Naskleng! Salah satu umpatan khas Bali yang pada pementasan kali ini mampu mencuri perhatian dan menuai pujian.
Pementasan oleh Teater Kampus Seribu Jendela dalam rangka Hari Teater Dunia (HATEDU) yang di selenggarakan di Solo pada tanggal 26 Maret 2022 membawakan naskah “Jero Ketut, Tom Jerry dan Kisah Seumpamanya karya Manik Sukadana. Pementasan ini merupakan suatu tantangan bagi kami, terutama saya sendiri.
Naskah ini mengisahkan kelicikan manusia yang mampu saling menyakiti antar keluarga dengan latar tempat Kintamani, Bali. Cerita ini dikemas sangat kental dengan dialek, budaya dan tradisi Bali. Semenjak latihan kami sudah memperhitungkan betul bagaimana pementasan ini bisa dimengerti dengan mengganti beberapa istilah Bali ke bahasa Indonesia dan juga simbol-simbol yang kami harapkan dapat lebih sampai kepada para penonton di Solo.
Dalam pentas kali ini yang di sutradarai oleh Dian Ayu, saya mendapat peran sebagai seorang nenek, peran yang sudah ketiga kalinya saya dapatkan, namun saya tidak pernah merasa bosan dan justru saya merasa telah menyatu dengan peran sebagai seorang nenek ini.
Pementasan kali ini dapat saya katakan cukup melelahkan karena kami semua tidak hanya memainkan satu peran saja. Selain beradu dialog, kami juga menggunakan tubuh untuk menggambarkan suatu adegan ini. Ini adalah pertama kalinya saya mementaskan teater dengan banyak gerakan tubuh.
Dalam proses latihan, segala perasaan sudah pernah saya rasakan, mulai dari khawatir, canggung, takut, panik, kaget, hingga serendipity. Bagaimana saya tidak khawatir, dalam ajang yang bergengsi ini, kami hanya memiliki waktu untuk berproses selama kurang lebih 3 minggu. Karena waktu latihan yang singkat, maka durasi latihan kami perpanjang. Beberapa kali latihan, kami bahkan puntang-panting sampai dini hari, bahkan hingga pukul 3 pagi.
Dalam persiapan pentas kali ini, jujur saya merasa minder dengan para pemain lain yang sudah senior dan sudah pernah melakukan pementasan teater yang banyak menggunakan gerak tubuh. Karena bagi saya yang sangat awam dengan teater yang dominan menggunakan tubuh, dan juga waktu yang mepet, benar benar membuat saya jatuh bangun untuk beradaptasi.
Banyak pelajaran yang saya dapatkan dalam latihan kali ini. Hal baru dan menarik yang sangat berguna bagi saya ke depannya adalah “pentingnya mengatur nafas,” tidak hanya untuk memulihkan tenaga saja, hal ini dapat membuat saya lebih tenang sehingga terhindar dari blank atau lupa dialog dan nervous saat pementasan berlangsung.
Perjalanan kami laksanakan tanggal 25 Maret siang ke kota Solo, kota yang untuk ke dua kalinya saya kunjungi, kota yang cukup ramai dan kental dengan budaya. Kami berangkat menggunakan bus umum selama 16 jam perjalanan yang memang melelahkan.
Pementasan kami laksanakan pada malam hari. Segala rasa penat dalam proses latihan dan lelahnya perjalanan di bayar lunas pada malam itu. Malam yang saya tunggu-tunggu di mana saya untuk kedua kalinya pentas dengan membawa nama Bali ke luar kota. Pementasan dilaksanakan di sebuah pendopo. Penonton berdesakan namun tetap dalam keheningan dari depan, kiri dan kanan panggung membuat saya merasa sedikit gugup.
Hingga akhirnya segala rasa itu sirna tanpa sisa ketika berakhirnya pementasan dan terdengar sorakan penonton yang begitu antusias memberi apresiasi terhadap pementasan kami. Setelahnya banyak apresiasi dari panitia, maupun penggiat teater yang hadir karena kami berani menggunakan beberapa ciri khas Bali pada pementasan kali ini, ya salah satunya umpatan Naskleng!!!
Pengalaman yang sangat menarik bagi saya, bisa berbagi cerita dengan orang-orang yang menekuni teater dari kota lain. Ramahnya panitia dalam kegiatan tersebut membuat saya nyaman ketika berada di kota orang. Rasa bangga tak terkira terasa dalam dada ketika para panitia menyapa kami dan sapaan yang paling saya suka adalah “wah ini yang dari Bali ya?”.
Ternyata, budaya dan segala ciri khas tentang Bali menjadi daya tarik tersendiri yang mendekatkan kami dengan teman-teman di Solo. [T]