Sayur tanpa garam itu hambar. Begitu juga hidup. Bayangkan jika di dunia ini tak ada garam, niscaya menu makanan tak akan sebanyak sekarang, dan hidup terasa bakal terasa hambar.
Untuk itu, petani garam patut diberi penghargaan sebagai penjaga asin dunia, sebagai orang yang tetap membuat hidup jadi asin dan tidak hambar. Seperti petani garam di Desa Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali.
Meski jumlahlah terus berkurang, sejumlah petani garam di Desa Les tetap bertahan. Saat ini misalnya, saat musim kemarau telah tiba. Meski kadang awan tebal dan rintik hujan datang sesekali, tapi bagi petani garam tradisional di Desa Les, pada musim inilah saat tepat untuk kembali turun ke lading garam.
Tak ada catatan pasti sejak kapan warga Desa Les menemukan cara membuat garam tradisional dengan menggunakan media tanah. Sebagai anak petani garam, saya sering membantu tahap-tahap demi tahap proses pembuatan garam di tepi pantai. Setidaknya sejak usia 15 tahun, saya tak sekadar menyaksikan bapak bekerja, bergulat dengan asin garam dan asin keringat tubuh. Saya turut berpeluh.
Masih ingat dalam sebuah obrolan dengan kakek bahwa dulu hampir seluruh lahan pesisir pantai di Desa Les adalah ladang garam. Bapak saya sekarang berumur 63 tahun. Artinya, kurang lebih 48 tahun sudah berkarir sebagai petani garam tradisional, jauh sebelum kemasan garam di dapur “diharuskan” mengandung zat yodium.
Bagi petani garam, masa musim panas adalah kebahagiaan tersendiri untuk melakukan proses yang lumayan menguras tenaga. Pekerjaan ini bahkan harus dilakukan di bawah terik matahari. Tidak ada petani garam yang bekerja di tempat teduh, atau di bawah guyuran hujan. Tidak ada. Itu pekerjaan sia-sia.
Meski garam hasil panen terkadang harus tidur lama di tempat penyimpanan akibat tak terjual dan konon kalah kelas dari garam import, namun petani garam akan terus bekerja, agar hidup tidak hambar dan peluh tetap terasa asin.
Proses membuat garam tradisional di Desa Les ini tidaklah sesederhana mencicipi rasanya yabg asin, gurih atau sedikit pahit. Di awal ketika musim hujan menghilang, empat petak segi empat harus disiram dengan air laut dan digemburkan.
Inilah prosesnya yang unik dan tradisional itu”
- Ngewayahang. Ini adalah proses untuk membuat petak tanah yang disiram agar tetap mengandung unsur zat garam dari air laut. Proses ini memakan waktu empat hari. Kalau hujan deras turun lagi, proses ini harus diulang lagi karena zat garam dari air laut sudah bercampur dengan air hujan, dan itu tidak bagus.
- Proses selanjutnya dikenal dengan istilah Menekang Tanah. Ini proses menaikkan tanah kering dari petak ke tempat yang berbentuk kerucut. Tempat yg berbentuk kerucut lazim disebut tinjung. Di dalamnya sudah dilapisi daun lontar, daun kelapa, kerikil ukuran kecil dan pasir sebagai penyaring alami antara tanah dan air laut yang nantinya akan menjadi air biang garam atau disebut “nyah”.
- Nuwunang Tanah, suatu proses membawa tanah yang dinaikkan ke bidang yang kosong untuk kemudian diisi air laut lagi.
- Setiap pagi air biang garam atau nyah akan dituangkan ke dalam bidang jemur (palungan) atau terpal khusus.
- Panen yang disebut Ngerik. Jikalau cuaca bagus dalam kurun waktu satu minggu akan panen sebanyak dua kali dengan volume garam tergantung cuaca dan luas lahan garam.
Sejatinya jadwal kerja petani garam terbagi menjadi 2 shift. Yaitu shift pagi untuk menurunkan tanah dan menggemburkan tanah dan shift sore untuk menaikan tanah serta kalau waktunya panen. Cukup melelahkan, namun di tengah maraknya import garam, petani garam tradisional ini seakan tak peduli apakah garamnya akan terbeli atau menyusut kembali.
Menjadi kenyataan setiap saat, atas dasar warisan budaya yang perlu dilestarikan, sang punya wenang akan datang membawa harapan dan bantuan, tapi tidak membantu pemasaran. Dunia tanpa garam adalah dunia yang hambar seperti sayuran. Tapi bagi petani garam, setiap saat hidupnya terasa hambar, karena hasil garam petani tradisional ini harus mencari pasar sendiri-sendiri. Tapi, lagi-lagi tapi, petani garam tetap saja menjaga rasa asin itu meski hidupnya terasa hambar.
Dan ini paradoks. Garam di Desa Les selalu dipuji-puji sebagai garam terbaik di dunia, terutama oleh para pembuat konten edukasi di media sosial, tapi tetap saja yang dapat untung adalah pihak impor garam. [T]