KAMIS 1 November 2018, pukul 21.00 Wita, diskusi berlangsung.
Malam itu ada dua pertunjukan di Parade Teater Canasta 2018. Teater Angin SMA N 1 Denpasar dengan naskah “CUT OUT” dan Teater Galang Kangin SMA N 4 Singaraja dengan naskah “Tentang Kita dan Pertemuan yang Hilang”.
Dua pentas itu didiskusikan usai pentas. Moderatornya I Wayan Sumahardika dengan berbagai kemungkinan dan daya jelajahnya membaca perkembangan teater di Bali, melompat-lompat memberi umpan jalur obrolan. Tapi ada yang lain, yang menarik perhatian saya.
Diskusi berlangsung di halaman belakang Canasta Creative Space, beralas tikar pandan berwarna coklat, sesekali ada gerombolan anak muda hilir mudik, keluar-masuk ke ruang diskusi, kadang dengan sengaja berjarak. Pintu kamar mandi belakang terbuka-lampunya menyala terang, memamerkan kloset duduk, yang selangnya terjatuh, jika diperhatikan lebih seksama, di atas kloset dua sabun berwarna kuning dan putih berdiri tegak. Entah siapa yang mendirikannya.
Dua-tiga kawan penonton masuk ke kamar kecil, suara flush samar terdengar usai menuntaskan tujuan mereka. Pintu terbuka, tapi lampu dibiarkan menyala.
Di sebelah kamar mandi ada selang hijau menjuntai, satu ujungnya melilit kepala kran, yang lain memutar sekenannya dibagian bawah. Ada satu baju warna hitam, dan satu handuk warna biru, berjemur dari tadi siang. Puntung-puntung rokok tergeletak, filternya penyet diijak, terkonsentrasi di beberapa bagian halaman-ada pula mencar satu sama lainnya.
Sandal-sandal tergeletak pula, rebah, telentang, bertumpuk satu sama lainnya, seperti desakan para umat memasuki halaman pura ketika odalan. Kain hitam backdrop yang beberapa bagiannya bercap kaki-debu, terpasang dibagian tembok selatan, seperti ombak hitam siap menggulung peserta diskusi.
Di belakang kain hitam ada semacam gang buatan, untuk menuju bagian belakang peserta diskusi. Beberapa kali bergerak ketika beberapa kawan melintasinya, karena malu terlambat saat diskusi. Sesekali tim dokumentasi masuk mengambil moment, lalu keluar. Menyisakan gestur tubuhnya ketika hendak mengabadikan kegiatan, di kepala saya pribadi.
BACA JUGA:
- Tiga Lapis Kesedihan Teater Kalangan – Hari Pertama Parade Teater Canasta 2018
- Melalui Kesunyian Suara Bisa Terdengar – Bersama Wanggi Hoed di Parade Teater Canasta 2018
Juga ada kawan masuk dapur, menyalakan lampu kuning, lalu sibuk sendiri beberapa saat, kemudian keluar membawa hasil racikannya. Menyisakan suara lenting gelas, atau bendabenda bantuan yang ia gunakan. Entah sadar atau tidak, tubuhnya menjadi bagian kecil adegan dari ruang yang lebih luas.
Sesekali diskusi khidmat, tapi banyak juga mengundang tawa. Sesekali bahan diskusi dilempar ke penonton, sesekali juga penonton meresponnya. Penonton yang lain, asik dengan riuh rendahnya masing-masing, ada yang berdiskusi sambil berbisik-bersama kelompoknya, ada yang sibuk dengan gawainya, ada yang asik lihat story dari instagram.
Terdengar lumayan deru, ulak-ulik suara kendaraan bermotor dari jalan, kadang rendah, kadang kencang dan cepat, kadang pula hanya deruan desah dari kejauhan, juga terdengar celotehan kawan-kawan diluar yang tidak mengikuti diskusi.
Di meja depan ada dua kawan volunteer menjaga buku jualan dan merchandise. Keduanya menunggu diskusi selesai, agar cepat merapikan barang dagangan, lalu pulang. Dikusi berlangsung hingga pukul 22.00 wita, harus cepat selesai, karena kawan-kawan teater dari Teater Galang Kangin, sudah di jemput kendaraanya. Saya menyambangi sopirnya, kemudian menawarkan secangkir kopi dan nasi bungkus, saya katakan setelah diskusi baru bisa pulang ke Singaraja, sopir mengiyakan. Diskusi tetap berlanjut.
Dua tim teater itu saling memuji, saling menanyakan, bagaimana proses kreatif dari masing-masing tim, sehingga mendapat formula bentukan sedemikiannya. Ada yang bingung, ada yang benar-benar bingung, ada pula yang dianggap paham.
Setidaknya menimbulkan pertanyaan, “Pulang dari parade ini, saya pasti masih menanyakan pementasan yang tadi. Tadi itu apa yah?” ucap Ni Made Etik Suryani Pembina Teater Galang Kangin.
Lalu jauh dari semua itu, hadir pertanyaan, siapa yang sebenarnya berteater? Dua pertunjukan yang telah usai, perdebatan diskusi, lalu lalang kendaraan itu atau jangan-jangan sabun yang lebih artistik. Tapi patut di pahami adalah suatu kesadaran yang terbentuk secara keseluruhan membentuk suatu peristiwa. Dalam struktur tersebut beberapa komponen mendukung, dalam kesenian tentu bisa meniadakan salah satu komponen kemudian menghasilkan kemungkinan yang lain.
Malam itu, bagi saya teaternya adalah usai pementasan, yaaaa yang saja jelaskan tadi di atas-lah, semuanya alami saja berlangsung tanpa tedensi apapun, tanpa politik, tanpa intervensi yang menyesakkan, tanpa bentukan interpretasi.
Jadi ingat apa kalimat Om Jun (Wayan Juniarta) beberapa waktu lalu, saat orasi di Canasta. “Kita harus meniadakan waktu”
Yah benar, sesekali memang manusia harus memiliki dirinya masing-masing. (T)