Satu foto yang saya temukan di media sosial, memancing saya untuk menulis artikel ini. Jangankan buat penulis-penulis kawakan yang sudah kaya pengalaman, bagi saya yang amatiran ini saja, kadang hal-hal kecil yang luput dari pengamatan sebagian besar orang, dapat menjadi hal menarik untuk dikupas. Bahkan, mungkin ada keluarbiasaan dalam ketiadaan. Mungkin saja, cuma kita belum menemukan atau menyadarinya.
Maka tak cukup hanya melihat, namun butuh pengamatan untuk menulis. Konsep ini mengingatkan saya, pada cara kerja seorang Sherlock Holmes, detektif masyur yang tinggal di Baker Street, karya penulis abadi cerita detektif berkebangsaan Inggris, Sir Arthur Conan Doyle. Ia, dapat memecahkan berbagai misteri kasus serumit apapun, dalam dunia kejahatan kota London, hanya karena ia mampu mengamati dengan baik fakta-fakta yang ditemukannya di TKP, sementara petugas polisi detektif Scotland Yard tak lebih dari cuma melihat saja, fakta-fakta yang sama.
Era informasi bebas ini, adalah keadaan kondusif buat kita yang hobi menulis. Ada sedemikian banyak materi yang dapat memantik pijaran api ide untuk menulis. Seperti sebuah foto yang saya dapati beberapa hari yang lalu, foto tokoh besar spiritual dunia, Dalai Lama. Dalam foto, ia tampak menarik janggut seorang ulama agama lain dengan mimik wajah tersenyum kocak, cenderung nakal, sementara “korbannya” pun tampak tersenyum bahagia yang tampaknya disetujui oleh pengikut-pengikut ulama tersebut yang ada di sekelilingnya.
Menurut saya, foto itu memang menampilkan sebuah realita kenakalan seorang Dalai Lama dan kejujuran kebahagiaan mereka berdua, juga orang-orang di sekelilingnya. Bagi saya, ini sungguh menarik dan memaksa saya untuk duduk sesaat untuk mengupasnya, mencoba menyajikan esensi-esensi dari peristiwa unik itu.
Dalai Lama ke 14 bernama asli Tenzin Gyatso ini dipercaya sebagai seorang guru spiritual Buddha (tulku) dilahirkan 6 Juli 1935 di Taktseer, Tibet. Saat ini ia menetap dalam pengasingan pemerintahan Tibet di Dharmasala, India sejak meletusnya perlawanan warga Tibet terhadap usaha penyatuan Tibet ke dalam wilayah Tiongkok oleh pemerintah komunis Tiongkok pada tahun 1959. Ia melakukan kunjungan ke berbagai dunia untuk berbicara tentang banyak hal menyangkut pinsip anti kekerasan, masalah orang-orang Tibet dan ajaran ajaran Buddha baik Mahayana maupun Vajrayana.
Dalam sebuah wawancara oleh CNN, soal citra damai para biksu yang tercoreng belakangan ini, akibat penganiayaan dan bentrok dengan etnis minoritas Rohingya yang beragama Islam, ia berpendapat “Kapanpun seorang Buddha merasa tak nyaman dengan muslim maupun penganut agama lain, mereka seharusnya mengingat wajah Buddha. Jika Buddha (ada) di sana—ia pasti melindungi, dan membantu para korban. Tidak ada keraguan. Jadi, sebagai seorang Buddha, anda harus mengikutinya dengan kesungguhan. Kepentingan nasional itu belakangan.”
Peraih Nobel Perdamaian yang terkenal dengan ucapan, “Jika kita tak dapat menolong orang lain, setidaknya janganlah mempersulit mereka”, betul-betul telah membawa spiritualitas menjadi sedemikian mudah dan sederhana. Hal itu kembali ditegaskan dalam ucapannya ini, “Tak perlu ajaran filsafat yang rumit. Pikiran dan hati saya adalah bait saya. Filosofi saya adalah kebaikan”. Gagasan yang begitu dekat dengan tubuh dan pikiran setiap orang ini, sangat nyata membawa ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari yang sedemikan biasa. Spiritualitas itu, tak butuh persiapan apapun, segala-galanya kembali pada energi dalam tubuh dan jiwa setiap manusia yang terus bergerak ke depan bersama waktu di setiap tempat. Setiap saat, tiada waktu yang wajib ditunggu atau tempat yang harus dituju.
Seakan ini menjadi sebuah antitesis dengan apa yang kita lihat dan lalui saat ini. Spiritualitas yang tak kita sadari telah kita kreasi menjadi sedemikian rumit dalam ritual yang tak mudah. Situasi yang telah berlarut mengendap menjadi semacam hipnosis budaya dan tradisi yang membawa mimpi buruk datangnya musibah jika tak kita amalkan. Kita telah menjauhkannya dari esensi. Lihatlah, berapa limbah sarana upakara yang telah kita timbun di perempatan jalan seusai kita memujaNya? Semakin jauh dari esensi, bisa akan berarti semakin dekat dengan bara api. Tentulah sudah cukup sering kita saksikan, sesama yang direnggutkan hidupnya tanpa belas kasihan, atas nama dan untuk persembahan kepadaNya. Tak sedikit pula sebuah bangsa, bahkan negeri indah kini rata berdebu dan berceceran darah demi spiritualitas.
Perlukah itu semua jika sesungguhnya cukup hanya dengan menarik janggut seseorang yang berbeda keyakinan, sembari tersenyum nakal dengan tatapan mata kocak? Lalu bergembira bersama. Sedemikian sederhana untuk dibesar-besarkan apalagi membawa-bawa serta pedang atau bom. Jika kita sepakat demikian, maka tak ada lagi stigmatisasi dan rasa takut untuk memanjangkan janggut hanya karena takut dikira teroris, padahal cuma buat ditarik-tarik nakal saja oleh Dalai Lama dan Dalai Lama serta Dalai Lama. [T]