PSIKOANALISA beranggapan bahwa keutuhan self sangat penting bagi keberlangsungan psikis yang sehat. Self, dalam hal ini, membuat seseorang memiliki alasan untuk menjalani hidup dengan tujuan yang jelas.
Berkaca dari Kohut, proses terbentuknya self bermula dari pemahaman bayi yang awalnya menganggap bahwa ia dan ibu adalah satu kesatuan. Pada perjalanannya, bayi menemukan realita bahwa ia dan ibu–objek omnipoten–merupakan dua hal yang terpisah; bayi adalah hal yang berbeda dengan objek yang dianggap sebagai acuan awal.
Objek omnipoten akan menunjukkan dan mengontrol apa yang layak dan tidak layak dilakukan oleh diri yang masih berada dalam tahap awal pembentukan self. Sikap mengontrol itu pada perjalanannya akan menjadikan figur omnipoten sebagai standar emas dari perilaku; memberikan definisi terhadap self dan membuat self menjadi nyata dan ada sehingga bentuk self ideal–yang ditentukan oleh objek omnipoten–akan muncul dan dikejar.
Pengejaran sosok self yang ideal akan menimbulkan rasa puas saat standar yang terletak pada figur omnipoten tergapai. Paling tidak, semangat untuk mengejar standar yang berjarak akan timbul. Di sisi lain, kecemasan pun akan muncul saat standar yang ditetapkan tidak dapat dicapai. Semua itu, muncul akibat kelekatan terhadap self yang ideal.
Kecemasan dapat diselesaikan saat hadir kesadaran bahwa diri dan figur omnipoten adalah objek yang berbeda. Kesadaran yang berdampak pada pemahaman bahwa diri adalah subjek yang mandiri dan memiliki kemerdekaanterhadapdirinya sendiri. Di titik ini, kutub self assertiveness terbentuk.
Di sisi lain, kemerdekaan yang berlebihan juga memiliki efek samping. Terlalu mementingkan diri dan tidak peduli terhadap aspek superego (nilai – nilai sosial dan kemanfaatan untuk orang lain) adalah hal yang paling mudah tertangkap mata. Lebih dalam lagi, semangat untuk menjalani hidup–yang diberikan oleh self ideal–akan hilang.
Konsep psikoanalisa dan turunannya mencoba untuk mencari titik keseimbangan bagi kedua titik ekstrem tersebut. Tetapi, pada praktiknya, langkah tersebut banyak menemui kegagalan. Bahkan, Freud–peletak awal pondasi psikoanalisa–berakhir pada masa tua yang frustasi akibat gagal dalam mencari keseimbangan.
Kondisi tersebut serupa dengan yang dibahas mindfulness. Di mana pada mindfulness, pandangan salah akan adanya diri–beranjak dari konsep kelekatan–adalah sumber masalah.
Walaupun bertujuan untuk menghilangkan kelekatan, tahap awal dari mindfulness tetap melewati fase memunculkan kesadaran akan adanya “diri”–self–dan menimbulkan kelekatan dengan keberadaan diri tersebut. Tahap ini akan menyerupai konsep psikoanalisa pada kutub self yang ideal, dengan semangat menjalani hidup yang besar tetapi disertai kecemasan yang membesar pula. Kecemasan tersebut, hadir sejalan dengan kelekatan terhadap keberadaan diri yang menguat.
Setelah kesadaran akan adanya “diri” terlewati, tahapan selanjutnya adalah kesadaran akan ketiadaan “diri”–anata, yang menyerupai paradoks self assertiveness. Pada tahap ini, kecemasan akan memudar dan digantikan dengan kekosongan yang serupa dengan pandangan nihilistik.
Pandangan nihilistik adalah kondisi di mana semua hal tidak ada maknanya. Kosong. Semangat dalam menjalani kehidupan–yang disadari tidak ada maknanya–pun akan hilang. Karena, diam ataupun bertindak, tidak akan ada bedanya.
Di antara paradoks itu pula, mindfulness yang terus dikembangkan tetap memiliki peran. Mindfulness–seperti Buddha Gautama–dengan latihan bertahap yang benar, pada akhirnya akan dapat menuntun meditator mengambil jalan tengah yang mengkompromikan kedua kutub ekstrem yang menyesatkan. Atau, seperti halnya Arjuna dalam Bagavad Gita, dapat memerankan peran dengan semangat dan kesungguhan hati demi pentas semesta yang sempurna, tanpa melekat pada peran yang pada akhirnya akan ditinggalkan.
Daftar Pustaka
- Epstein, M., 2007. Psychotherapy Without the Self. London: Yale University Press.
- Strozier, C. B., 2004. Heinz Kohut: The Making of s Psychoalayst. New York: Other Press.
- Analayo, 2012. Satipatthana: The Direct Path To realization. Birmingham: Karaniya.
[][][]
- BACA ESAI-ESAIKRISNA AJA