TIDAK ada yang bisa membantah jika saya penggemar sejati film-film Warkop DKI – Dono, Kasino, Indro. Jauh-jauh dari Bali Barat saya melesat ke Denpasar ketika film Warkop DKI Reborn, Jangkrik Boss Part:1, diputar di bioskop di Denpasar.
Tiba di bioskop karcis habis, saya harus menunggu pemutaran pada jam berikutnya. Saya tunggu karena tak mungkin balik lagi ke Negara-Jembrana untuk datang besoknya. Malam makin malam pun tak apa, toh saya bersama pacar.
Saya benar-benar rindu film Warkop. Dan saya menyadari, film Warkop DKI Reborn ini memang obat rindu. Siapa pun yang membuat film itu bisa lahir kembali, dia memang orang sakti yang bisa membaca pikiran saya. Dan orang-orang seperti saya memang sebaiknya berterima kasih dengan cara menontonnya, meski bioskopnya jauh dari tempat tinggal saya.
Selain mengobati kerinduan saya pada Warkop, film ini sesungguhnya juga menjadi semacam pengobat kerinduan pada atmosfer komedi cerdas khas jadul ala Dono-Kasino-Indro yang sejak tahun 1979 senantiasa dinanti-nanti penggemarnya setiap tahun.
Obat rindu, bukan hanya untuk mengingat kembali bagaimana Dono-Kasino-Indro membuat kita tertawa, melainkan juga untuk mengingat kembali bagaimana gaya kita tertawa pada tahun-tahun ketika Warkop DKI memasuki masa jaya.
Karena, ketika usia bertambah, gaya tertawa kita juga berbeda. Dulu bisa ngakak, lepas, tanpa beban. Kini, meski menonton film yang sama, mungkin kita hanya tersenyum saja, mengernyitkan kening, sembari mengingat pekerjaan yang menumpuk atau utang yang menumpuk.
Lama dan Baru
Namanya juga reborn, tentu saja film ini menampilkan pakem reborn yang kental dengan konsep kontemporer berbungkus fleksibilitas. Ada sejumlah refleksi, juga semacam pengulangan, atau penafsiran kembali, dari gaya-gaya pada film Warkop yang lama, yang memungkinkan diterapkan secara eksplisit. Di sisi lain, gaya yang sudah mustahil bersinergi dengan konsep kekinian, ya tentu saja tidak dipaksakan.
Namanya juga reborn, film ini tak menghindar dari sejumlah pembaharuan, bahkan beberapa tak terkait langsung dengan gaya Dono-Kasino-Indro pada masanya. Lawakan di sana-sini dihias substansi dari problematika terkini di tanah air, seperti korupsi dan masalah lahan hutan. Tentu tema-tema kekinian itu tak ditampilkan seserius berita di TV, melainkan dikemas dengan strategi agar perut terkocok sembari hati terketuk juga.
Karakter ala 80-an berikut nuansanya juga digambarkan wajar, namun dengan kerapatan resolusi tampilan visual yang gress sekali. Cerita didasarkan pada intisari dari beberapa film Warkop seperti “Chips”, “Setan Kredit” dan “IQ Jongkok”. Adegan-adegan sebagian besar terinspirasi dari beberapa adegan ikonik pada film-film itu. Tetap juga dengan perempuan-perempuan seksinya.
Menonton ini, saya seperti mengingat kembali bagaimana rasanya saya tertawa sekaligus “terbelalak” melihat gadis seksi, dulu, saat nonton Warkop Dono-Kasino-Indro, saat saya remaja, beranjak dewasa, dan sedang masa-masa puber-pubernya. Apalagi ditambah peran kameo dari Indro Warkop yang semakin “mewarkopkan” Warkop DKI Reborn ini.
Lahir dengan Serius
Saya sungguh memuji semua pemainnya, khususnya pemeran utama DKI, Tora Sudiro – Abimana Aryasatya – Vino G Bastian. Terasa sekali mereka berusaha begitu keras demi mencapai jiwa sang legenda. Mereka berusaha lahir kembali dengan serius agar jiwa di “kehidupan lama” masih terbawa secara utuh.
But nothing’s perfect. Saya merasa dialog tokoh Kasino mempunyai porsi yang terlalu banyak dibandingkan Dono dan Indro. Terasa sekali sangat mendominasi. Jika boleh sedikit menilai, tanpa menafikan Tora dan Vino, maka saya pribadi memilih Abimana sebagai juaranya.
Terlepas dari fisiknya yang dimirip-miripkan dengan Dono, dia berhasil membuat saya merasa ‘waahh ini Dono banget’. Mulai gaya bicara, karakter suara dan gerak-gerik, penjiwaannya hebat.
Secara umum, kita harus memberi apresiasi besar pada film ini. Warkop memang mustahil tergantikan, tapi setidaknya niat untuk melestarikan adalah sesuatu yang mulia sekali.
Great. Ditunggu part:2-nya.
Jangkrik Boss! (T)