“Lawan terkuat bukanlah yang terhebat, tapi yang tak terlihat.”
SYAHDAN, di dunia pertarungan bawah tanah terjadi ketegangan antarkelompok yang saling berebut pengaruh dan ingin menjadi pimpinan. Dalam ketegangan, muncul sosok misterius, yang mampu berkelebat lebih cepat dari bayangan. Mereka kemudian menyebutnya sebagai Pendekar Tanpa Bayangan—atau dalam beberapa dialog disebut Pendekar Sakti Tanpa Nama—yang seakan mampu mengendalikan keadaan dalam senyap.
Dua kelompok yang berseteru, kelompok Kapak Emas dan Kelompok Naga Api, mencoba membangun kongsi, menyusun kekuatan bersama untuk menghadapi kekuatan yang tak terlihat itu. Guru Besar kedua perguruan tersebut sampai harus turun gunung untuk menyatukan kekuatan, terlebih ketika mulai terendus adanya kelompok rahasia Burung Putih. Kongsi terbentuk, tetapi rapuh dan gampang digoyah. Banyak yang diam-diam menyimpan ambisi dan memainkan intrik.
Di atas adalah sinopsis pertunjukan yang bertajuk Calon Lawan karya Agus Noor. Karya ini digelar di Gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada Jumat (20/10/2023) dan Sabtu (21/10/2023). Di dalam karya yang dipentaskan oleh Indonesia Kita—yang dipimpin Butet Kartaredjasa—Agus Noor bekerja dengan Joind Bayuwinanda (asisten sutradara); Josh Marcy (penata tari); Arie Pekar (penata musik); D. Bulqini (penata artistik); Ocklay (penata panggung); Deray Setyadi (penata cahaya); Olla Simatupang (penata kostum); Sena Sukarya (penata rias); Yossy Herman (penata suara); dan Tinton Prianggoro (penata panggung).
Adegan-adegan pertarungan dalam pementasan “Calon Lawan” / Foto: @agusnoor
Untuk pemain, Calon Lawan melibatkan para pesohor seperti Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Inaya Wahid, Yu Ningsih, Wisben, Joned, Mucle, Joel Kriwil, Sri Krishna Encik, Joind Bayuwinanda, kelompok Wushu Inti Bayangan, dan penyanyi, Oppie Andaresta. Selain itu, ada juga Jakarta Street Music (pemusik) dan Dansity Dance Company (penari).
Berlatar pertarungan antarkelompok pendekar, Calon Lawan sebenarnya adalah pertunjukan alegori tentang berbagai peristiwa hari-hari ini, menjelang perebutan kekuasaan. Pertunjukan dengan durasi nyaris tiga jam lebih itu, menyajikan sesuatu yang berbeda: panggung yang penuh pertarungan adu jotos dan duel, seperti dalam film-film kungfu dan gengster. Dalam hal ini, kelompok Wushu Inti Bayangan sukses menghadirkan adegan-adegan tersebut.
Sebagai sutrada, sebagaimana gaya lakon-lakon yang digarap, Agus Noor tetap menghadirkan humor, satire, dan plot yang tak terduga.
Di sela-sela pertunjukan, Sri Krishna Encik tampil membawakan lagu-lagu milik penyanyi legendaris Sawung Jabo. Sempat disebutkan oleh Agus Noor bahwa selain menyambut pesta elektoral, Calon Lawan sekaligus “merayakan dan menghormati para maestro seni Indonesia” sebagai wujud “selalu berhutang budi dari apa yang dicapai dari pendahulu-pendahulu kita.”
Kritik yang Humoris
Pada awal pertunjukan, setelah dibuka dengan penampilan apik dari tim Wushu Inti Bayangan, melalui Marwoto dan Inaya Wahid, Calon Lawan memberikan lawakan yang banyak mengambil isu sosial yang relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. Misalnya ketika anak buah Marwoto menyinggung soal pajak kepada seorang penjual bunga (Oppie Andaresta) otomatis pajaknya berbunga, dan mengoreksi kalimat temannya tentang ‘asuransi’ menjadi ‘kirikansi’ (anak anjing) karena jumlahnya yang kecil.
Adegan-adegan pertarungan dalam pementasan “Calon Lawan” / Foto: @agusnoor
Para pemain—khususnya Inaya Wahid—juga mengangkat fenomena pemilihan umum yang sedang terjadi di pemerintahan, seperti soal usia yang masih di bawah umur dan MK. Calon wakil presiden, Mahfud MD yang hadir sebagai tamu undangan di pementasan itu, turut menjadi korban ‘roasting’ para pemain. Sedangkan pasangannya, Ganjar Pranowo, tak berhenti tertawa mendengar celetukan-celetukan satir Inaya dan tingkah konyol duet antara Cak Lontong dan Akbar.
Sampai di sini saya merasa heran mengapa Mahfud MD dan Ganjar tertawa terbahak-bahak, padahal yang Agus Noor dkk. wujudkan adalah satire atas perilaku yang mereka lakukan. Oh, mungkin, dari sini, mereka sedang atau perlu belajar untuk menertawakan diri sendiri.
Seperti biasa, kelompok Indonesia Kita memang senang dengan kritik segar dengan mengusung sentuhan budaya di setiap pementasannya. Menjelang Pemilu 2024, rakyat Indonesia tengah disuguhi berbagai macam calon dengan segala pesona dan jani-janjinya. Semua calon ini akan saling melawan satu sama lain dan mengadu kelebihannya masing-masing untuk memenangi hati rakyat.
