Dalam bahasa Jawa Kuno, Calon berarti daging, Arang berarti renggang. Calonarang berarti daging yang renggang. Daging apa yang renggang? Itulah daging yang sudah dicincang. Karena dicincang, semua daging itu tidak lagi menyatu, meski masih lengket. Di Bali, jenis daging cincang ini biasanya digunakan sebagai bahan makanan. Jadi, kalau ada orang yang makan jenis-jenis makanan dengan daging cincang, maka orang itu sedang memakan Calonarang.
Setelah dimakan, Calonarang tidak mati. Dia hidup di dalam tubuh orang yang memakannya. Dia mengalir bersama darah. Darahlah yang memungkinkan orang bisa tetap hidup. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau ada orang yang hidup tanpa darah. Mungkin pada suatu kasus tertentu, hal itu mungkin saja. Saya belum tahu menahu tentang informasi itu.
Calonarang juga adalah nama salah satu tokoh dalam cerita Bharadah Carita. Cerita itu lebih dikenal dengan cerita Calonarang, daripada cerita Bharadah. Calonarang sangat terkenal dengan julukannya, Rangdeng DiRah. Rangda konon berarti janda. DiRah adalah nama tempat. Janda di DiRah. Janda ini bukan sembarang janda, tapi juga seorang guru dari banyak murid. Murid-muridnya, konon semua perempuan: Weksirsa, Larung, Mahisawadana, Lenda, Lendi, Gandi, dan Jaranguyang.
Semua murid itu, punya cara sendiri ketika ditugaskan oleh Calonarang untuk memuja kepada Bhatari Bhaerawi. Ada yang begini, ada yang begitu. Cara-cara ini yang tidak banyak dipentaskan dalam tarian Calonarang yang sangat mistis itu. Saya pikir, sumber ini bisa jadi bahan yang sangat penting bagi pecinta tari. Bahkan tidak hanya gerakannya, di dalam cerita itu juga dijelaskan tentang bagaimana pakaian murid-murid Calonarang saat memuja Bhaerawi. Tidak hanya pakaian murid-muridnya, tetapi juga pakaian Caonarang.
Tapi untuk apa Calonarang dan muridnya melakukan pemujaan kepada Bhatari Bhaerawi? Di dalam teks, jawabannya adalah untuk “Pralinaning Bhawana”. Saya tidak paham bagaimana menjelaskan atau menerjemahkan frase itu dengan baik dan benar. Kata kunci dari frase itu adalah Bhawana. Bhawana bisa berarti semesta, atau yang dalam hal ini adalah kerajaan atau desa. Tetapi kata Bhawana barangkali mempunyai tafsir yang berbeda dengan Bhuwana. Mungkin saja, Bhuwana adalah alam yang besar. Dan Bhawana adalah alam yang kecil. Di manakah alam kecil itu? Itulah tubuh.
Begitu cara kerja tafsir. Tentu ada banyak hal yang akan mempengaruhi tafsir. Yang paling mempengaruhi tafsir, adalah pengetahuan. Pengetahuan itu yang mengatur jalan kerjanya otak. Otak bertugas merangkai informasi-informasi yang sudah diketahui, dan ditambah dengan sedikit praduga. Maka, beda pengetahuan, beda pula tafsir yang dihasilkan.
Ada sebuah bagian yang menarik dari geguritan Calonarang. Setelah penggambaran keadaan pasraman Mpu Yogiswara Bharadah, diceritakanlah ketika Mpu Bharadah duduk di sebuah balai di tengah kuburan. Pada saat itu Mpu Bharadah dikelilingi oleh murid-muridnya. Di antara murid-murid itu, ada yang bertanya kepada gurunya.
Murid pertama bertanya, “maafkanlah hamba guru, sebab masih sangat muda, tapi ingin menghilangkan ikatan indria, memahami tattwa dhyatmika, yasa, juga selalu setia pada brata. Semoga berbahagia yang menurunkan wangsa”.
Murid kedua tidak mau kalah, “maafkan hamba juga guru, ada yang sudah tua, sudah lama mengikat indria dan ikatan asmara, tetapi ada masanya tidak tahan, lalu ditinggalkannya segala aturan tentang mengikat indria, ia dibakar oleh api asmara”.
Murid ketiga lebih semangat lagi, “hamba juga guru, ada banyak siluman yang didiksa, meniru-niru berpakaian serba putih, tidak paham tubuh sendiri, ikatan dari tiga sifat, juga tidak paham cara menolak hidup mati, seperti burung Baka, juga ia tidak sadar diri, tidak tahu malu mengangkat murid, yang dicarinya adalah mata pencaharian [pangupajiwa]”.
Mpu Bharadah yang bijaksana itu menjawabnya, “aduh, engkau salah sangka, sekarang aku akan mengajarkan padamu, memang sulit jika engkau mengetahui Sang Hyang Bajrangkara. Pertemuan Isamurti. Hilangnya aksara. Dekat pada yang sunyi-sunyi. Terbuka jalan yang dulu tertutup, sebagaimana dahulu yang menguasai aksara. Sungguhnya, ada banyak cara untuk melakukan pemujaan, memusatkan pikiran pada Hyang Widi”. Selanjutnya dari dialog-dialog itu, ada beberapa ajaran yang penting untuk dipelajari. Dan akan sangat baik jika tidak didiskusikan dalam tulisan ini. Salam. [T]