Seberapa penting tubuh dalam seni pantomim? Apa peranan tubuh kita? dan perlukah kita mengenali tubuh kita, sebagai alat komunikasi, sikap terhadap suatu keadaan, bahkan sebagai tanda peristiwa pada tiap zaman? Lalu, apakah pembaca tahu siapa Bapak Pantomim modern dunia?
Pantomim atau mime adalah seni pertunjukan paling kuno di dunia dan sampai sekarang tetap menarik orang dengan cara yang sangat mendalam dan intuitif. Mengapa? Dalam penggambaran emosi, pemikiran, dan pengalaman tubuh, pantomim melampaui batasan budaya karena didasarkan pada ekspresi, dan bukan pada penampilan semata. Mime adalah bahasa kontak langsung.
Tulisan ini akan mengupas mengenai Bapak Pantomim Modern dunia. Dan, saya kira belum banyak yang mengetahuinya. Maka dari itu, melalui tulisan ini, saya ingin mengulas hal tersebut. Jadi, siapa Bapak Pantomim Modern?
Yap! Dia bernama Etienne Decroux. Beliau lahir pada 19 Juli 1898. Bapak dari Pantomim Modern ini dikenal dengan metodenya bernama Mime Murni, yang kini lebih dikenal dengan Mime Corporal.
Etienne Decroux, yang merupakan murid dari Jaques Copeau, juga bekerja di teater sebagai aktor bersama Charles Dullin, Louis Jouvet, Gaston Baty, Antonin Artaud, dan—di sinema—bersama Marcel Carné dan Jacques Prévert. Dia memulai pelatihannya sebagai aktor di Sekolah Vieux Colombier, milik Jacques Copeau.
Selama belajar teater di Vieux Colombier pada tahun 1923, di sekolah Jacques Copeau, ia memiliki intuisi seni tubuh seorang aktor. Selama tiga puluhan tahun ia mengembangkan proyek hidupnya di sekitar penelitian tentang penciptaan pantomim tubuh yang dramatis, yang disebut Corporal Mime.
Tujuan dari Mime Corporal yang dramatis ini adalah untuk memperkenalkan teater ke dalam tubuh. Mime Corporal diterapkan pada gerakan fisik, prinsip-prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang berada di jantung dan jiwa teater, terdiri dari: jeda, ragu-ragu, tarikan, berat/beban, perlawanan, kejutan dan emosi. Mime Corporal yang dramatis ingin mewakili yang tidak terlihat seperti: imaji, emosi, kecenderungan, keraguan, dan pikiran.
Ketika Vieux Columbier ditutup pada tahun 1927, Decroux mengajar di Charles Dullin’s Atelier. Saat itu, Jean Louis Barrault datang ke sekolah dan keduanya bekerja sama selama dua tahun dan menghasilkan potongan-potongan tubuh yang dramatis (Mime Corporal). Étienne Decroux adalah seorang guru dari Marcel Marceau, Alejandro Jodorowsky, Jean Louis Barrault, Thomas Leabhart, Steven Wasson, Anne Dennis, Tere Mendez, Frederik Vanmelle, Ángel Elizondo, Roberto Escobar, dan Igón Lerchundi, di antara banyak lainnya.
Dia kembali dari Amerika Serikat ke Paris pada tahun 1962, membuka sekolah di Boulogne Billancourt, tempat dia mengajar hingga kematiannya pada 12 Maret 1991. Ratusan siswa melewati sekolahnya, dan generasi baru yang belajar seni tubuh melanjutkan penelitian, juga pemikirannya hingga hari ini.
Dia mendedikasikan bagian kedua hidupnya untuk penciptaan teater yang mengambil aktor sebagai pusat proses penciptaan, dan menganggap tubuh aktor sebagai instrumen utama. Dia menciptakan banyak karya, menyelidiki ekspresi tubuh selama bertahun-tahun, dan memberikan kelas di sekolah L’Atelier di Paris, Teatro Piccolo di Milan, dan Studio Aktor di New York.
Selain itu, ia mengarahkan perusahaannya sendiri dan melakukan tur ke Italia, Swiss, Belgia, Belanda, Swedia, Inggris Raya, dan Israel. Karyanya, serta kontribusinya pada pengetahuan teater membuatnya mendapatkan pengakuan dunia. Namanya sebagai figur berada di antara master besar, seperti Meyerhold, Stanislavsky, Grotowski, dan Jaques Lecoq.
Bentuk seni Etienne Decroux yang dibuat selama bertahun-tahun benar-benar berbeda dari pantomim tradisional/klasik. Dia tidak hanya mengembangkan seni kesunyian, tetapi seni sejati dari gerakan tubuh dramatis yang dikenal Mime Corporal. Itu adalah metodelogi yang saat ini masih diterapkan oleh seniman pantomim dan seni ketubuhan di seluruh dunia.
Dalam perjalanan penelitian dan keaktoran, ia menciptakan karya monumental yang mendunia, dengan metode Mime Corporalnya. Dan, sekitar tahun 1978, dalam sebuah kelas, Decroux pernah berkata sebagai berikut:
“Seseorang harus hidup, seseorang harus menderita, dan seseorang harus berjuang sebelum mengekspresikan dirinya sendiri secara artistik. Seseorang harus memiliki sesuatu untuk dikatakan. Seni pertama-tama adalah keluhan. Seseorang yang senang dengan hal-hal sebagaimana adanya tidak memiliki urusan berada di atas panggung.” [T]