Oleh: Nabila
Bali dikenal sebagai pulau surga. Tapi surga untuk siapa? Apakah Bali memang benar-benar tempat yang indah untuk hidup? Apakah krama Bali – orang-orang yang tumbuh, besar, dan hidup di Bali merasakan keindahan dan kenyamanan di Bali? Atau sebaliknya, di balik kenyamanan dan keindahan Bali sebagai pulau surga, ada permasalahan dan konflik yang dialami kramanya? Atau mungkin, krama Bali bahkan tak menyadari keindahan dan kenyamanan itu?.
Bali dikenal memiliki keanekaragaman budaya, tradisi, hingga adat istiadatnya. Masyarakat di Bali juga masih kental dengan aktivitas religius. Seiring berjalannya waktu, budaya dan sastra Bali kian terkikis oleh perkembangan zaman, pasalnya banyaknya budaya asing yang masuk dan hal ini menyebabkan semakin menurunnya minat masyarakat untuk mengetahui budaya dan sastra Bali.
Kemunculan buku berjudul Smara Reka sangat menarik perhatian khususnya bagi masyarakat Bali yang tinggal di Bali maupun di luar Bali yang ingin mengetahui kehidupan masyarakat di Bali karena cerpen yang disajikan ini memang ditulis berdasarkan kehidupan masyarakat Bali.
Buku yang ditulis oleh sepasang suami istri bernama Gede Gita Purnama dengan istrinya Dewa Ayu Carma Citrawati diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi penulis-penulis lain. Lulusan dari Universitas Udayana jurusan Bahasa dan Sastra Bali ini telah meraih banyak penghargaan dibidang menulis.
Membaca judul Smara Reka yang jika dijabarkan secara etimologi berasal dari kata smara yang artinya cinta dan reka yang artinya membentuk, tentunya membuat pembaca akan bersiap untuk menikmati tulisan-tulisan bernuansa cinta. Namun, hal itu tak akan ditemukan dalam buku kumpulan cerpen ini. Cinta yang dituangkan bukan cinta yang secara permukaan diartikan sebagai hubungan perasaan antara dua manusia saja, namun lebih dalam dari itu, cinta merupakan perasaan memiliki dan ingin dimiliki manusia kepada apapun di sekitarnya.
Smara Reka diterbitkan tahun 2014 oleh Pustaka Ekspresi. Menyuguhkan delapan cerpen berisi kehidupan masyarakat Bali dengan berbagai tema, bernuansa budaya daerah Bali yang kental. Mengangkat kisah masyarakat dengan sudut pandang dan polesan cerita yang berbeda menjadi daya tarik bagi pembaca dan menjadikan buku ini berbeda dengan buku lainnya. Hal-hal yang juga kerap dialami masyarakat Bali turut menjadi pemanis dalam buku ini.
Dalam bukunya, penulis menyematkan pesan tersirat dalam setiap cerpennya. Seperti pada kutipan berikut:
“Yén tlektekang, uling mara mayuang toko kanti jani lais masepuk dagangané, Uda Mansyur tusing ja taén ngitungang ngalih duasa melah. Ané melah tuah itungané ka peken, ané melah tuah tata carané ngadukang basa, kanti pegat layahé ngasanin dedaarané. Mula jaen saja atep asan basa masakané Uda Mansyur. Ané melah tuah tata carané iya ngayahin anaké ané mablanja, alep manis nyapén tamuné, lemuh tuturné ngajak nyatua anaké mablanja sambilanga ngantiang duman maayahin. Tusing cara nyaman iragané medagang, mara laisan abedik jeg sagét tegeh ajum, lebian tusing bisa ngajinin anaké ané lakar mablanja. Buina bisa ngabedikang maan disubané dagangané lais, kéwala ajiné negehang ngindang.”
