- Judul Buku : Ziarah
- Penulis : Iwan Simatupang
- Penerbit : Noura Books
- Cetakan : I, September 2017
- Tebal : 224 Halaman
- ISBN : 978-602-385-334-2
NOVEL Ziarah telah terbit beberapa kali. Terakhir, pada zaman Sastra Indonesia berada di era milenial novel itu diterbitkan kembali. Meski novel lama, novel karya Iwan Simatupang ini tak akan berjarak dengan era kini, karena apa yang tertulis di dalamnya adalah persoalan manusia lengkap dengan khidupan dan kematiannya, yang terus ada pada setiap zaman.
Buku ini menceritakan bagaimana manusia ditinggal oleh keluarga, kerabat, dan rekannya dalam kebersamaan selama hidup di dunia. Berbagai kenangan yang tak terlupakan oleh waktu saling jalin dalam alur hidup, seiring dengan meninggalnya para tokoh, pejabat, dan masyarakat umum dari ranah kehidupan.
Sepanjang perjalanan menuju ke entah, Tokoh Kita mengambil berbagai keputusan ajaib. Mula-mula bekerja menjadi pengapur dinding kuburan, kemudian ia mendobrak aturan sehingga seisi kota geger. Dan cerita pun terus menyihir.
Ziarah merupakan salah salah satu novel monumentual yang membuka cara baru dalam penulisan sastra. Absurditas yang dihadirkan Iwan Simatupang seperti mata lain untuk menelisik psikologi manusia. Tujuan dari cerita ini untuk membuka cakrawala perjalanan seorang manusia yang ingin berinteraksi dengan jasad di kubur.
Keinginan ini makin keras mengental dalam dirinya walau dia belum tahu tiba waktunya untuk menyuruh kapurkan tembok-tembok itu. Bahkan, baru saja dua bulan yang lewat tembok-tembok itu dikapur. Untuk kali pertama mereka berkenalan dengan bentuk-bentuk lain dari dirinya. Dia berbahasa sopan, dengan nada-nada suara lembut. Ketika dia mau berangkat pulang dia mengucapkan selamat malam, lalu pergi dengan langkah-langkah sigap, dan pasti, sama sekali tak membutuhkan tuntunan orang lain (Hal 25-27).
Isi ceritanya dibuka ketika Tokoh Kita bekerja sebagai penjaga makam. Tugas sebagai penjaga adalah merawat dan melindungi jasad yang dikuburkan. Begitu pula dengan menoreh kapur ke benda, tentu itu untuk menjaga kehormatan jasad selama beristirahat. Rata-rata seseorang bergerak ke makam bertujuan untuk menziarahi almarhum yang telah dikenang, ketika hendak berziarah ke makam hendak mengikuti ajaran nabi yang telah diajari dalam kehidupan sehari-hari. Demi kesopanan dalam mendalami area kuburan, aturan pun harus dipatuhi.
Kehilangan mayat, dalam arti hilangnya jasad manusia mati, dapat dianggap sebagai suatu kejahatan tersendiri. Kejahatan yang misalnya dapat dilakukan oleh pesuruh-pesuruh perusahaan gelap yang memperdagangkan kerangka-kerangka manusia untuk dipergunakan dalam pelajaran anatomi di sekolah menengah atau fakultas kedokteran. Tapi, pertanyaannya, kehilangan seperti itu, bakal dapat dikenakan perumusan hukum pidana yang mana dan bagaimana?
Jasadnya, tulang-belulangnya, sudah dalam tanah, sudah menjadi satu dengan tanah. Yang hilang di sini hanya satu abstraksi belaka, yakni seseorang yang pernah konkret ada. Abstraksi ini adalah juga ingatan, kenangan, tentang manusia yang pernah konkret ada itu. Kenang-kenangan pada seseorang, tapi oleh sebab itu tak menjadi kurang artinya dan pentingnya bagi manusia.
Minuskan kenangan ini perihal manusia, maka kita mendapatkan kemanusiaan yang tandus. Tanpa seluruh nilai dan kekuatan dari kenangan ini dari perihal manusia, maka kita mendapatkan kemanusiaan yang tandus. Tanpa seluruh nilai dan kekuatan dari kenangan, maka mati akan kehilangan sentimennya yang justru membuat kita, umat manusia, begitu gandrung kepadanya (hal 100-101).
Di tengah cerita mungkin ada rasa takut bila mayat akan merayap tubuh, kerangka, dan organ menjadi bentuk fisik yang menghanguskan manusia. Tubuh yang mengubur dalam tanah menjadi indikasi para penelitian untuk mengungkap tubuh mana yang sekiranya diselidiki.
Perihal kenangan dan ingatan sebagai momentum yang sudah lama terjadi. Sungguh jasad ini sudah tak bisa hidup kembali kecuali ruh yang sudah melayang. Bahkan di alam kubur menempuh kehidupan selamanya tanpa diperhitungkan.
Inti yang dipetik adalah kehormatan jasad sebagai tanda terima kasih dan selalu mendoakan arwah kita diterima oleh Tuhan yang Maha Kuasa. (T)