Dalam Calon Lawan, calon-calon yang awalnya tampak berlawanan dan bermusuhan, bahkan sampai meletupkan bumbu perseteruan di antara para pendukungnya, pada akhirnya malah berada dalam satu kubu, kongsi. Yang sebelumnya tampak beroposisi, menjadi saling mendukung. Dengan plot yang tak terduga, mana tokoh yang baik dan jahat menjadi kabur, tak tampak, semua tokoh justru dibuat memiliki kedua sifat tersebut. Awalnya kita anggap baik, pada beberapa adegan justru menampakkan sifat sebaliknya: jahat.
Agus Noor, Sawung Jabo, dan Butet Kartaredjasa / Foto: @agusnoor
Hal tersebut tampak jelas dalam adegan menjelang akhir pertunjukkan, saat semua kelompok perguruan bertemu dalam satu tempat di mana Pendekar Tanpa Bayangan atau Tanpa Nama tinggal. Pada adegan tersebut, Cak Lontong (pemimpin perguruan Naga Api), yang awalnya tampak seperti tokoh baik-baik, justru menjelma menjadi tokoh jahat yang telah memasang dinamit dan siap meledakkan semuanya. Ia pula yang menyusupkan orang-orang ke dalam perguruan Kapak Emas—yang dipimpin Marwoto—untuk membuat onar. Semua itu dilakukan Cak Lontong untuk menjadi pemimpin semua perguruan.
Namun, usaha Cak Lontong untuk meledakkan (baca: membunuh atau mengancam) semua orang gagal karena detonatornya—yang dipelesetkan oleh beberapa pemain menjadi vibrator dll, yang lantas membuat penonton tak berhenti tertawa—telah dicuri oleh Akbar (muridnya di perguruan Naga Api). Karena merasa memegang kuasa, Akbar hendak meledakkan dinamit, tapi lagi-lagi gagal karena alat pemicu tersebut telah dicuri oleh penjual bunga sekaligus pujaan hati Akbar (Oppie Andaresta).
Oppie juga tak bisa meledakkan dinamit, sebab detonator yang asli telah diambil oleh Mucle (yang berperan sebagai suami Inaya). Mucle, pemilik toko kelontong miskin itu, juga ingin berkuasa. Tapi ia gagal, sebab Inaya telah mengambil alat tersebut. Pada akhirnya, dinamit itu tak jadi meledak, sebab detonatornya hanya menjadi rebutan. Mereka sibuk berebut, memainkan intrik, menelikung satu sama lain.
Hal di atas menjadi tamparan terhadap orang-orang yang terlibat dalam perebutan kekuasaan politik praktis. Tamparan tersebut bahkan tidak hanya sekali, melainkan berkali-kali. Kendati kita seakan dibuat tertawa, tetapi sebenarnya kita diajak untuk menertawakan kegetiran, kejahatan, kelicikan mereka yang sibuk dengan kekuasaan. Sedangkan sebagai rakyat, kita acap kali menjadi korban.
Manusia memang serigala yang kebahagiaannya terdiri dari “memperoleh kegembiraan.” Sedangkan kegembiraan terletak dalam kepuasan mengkonsumsi dan “mengeruk” komoditi, kekuasaan, pemandangan, makanan, minuman, rokok, kuliah, buku-buku, film-film, semuanya dikonsumsi, ditelan.
Butet dan Yu Ningsih / Foto: @butetkartaredjasa
Dunia merupakan satu obyek besar bagi selera makan kita, kata Erich Fromm. Sebuah apel besar, botol besar, payudara besar; kita adalah pengisapnya, yang selamanya merindukan, mengharapkan—dan selamanya tidak puas. Watak kita disesuaikan untuk menukarkan dan menerima, membuat barter dan mengkonsumsi; segala-galanya, obyek yang spiritual juga material, menjadi suatu obyek tukar-menukar dan obyek konsumsi.
Calon Lawan berusaha menampilkan praktik para pemimpin, dari nasional sampai lokal, yang sibuk dengan kepentingannya sendiri. Lembaga-lembaga negara dan pemerintahan yang sibuk mengorupsi dirinya sendiri. Tak salah bila pada akhirnya mereka merasa sekadar menjadi slilit yang ketlingsut di kegaduhan retorika dan tumpukan hitung-hitungan.
Alhasil menurut hemat saya karya ini menarik, di mana para pemain melakukan kritik dengan cara yang sederhana, implisit, dan penuh homor. Memang, humor—apalagi yang bersifat protes sosial—sangat digemari akhir-akhir ini. Orang-orang yang risau dan tidak puas terhadap keadaan masyarakat maupun polah-tingkah birokrat, demi menjaga keseimbangan jiwa, menumpahkan perasaan ketidakpuasan itu melalui tulisan-tulisan—atau ungkapan-ungkapan, pertunjukan—yang terkesan tidak serius tapi sebenarnya serius.
Beberapa pengeluaran energi agresif yang bersifat primitif memang tidak bisa dituangkan begitu saja karena adanya batasan dalam masyarakat, maka desas-desus yang hendak disebarluaskan itu diubah dahulu ke dalam lelucon.[T]
BACA ULAS PENTAS lainnya atau baca artikel lain dari JASWANTO
Reporter: Jaswanto
Penulis: Jaswanto
Editor: Made Adnyana