Pelukis I Ketut Suasana (42) yang akrab disapa “Kabul” menggelar pameran tuggal di Puri Anom Jl. Gunung Agung 5 Dajan Peken, Tabanan bertajuk Solo Painting Exhibition – LINE DANCE dengan menampilkan belasan lukisan figuratif yang mempesona. Pameran dibuka pada hari Minggu (9/2/2020) dan berlangsung selama sebulan. Tulisan ini adalah catatan kuratorial:
______
GARIS adalah elemen yang esensial dalam sebuah karya visual dwimatra. Garis , matra dasar yang terkontruksi dari titik yang saling terhubung. Ia adalah muasal , ia adalah guratan pertama pembentuk segala imaji yang menubuh menjadi rupa . Garis adalah titik berangkat menuju penuangan gagasan – gagasan seniman dalam menghadirkan karyanya. Garis dengan segala karakteristiknya terkadang dapat menjadi ungkapan dari apa yang ada di dalam ruang ruang batin seniman. Garis juga adalah jejak dari diri seniman dalam karyanya.
I Ketut Suasana atau yang akrab disapa Kabul; menghadirkan karya karya lukis dengan menghadirkan eksplorasi garis yang dominan. Secara visual tampak bahwa Kabul memperlakukan garis sebagai elemen yang penting dalam karya – karyanya. Melalui permainan dan eksplorasi garisnya Kabul seperti sedang menari nari dalam panggung kanvasnya. Tarian garis itu membentuk dunianya sendiri. Dunia gagasan yang sedang Ia tuangkan melalui garis. Pada tataran ini kita melihat persoalan irama, kita melihat persoalan komposisi kita melihat persoalan garis itu sendiri.
Garis garis dalam karya Kabul berirama dan berkonfigurasi mengkontruksi berbagai bentuk seperti pohon, lebah dan lain sebagainya. Lebah dan pohon adalah dua objek yang kerap muncul dalam karya karya Kabul. Kehadiran objek ini selain menjadi titik berangkat Kabul dalam mengeksplorasi garisnya juga merupakan cara Kabul dalam memenuhi kebutuhan gagasan untuk menghadirkan pernyataan – pernyataan di luar persoalan kebentukan itu sendiri.
Lebah dan pohon. Dua objek ini mengandung muatan semiotik tertentu tertentu dalam pandangan Kabul. Khususnmya lebah yang merupakan objek yang khusuk dieksplorasi oleh perupa muda ini. Lebah adalah sebuah objek yang secara denotatif merupakan serangga dengan sengatan yang menyakitkan namun menghasilkan madu yang manis.
Secara konotatif Kabul melihat lebah adalah simbol dualitas yang selalu ada di alam semesta karena dalam tubuh lebah terdapat zat yang bisa memproduksi madu sekaligus racun melalui sengatan sengatanya .Madu yang dihasilkan lebah sangat berguna untuk kesehatan, tapi disatu sisi jika lebah merasa terancam dan terusik ia bisa menyengat dan sengatan tersebut mengandung racun yang bisa membuat korban yang disengatnya menjadi bengkak. Begitu pula alam bagi Kabul, alam bisa sangat bersahabat dengan manusia, member pangan dan kehidupan namun disatu sisi jika kita merusak alam maka alam bisa member kita bencana yang menghancurkan .
Kebutuhan Kabul dalam menghadirkan garis dalam karyanya beranyam antara kebutuhan visual dan artistik dengan kebutuhan membangun pernyataan. Garis – garis Kabul menari secara luwes diantara dua pilihan kreativitas tersebut. garis garis Kabul menari nari seirama dengan gagasanya yang tertarik pada persoalan alam. Lihatlah pada sebagian besar karya – karyanya kita akan melihat bagaimana Kabul menarasikan alam.
Pada karya yang berjudul Back To Nature #1 dan #2 kita menyimak bagaimana Kabul mencoba menarasikan alam ditengah kehidupan yang semakin mengarah pada kehidupan yang serba industrial. Gedung gedung beton yang dilukis secara siluet dan terlihat kaku dan statis dikontraskan dengan pohon pohon dan lebah yang dilukis dengan garis garis yang dinamis. Dari judul dan pilihan objek tersebut kita dapat menangkap pernyataan apa yang hendak dibangun Kabul melalui dua karya ini. Pernyataan tentang pentingnya kesadaran ekologis di tengah tengah kehidupan yang serba industrial yang terkadang tanpa sadar kita telah menjadi bagian dari proses perusakan dan eksplorasi alam secara berlebih.
Pada karya – karyanya yang lain, alam tetap menjadi subject mater dalam karya Kabul, namun bukan dalam rangka membangun pernyataan yang kontekstual terhadap isu isu tentang persoalan alam di luar konteks artistik. Lihat misalnya dalam Spirit Of Montain #1 dan #2, Jatiluwih #1, #2, dan #3 , Gunung Emas. Sangat terlihat bagaimana ketertarikan Kabul menghadirkan objek objek seperti gunung, dan hamparan sawah Jatiluwih dan repetisi objek lebah dalam rangka menghadirkan eksplorasi – eksplorasi artistik. Persoalan persoalan seperti komposisi, ruang, konfigurasi, irama tampak lebih dominan dalam karya – karya ini ketimbang persoalan konteks diluar persoalan visual. Perhatian kita akan lebih tertuju pada persoalan persoalan artistik itu.
Demikianlah sekelumit pembacaan saya atas apa yang ditampilkan Kabul melalui karya – karyanya dalam pameran tunggalnya kali ini. Kabul adalah perupa muda yang khusuk tertarik pada eksplorasi terhadap tema tema alam dalam karyanya yang ia tuangkan dalam garis,dalam pilihan pilihan objeknya. tarian garis Kabul adalah tarianya tentang alam. Gagasanya bergulat pada dua hal menghadirkan muatan muatan simbolik dan menampilkan eksplorasi artistik. Garis – garis Kabul, menari dalam dua wilayah itu. [T] [*]