Dahulu, hingga awal tahun 80-an, kita akrab dengan baju karung. Dinamakan baju karung karena memang dibuat dari kain karung, yaitu karung beras atau biasa disebut karung goni. Bajunya hangat seperti jaket karena tebal walau kasar dan sedikit kaku.
Baju ini dipakai ayah dan kakek kita kerja ke sawah atau ladang. Cukup nyaman untuk menahan cuaca dingin atau sengat matahari.
Dulu bahan baju ini cukup mudah didapat sebab karung rami atau goni dipakai mengemas segala hasil pertanian seperti beras, kacang, kopi, ketela, dan sebagainya.
Karung goni, umumnya berwarna coklat muda itu, ukurannya cukup besar, dapat menyimpan satu kuintal beras dan bisa dipakai membuat satu baju.
Kalau akan dijadikan baju, tentu karungnya harus dibersihkan dulu, dicuci dan dijemur berhari-hari sampai kering, dibersihkan dari debu dan kutu, kemudian diangin-anginkan agar tidak kaku. Setelah itu barulah dipola dan digunting serta dijahit menggunakan jarum besar dan benang jahitnya menggunakan serat karung itu sendiri.
Model bajunya bisa macam-macam. Ada yang berlengan, ada yang tidak pakai lengan, seperti rompi, tapi wajib memiliki beberapa kantung besar untuk menyimpan bekal, seperti sirih, tembakau, makanan ringan, maupun botol arak, sebagai bekal kerja seharian di sawah.
Dari mana keterampilan membuat baju karung itu diperoleh? Rupanya baju karung itu sudah populer sejak masa penjajahan Jepang.
“Baju karung itu sudah ada sejak jaman Jepun,” kata Gde Kacut suatu hari. Jaman Jepun” merupakan istilah dipakai oleh orang tua kita untuk menyebut masa penjajahan Jepang.
Pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, baju karung adalah pakaian populer di kalangan rakyat, terutama bagi pekerja romusha.
Saat itu keadaan memang berat, rakyat dipaksa kerja siang-malam, menghadapi siksaan cuaca panas atau hujan, dan berbagai penyakit seperti malaria. Mereka kerja tanpa henti membabat hutan, membuat jalan, jalur kereta, atau menggarap lahan pertanian, di bawah todongan senjata tentara Dai Nippon, tanpa diberi makanan cukup dan tanpa pakaian.
Rakyat dipaksa bekerja dan diperlakukan layaknya binatang. Bahan makanan dan pakaian dibuat langka oleh Nippon. Akibatnya ribuan rakyat tewas karena kelaparan dan sakit. Masa-masa romusha kemudian memang tercatat sebagai satu masa tergelap dan terkejam dalam sejarah penjajahan, tapi dari balik kesulitan dan kelangkaan bahan pakaian itu kemudian tumbuh kreativitas rakyat untuk bertahan hidup dengan membuat pakaian sendiri, salah satunya dari bahan karung goni ini.
Kemudian di masa Peta, atau tentara rakyat Pembela Tanah Air, tahun 43-an, rakyat atau orang-orang tua kita direkrut Jepang dan dididik menjadi tentara sebagai persiapan menghadapi Sekutu. Mereka dilatih bukan saja untuk berperang tapi juga pelatihan survival untuk menghadapi situasi sulit. Mereka diajari misalnya membuat minyak jarak, membikin pakaian sendiri, dsb. “Dari sinilah kemudian keterampilan membuat baju goni ini meluas di masyarakat dan sangat berguna, terutama bagi petani,” tambah Gde Kacut yang seorang pengamat pertanian asal Sukawati.
Kita ingat, dulu ayah-ayah kita sangat keren ketika mengenakan baju karung itu dan terlihat matching dengan topi kelangsahnya, sambil memikul cangkul atau membajak di sawah. Saat itu baju karung adalah pakaian kebesaran bagi petani.
Sekarang tampaknya baju karung ini sudah bukan masanya lagi. Ia telah menghilang dari kehidupan petani. Sudah jadi masa lalu, jadi bagian dari museum kehidupan.
Karung goni juga tidak lagi sebagai pilihan utama untuk menyimpan komoditas pertanian. Beras sudah dikemas dengan karung plastik, nilon atau karung laminasi. Mungkin hanya biji kopi dan beberapa jenis kacang yang masih menggunakan karung goni.
Bahkan sekarang goni mungkin sudah menjadi barang mahal. Mulai diproduksi dan diolah secara khusus, dengan berbagai teknik rajutan yang citranya tak lagi sebagai “kain” murahan. Kain goni sudah banyak digunakan sebagai produk kerajinan seperti tas rajut, sandal, topi, berbagai produk aksesoris rumah atau hotel elit, dll yang fashionable, berkelas dan memiliki nilai budaya etnik namun bercitra modern untuk memenuhi selera kekinian.
“Kini produk berbahan goni tidak lagi melekat pada citra petani, tetapi sudah dipromosikan sebagai bagian budaya modern nan berkelas,” kata Gde Kacut. [T]