Kentalnya budaya Bali hingga untuk memulai usaha, masyarakat Bali khususnya umat beragama hindu biasanya akan mencari hari baik “Duasa Melah” dengan harapan agar usaha yang dimulai dapat berjalan lancar, namun pada cerpen berjudul “Duasa Melah” ini penulis menyampaikan bahwa untuk memulai usaha ataupun kegiatan tidak perlu menunggu hari baik datang, hal-hal baik akan datang jika niat untuk memulainya baik. Bicara soal hari baik erat kaitannya dengan keyakinan kita terhadap tuhan Yang Maha Esa, karena ketika kita percaya akan adanya “Duasa Melah” secara tidak langsung kita juga percaya akan kebesaran tuhan. Bahas keyakinan kepada tuhan, Nyoman Lastri salah satu tokoh utama di cerpen berjudul “Maskumambang Nandang Lara” ia diceritakan tidak percaya terhadap orang pintar atau biasa masyarakat Bali sebut dengan “Balian” ia hanya percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa bahwa setiap kejadian dan peristiwa yang dialami selalu atas ijin-Nya.
“Liu timpalné nundén Nyoman Lastri ngalih balian, nanging ia tetep kukuh tusing nyak nakonang. Ia masi tusing bas percaya tekén balian, liu suba ia nepukin timpalné uluk-uluk balian. Makejang ngaku sakti, makejang nigtig tangkah ngaku ririh, nagih pipis liu nanging tusing ada apa. Payu masi pamuputné api di setra ané mragatang.”
Lalu bagaimana jika kita diberikan kepercayaan oleh seseorang? Amanah, ya sikap inilah yang seharusnya kita terapkan ini disinggung pada cerpen berjudul “Ngalih Sampi Galang Bulan” hal tersebut bisa dilihat dari kutipan berikut:
“Makesiab Pan Kadés, bengong cara sampi mabalih DVD. Adi Madé John tusing ada nyambat, krama ané dadi pegawé masi tusing nyambat. Kéwala ané aminggu liwat makejang pegawéné cacarina pipis tekén Madé John, mirib ento ané dadi pesangon. Lakar kudiang jani rukoné ané suba kadung jujukang? Nyén lakar nyak ngontrak rukoné? Yén usahané Madé
John tusing ada, nyén lakar melali ka désané ené? Nyen jani tagihin punia sesai? Mimih dewaratu,,,utangé di bank suba kadung madugdug, Ayu Maenah masi suba kadung kreditang mobil. Pragat suba,,,”.
Diceritakan pan kades tidak amanah ketika telah diberikan kepercayaan oleh Made John, sehingga Made John merasa kecewa dan akhirnya berhenti bekerja sama dengan pan kades.
Tidak hanya pesan tersirat yang disampaikan penulis pada setiap cerpennya, pembaca juga dibuat kaget dengan plot twist cerita pendek yang dibungkus dengan rapi, pembaca tidak akan menduga bagaimana plot twist sebenarnya. Hal ini merupakan keunikan yang menarik bagi pembaca sehingga cerpen tidak terkesan monoton. Seperti pada cerpen berjudul “Kung, Kalaraning Kung” Dewa Brata tokoh utama pada cerpen ini dikisahkan ditinggal oleh kekasihnya dan menikah dengan lelaki lain. Hal tersebut membuat kehidupan Dewa Brata menjadi hancur, ia berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia tidak akan menikah selamanya. Mendengar hal tersebut, ibunya jatuh sakit dan ayahnya yang beralasan kerja di Karangasem sama sekali tidak peduli. Ayahnya pulang ke daerahnya hanya untuk mengabarkan bahwa ia akan menikah lagi secepatnya karena selingkuhannya telah hamil. Plot twist yang sangat tidak terduga adalah bahwa selingkuhan ayahnya adalah perempuan yang sangat ia cintai, Ayu Ari. Ini sempat membuat saya sebagai pembaca geleng-geleng kepala karena cerita sangat disusun rapi hingga tidak terduga.
