KALAU seseorang dinilai bicara panjang lebar tetapi tak ada isinya, lazimnya orang itu disebut mengumbar omong kosong. Orang macam begini dianggap lebih buruk tinimbang seorang pendongeng yang acap menyisakan pesan moral dalam tuturnya. Pembicara dengan omongan berputar-putar dan kosong acap dituding cuma menebar khayalan, mimpi kosong, dijejali ungkapan-ungkapan melayang-layang di awan gemawan.
Tapi, ada juga orang yang bicara panjang lebar dengan niat baik, tidak cuma omong atau sekedar mendongeng. Orang macam begini merasa tak cukup menyampaikan gagasan secara langsung, tetapi harus mengungkapkan latar belakang masalah panjang lebar, bertele-tele.
Sebelum sampai ke pokok masalah, dia senang berputar-putar dulu. Dengan bicara berputar-putar pendengarnya akan terheran-heran, kagum, menganggapnya hebat, pintar, dan “sakti”.
Acap kali terjadi dalam seminar, banyak panelis senang bicara berputar-putar. Intinya sedikit, tapi yang diomongin banyak nian. Ketika acara tanya jawab digelar, si penanya pun suka bicara berputar-putar, sampai-sampai moderator menjegalnya.
“Sesungguhnya, yang Bapak tanyakan itu apa Pak?” tanya si moderator. Si penanya dianggap lebih pantas jadi pembicara. Tetapi, kalau dia jadi pembicara dan ngomong berputar-putar, siapa sudi tahan mendengar?
Di Bali, banyak sekali bisa dijumpai hal ihwal yang berputar-putar. Di televisi, radio, koran, tak sedikit orang membahas sesuatu dengan berputar-putar, sehingga tak jelas mana ujung pangkal masalah, mana pula pemecahannya. Masalah jadi buntu, bulet, tak jelas lagi juntrungannya. Orang acap menyebutnya sebagai “lingkaran setan”.
Orang Bali sering dihargai sebagai orang-orang yang senang to the point, suka langsung ke inti persoalan. Misalnya, jika mereka tidak senang, mereka langsung melontarkan. Menikmati sesuatu yang bagus, indah, atau jelek, mereka segera berkomentar. Jika mereka tidak berani atau segan melontarkan perasaan tidak senang, mereka lebih suka menghindar, atau diam, daripada menyampaikannya dengan cara berputar-putar.
Tapi benarkah orang Bali senang to the point? Upacara-upacara adat dan agama yang dilakukan oleh orang Bali sering dimeriahkan oleh gerakan berputar-putar. Sepasang pengantin diharuskan berputar tiga kali mengelilingi sesaji. Jika bade dengan jenazah diusung ke kuburan, di perempatan desa bade itu harus berputar tiga kali. Kalau ada upacara mecaru pasti diikuti kegiatan berputar.
Banyak sekali contoh yang bisa dikemukakan tentang kegiatan orang Bali yang “dimeriahkan” oleh perilaku berputar-putar. Seni pertunjukan topeng, arja, gambuh, atau garapan-garapan tari seperti tari Tamulilingan, Panji Semirang, Pendet, Baris, ramai diisi gerakan-gerakan berputar. Jarang sekali bisa dijumpai gerakan meloncat-loncat.
Orang Bali dinilai melakukan gerakan berputar tidak cuma untuk menunjukkan mereka enerjik, tangguh, kuat – karena kalau tak kuat berputar pasti pusing dan terjungkal – juga sebuah pernyataan bahwa mereka sedang pamer.
Itulah sebabnya bade mengusung jenazah berputar di perempatan desa, tidak di tempat sepi, karena perempatan, sejak zaman dulu, merupakan tempat paling ramai. Di perempatan lazimnya orang-orang berdagang, duduk-duduk melepas penat, ngobrol di warung-warung. Di Bali, perempatan adalah tempat khusus, wilayah bising, hiruk pikuk, dan meriah.
Bisa jadi memang begitu. Jika dalam sebuah seminar ada penanya bicara berputar-putar, itu maunya memang pamer. Untuk menunjukkan bahwa ia pintar, kendati dengan ngomong berputar-putar sesungguhnya ia telah mengumbar kebodohannya.
Pasti, orang Bali bukan manusia bodoh. Tapi, mengapa mereka senang berputar-putar dan pamer? Adakah mereka doyan berputar-putar untuk menunjukkan rasa senang? Atau menyatakan rasa syukur karena berhasil menyelenggarakan upacara keagamaan yang besar dan menghabiskan banyak uang?
Upacara yang diramaikan dengan kegiatan berputar-putar tentu bisa dijelaskan panjang lebar oleh para rohaniwan dan sulinggih dengan konsep-konsep keagamaan, dan teori ketakwaan orang Bali pada Hindu yang mereka gelut. Tapi, tentu juga ada yang bisa menjelaskan dengan telaah ilmu-ilmu kejiwaan, mengapa orang Bali senang berputar-putar. (T)