Kebanyakan orang jika mendengar kata ngayah lebih diidentikan dengan kata gotong royong. Namun, bagi saya kata ngayah tidaklah sesederhana itu tetapi lebih pada tindakan yang berkaitan dengan kegiatan sosial yang dilandasi oleh hubungan manusia dengan Tuhan-nya.
Ngayahberasal dari kata ayah (Bahasa Bali) artinya pelayanan (sewanam). Ngayah merupakan sebuah tindakan pelayanan tanpa mengharapkan hasil atau upah, namun lebih menekankan pada sebuah pengabdian kepada Sang Pencipta yang didasari sikap tanpa pamrih serta tulus iklas.
Beberapa kata yang hampir sama mewakili kata ngayah seperti kata “ayah, ayahan, pengayah, ngayahang” Ngopin, ngoopin atau nguopin,semua kata tersebut memiliki arti yang hampir mirip namun berbeda dalam konteks penggunaannya. Misalnya kata pengayahdapat diartikan sebagai orang yang bertugas melayani atau mengabdikan diri tanpa meminta imbalan apapun dan mendedikasikan diri sepenuhnya kehadapan sang pencipta.
Sedangkan kata ngopin lebih kepada kegiatan saling membantu sesama kerabat yang memiliki pekerjaan seperti hajatan upacara atau kegiatan-kegiatan upacara. Ngopinatau istilah lainya menyamebrayabiasanya dilakukan orang Bali dalam ikut membantu membuat persiapan upakara seperti banten, jajan dilakukan oleh ibu-ibunya sedangkan perlengkapan lain seperti makanan berupa lawar, memotong hewan dan sebagainya dilakukan oleh kaum laki-lakinya. Intinya orang ngopin tidak terikat oleh upah apapun namun didasari pada rasa persaudaran dan kekeluaragaan.
Ngayahdalam pandangan sosial merupakan tindakan kumulatif bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Ngayah didasari atas solidaritas bersama untuk bersama-bersama menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan biaya demi mewujudkan sebuah tujuan yang dilandasi akan kepercayaan akan kekuasaan Hyang Widhi.
Di Bali ngayah lebih dikenal pada saat upacara-upacara besar yang delenggarakan oleh Desa Pakraman atau Krama Desa. Seperti misalnya pelaksanaan Piodalan di Pura Kahyangan Tiga, krama desa wajib dikenakan peturunan (iuran) yang besarannya sudah ditentukan dalam awig-awig serta mereka juga wajib ngayah membuat persiapan segala bentuk upakara dan persiapan odalan sampai selesai.
Dalam pembagian tugas telah terbagi menjadi bagian-bagian sesuai dengan jenis pekerjaannya seperti bagi laki-laki membuat persiapan beruapa alat-alat yang terbuat dari bambu, menghias dan pekerjaan-pekerjaan lainya, sedangkan perempuan membuat banten dan segala persiapan untuk menyukseskan piodalan tersebut.
Lantas bagiamana dengan generasi muda mereka biasanya ikut dalam kegiatan ngias, bersih-bersih dan beberapa yang perempuan muda juga ikut membuat banten. Demikian pembagian tugas tersebut dilakukan secara turun-temurun secara rapi dan tanpa ada harapan imbalan apapun.
Lantas setelah mereka melakukan kegiatan ngayah, apa yang mereka dapatkan? Tentu tidak bisa dijawab hal-hal material namun, kepuasaanlah yang menjadi jawabannya. Kepuasaan tersebut dilandasi akan tanggung jawab sebagai generasi penerus, tanggung jawab sebagai mahluk ciptaanya.
Jika masih ragu untuk ngayah, cobalah setiap ada piodalan, atau acara adat lainnya luangkan waktu untuk ngayah maka banyak hal yang dapat ditemukan seperti rasa kebersamaan, rasa memiliki dan yang terpenting adalah rasa mencintai dan mengagumi tradisi yang sudah diwariskan oleh leluhur orang Bali. [T]