MAHASISWA kaum intelektual dari akademisi yang unggul terdidik kristis yang mempunyai segudang ilmu pengetahuan untuk selalu menjadi garda terdepan dalam sebuah peradaban baru.
Ada sebuah cerita saat membaca sebuah komik meme di media elektronik yang menuliskan “Mahasiswa takut sama dosen, dosen takut sama rektor, rektor takut sama menteri, menteri takut sama presiden, tapi presiden takut sama mahasiswa”. Betapa mulianya menjadi mahasiswa yang disegani presiden meskipun mahasiswa takut pada nilai D yang akan dosen berikan.
Ini adalah pernyataan unik yang sebenarnya bisa dikatakan benar karena kalau kita mengingat kembali memoriar yang terjadi saat reformasi besar-besaran berlangsung tahun 1998 yang dimotori kalangan mahasiswa se-Indonesia berhasil meruntuhkan rezim Soeharto dan menghancurkan Golkar sehingga presiden yang menjabat selama 32 tahun dan dianggap melakukan KKN dan mengungkung kebebasan demokrasi dalam konteks HAM itu akhirnya lengser.
Setelah berhasil melancarkan reformasi memang ada sejumlah mahasiswa yang dulu ikut berjuang kemudian larut dalam gelimang kekuasaan. Tujuannya tentu tak melulu negatif, mungkin ingin memperbaiki keadaan bangsa dari dalam pemerintahan. Namun kadang “lupa diri” bisa jadi penyakit menular atau penyakit yang ditularkan.
Dalam tanggapan yang dilontarkan Agus Hilman seorang penulis aktif yang sempat menyinggung tentang mahasiswa pasca reformasi mengatakan bahwa “Mahasiswa kritis sering menjadi bisu setelah dihadapkan dengan gemilang harta dan kekuasaan, kelantangan perlawanan mereka di jalanan terhadap pemerintah termakan arus kekuasaan, mau tidak mau idealisme dilacurkan pada seonggok materi”
Pendapat ini saya benarkan, karena pasca reformasi mahasiswa kita hanya sebatas kontrak politik hitam di atas putih, tidak ada kontrol setelah reformasi itu berlangsung. Bahkan aktivis-aktivis yang lantang melakukan perawanan terhadap rezim Soeharto dan Golkar, saat itu malah melebur ke dalam Partai Golkar dengan menjadi caleg. Ini sebuah fenomenal.
Dalam opini ini, tentu mahasiswa yang masuk dalam kekuasaan dan ikut dalam arus politik praktis itu tidak sepenuhnya berada pada jalan yang salah. Kita harus berpikir pada ranah positif, bisa saja tujuan aktivis-aktivis pada masa itu melebur ke Partai Golkar yang dulu dianggap punya banyak kesalahan, semata untuk memperbaiki citra partai itu sendiri dan menjalankan sesuai ketentuan dan undang-undang dalam sistem yang sehat berdemokrasi.
Lalu bagaimana dengan paradigma mahasiswa dewasa ini? Paradigma berbeda mahasiswa sebagai kaum kritis terdidik unggul dari llingkungan akademisi secara ideal diharapkan mampu mewujudkan cita-cita bersama yaitu sebagai Agent Of Change, Moral Force, Agent of Control social Change dan sebagainya, namun yang terjadi hanya sebagian saja mahasiswa mampu berperan ke dalam tiga tugas pokok tersebut.
Kita ambil realita di dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam ranah lingkar diskusi sebagian mahasiswa jarang kita jumpai melakukan diskusi di luar kampus apalagi yang tidak berhimpun dalam organisasi kemahasiswaan, dan juga saat di tempat nongkrong di angkringan jarang terdengar untuk membahas soal materi apa yang sudah dosen sampaikan di kampus atau membicarakan kontrol terhadap pemerintahan dan negara. Tetapi tema yang diangkat dalam percakapan itu seputaran style, fashion, perempuan/pria dan uang.
Ini merupakan sebuah kemunduran intelektual maka jangan salahkan jika sebagian mahasiwa bersikap dan berprilaku keluar dari nilai-nilai Pancasila atau ada juga yang disebut sebagai mahasiswa apatis, yang hanya sebatas kuliah dan berdiam diri di kos tanpa kegiatan yang bermanfaat.
Dalam sejarah, mahasiswa memainkan peran penting dalam menopang kemajuan bangsa, beberapa tokoh muncul menjadi pendobrak kemajuan saat mereka menjadi mahasiswa semisal Hatta, Sjahrir dan Bj Habibie. Dari tahun 1908 hingga Kemerdekaan 1945 dari Malari 14 januari 1947 hingga Reformasi 1998 kolaborasi mahasiswa yang intelektual menjadi kekuatan yang mampu membuat sebuah perubahan ke arah yang baik untuk kepentingan masyarakat pembela masyarakat. Ini merupakan kaca besar sebagai refleksi diri agar untuk selalu berbenah memperbaiki tupoksi mahasiswa yang diharapkan bangsa ini. (T)