Dibungkus dengan rapi dan polesan topik yang sangat inspiratif mengangkat cerita masyarakat Bali sehingga menggugah inspirasi dan membuat pembaca termotivasi, Selain itu pembaca diajak berpikir dengan sudut pandang berbeda tentang kehidupan masyarakat di Bali.
Tidak berhenti sampai disana, cerpen yang disajikan menggunakan sudut pandang orang
ketiga. Keuntungan menggunakan sudut pandang ketiga yaitu penulis dapat menceritakan tentang semua tokoh yang memajukan cerita.
“Majalan nyrucut ka paon I Luh Sandat bakal ngoréng krupuk dagangané. Ia jani madagang krupuk, serahanga ka warung-warung, apang ada anggon nyambung idup. Madé Agung suba tusing menjabat, kasugiané suba telah rarud ulian kalah taksu layahné tekenang Néng Jumilah..”
Kutipan tersebut ada pada cerpen berjudul “Layah”.
Tak ketinggalan, pemilihan kata dalam penulisan cerpen begitu sederhana, menggunakan bahasa Bali yang digunakan sehari-hari membuat kumpulan cerpen ini amat
mudah dimengerti bagi sebagian orang yang mungkin kurang mengerti bahasa bali, terlihat pada beberapa kutipan cerpen berikut:
“Ngudiang bengong dini Dé? Caplok wong samar dini ngoyong padidian.apa kenehang cai dini?”
“Béh,,aget bli teka mai. Tiang sedeng ruwet né bli. Unduk tatamian I Bapané ené, tanah limang are. Kudiang koné ngolah apaang nekaang asil. Apang tusing bakat adep.” “Kéné pa,,tiang mai sujatiné lakar nagih duasa lakar mlaspas ruko tiangé ané suba pragat majujuk. Aliang tiang duasa ané paling melaha pa. I pidan dugas nyumuin nyujukang ruko kadén bapa ngaliang duasa, jeg melah pesan duasané. Pajalan tiangé nyujukang ruko tusing ada nepukin pakéweh.”
Penulis pun menyematkan beberapa humor diawal cerpennya, misalnya pada kutipan berikut:
“Kudiang koné jani tanah tatamian bapané ené nah? Apang ngasilang, apang tusing telah bakat késkés.” Bengong sambil makaengan di betén punyan sotongé. Saget teka Wayan Baglur, misané ané suba liu ngelah kos-kosan. Dini ditu ngelah kos-kosan, sabilang kosné ngelah mitra. Ngelah jani lalima umah kos, maka lima misi mitrané saka besik”.
Setiap cerpennya memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga tidak terkesan monoton. Terlebih point plusnya sampul buku ini dibuat sangat menarik, digambarkan dua orang penari Bali yang saling bertatapan menggunakan pakaian adat Bali, sehingga menarik perhatian pembaca dan menjadi kebanggaan tersendiri.
Tidak hanya menjadi sebuah kebanggaan, karya sastra juga dapat menjadi buah tangan untuk anak cucu kita di generasi selanjutnya agar nilai-nilai budaya terus menjadi pegangan dalam menjalani kehidupan.
Sebagai pembaca, saya melihat kesalahan pengetikan pada judul cerpen yang perlu disoroti. Pada daftar isi tertulis judul cerpen “Sengkala ring Sekala” namun pada cerpennya tertulis “Sengakala ring Niskala” sempat membuat saya sebagai pembaca bingung. Selain itu, ada beberapa kesalahan ketik yang masih dalam kategori wajar, seperti kesalahan penggunaan tanda titik pada kutipan berikut:
“Ngudiang bengong dini Dé? Caplok wong samar dini ngoyong padidian.apa kenehang cai dini?”
Terlihat setelah tanda titik, tidak diberi spasi dan menggunakan huruf kecil.
Dari kekurangan yang ada, buku ini memiliki banyak kelebihan dan keunikan serta tentunya sangat layak dibaca oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui sastra dan kehidupan di Bali. Buku ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang tertarik untuk mengenal budaya dan sastra Bali. [T]
_____