Solipsisme, satu problem (paham) yang menjangkit massa dalam pusaran pilpres semenjak 2014 hingga 2019. Bahwa sayalah (keAKUan) satu-satunya ide dan pemikiran benar itu, yang ada di luar aku ditiadakan!
Solipsisme adalah satu paham yang diungkap oleh Descartes karena sifat ke-AKU-an yang timbul pada diri seseorang. Bahwa “Aku” sebagai satu-satunya (entitas) yang berpikir, dan dengan sengaja menolak realitas dari entitas lain yang lebih banyak.
Pada pemahaman epistemologis, solipsisme menyatakan (bahwa) kesadaran manusia tidak dapat menjangkau (mengetahui) selain dirinya sendiri. Egosentris menjadi pokok persoalan pada hal ini, karena sifat egonya yang mendominasi sehingga tidak cukup mampu menjangkau sesuatu di luar dirinya.
Solipsisme yang terjadi dalam pusaran Pemilu ini, benar-benar menjelaskan keakuan masing-masing kubu bahwa “pikiran saya (internal kelompok) sebagai satu-satunya kesadaran yang berarti (benar)”. Sama artinya bahwa pihak di luar diri atau di luar persekutuan kelompoknya ditiadakan dalam realitas alam pikirnya.
Ini terus diulang-ulang dalam kesempatan pidato Capres 02, “Saya akan mengejar dan bertindak tegas pada pihak-pihak yang merugikan negara-bangsa ini (korupsi)”.
Dalam artian, manifestasi atas sifat meniadakan lawannya dengan mengancam, namun yang lebih menonjol dari solipsisnya adalah peryataan bahwa tidak ada orang lain selain dirinya yang dapat menghantar rakyat pada taraf kesejahteraan (sejati).
Pun demikian pada pihak petahanan (pasangan 01), sama stereotipnya, kaku menilai kompetitor, meski tidak begitu menonjolkan keakuannya sebagai juru selamat akan kesejahteaan rakyat. Pihak-pihak ini juga sedang mengalami paranoid. Ketakutan berlebih bila pihak lain mengambil kendali politik, jika bukan mereka maka “gawat”.
Barangkali tepat, dengan memproduksi ketakutan akan adanya ancaman dari kelompok-kelompok intoleransi, maka kedudukan mereka dalam satu barisan nampak (fatamorgana) seperti sedang mempertahankan NKRI.
Kita bisa hipotesakan seperti ini, dalam analogi, ada dua medan magnet yang bertolakkan pada pemilu semenjak 2014 silam.
Lucunya, yang jelas bertolakan ini dipaksa diadu untuk saling berbenturan satu sama lain. Betapapun ini telah dicoba sedemikian rupa kedua medan magnet yang bertolakan menurut hukum (alam) itu tetap tidak berbenturan (selayaknya domba), karena gaya tolak masing-masing kutub bekerja otomatis. Sampai pada level (massa) pendukung yang terkategori simpatisan dan partisan pemilu pada bilik suara nanti juga turut mengamini.
Menarik sekali mencerna pepatah ini, “resan air ke air, resan minyak ke minyak” yang bisa kita temukan rasionalitasnya dalam MADILOG, Tan Malaka.
Pendekatannya pada Pilpres, antara pasangan calon 01 dan pasangan calon 02 menggambarkan kisah air dan minyak. Tapi kita tidak terlalu tertarik membaca persaingan kedua paslon (sebagai aktor laga), karena bisa saja terjadi pada setiap persaingan politik (praktis). Yang menarik dibaca adalah pada masyarakat sebagai penonton drama laga ini, yang secara suka rela masuk dan menjadi pembela serta pebenar solipsis masing-masing kubu.
Masyarakat sebagai simpatisan pun, mengiyakan dirinya menjadi air atau minyak. Dengan demikian meski air dan minyak disatukan dalam satu wadah, keduanya tidak menyatu, yang terlihat air akan menyatu dengan sekawanan airnya dan minyak akan menyatu dengan sekumpulan minyaknya. Bahasa lucunya, cebong dan kampret beda habitatnya, sulit bagi cebong mengakui kampret sebagai sekawanannya, juga sebaliknya berlaku pada kapret-kampret itu.
Dan telah nyata dan jelas siapa-siapa yang akan menjadi pendukung 01 dan siapa pendukung 02 tidak pernah akan tertukar. Jika berbicara basis massa Islam yang mayoritas, mudah sekali memahaminya, umat Islam berpaham apa sebagai pendukung 01 dan umat Isman berjenis apa yang mendukung 02, semua terlihat terang bukan?
Ada satu realitas yang harus segera kita sadari. Seperti yang di jelaskan oleh Gus Mus, terciptanya hanya dua pasangan calon di pilpres ini telah melahirkan konsekuensi yang buruk sekali. Saya setuju pendapat itu, betapa tidak semenjak pemilu 2014 silam, kubu-kubu ini terpelihara dengan baik hingga puncak ketegangannya ditunpahkan semua pada Pemilu kali ini, tanpa bisa memilih alternatif ketiga, karena pilihan menjadi golput pun bukan jalan keluarnya dari konflik horizontal ini.
Masyarakatpun telah mendikotomi kehidupan, memilih dan memilah siapa sekawanan atau sekumpulannya. Telah menggarisi batas-batas hidup berbangsa dan bernegara di luar kewajaran.
Apa gerangan yang terjadi pada bangsa ini selama kurun waktu lima tahun ke belakang, kedua kubu kembali memaksakan diri untuk bertarung. Dengan sengaja pula untuk saling memanas-manasi satu sama lain, meminjam pertanyaan Sindhunata (dalam buku saku filsafat Haidar Bagir:2005), “Mengapa Kita Menjadi Kekanak-kanakan?” Pihak mana yang sejatinya ‘benar’? akan kembali pada persoalan solipsisme? [T]