Dan saya rasa tidak terlalu panjang lebar untuk membahas pementasan mereka, karena tidak ada yang terlalu serius untuk dibahas. Lagi pula pada saat diskusi juga banyak canda tawa yang terbangun karena banyak kebanyolan yang diciptakan dari kedua kelompok yang akhirnya kami bahas saat diskusi. Dan terasa hangat dan sangat santai suasanya.
Salam satu tombol Enter! [T]