— Catatan Harian Sugi Lanus 5 Maret 2017
MENGAKU orang Bali?
Masihkah kualitas kehidupan orang Bali bermutu?
Persoalan kualitas kehidupan manusia dan dan ‘kadar kebalian’ kita, bisa kita takar dengan salah satunya jujur menjawab berapa banyak kita paham ungkapan dan seberapa sering kita memakai ‘bladbadan’ di bawah ini:
– Macarang nyuh (papah-ngepah)
– Madamar di langit (bulan-bulanan-bulanan)
– Medon jaka (ron- makaronan, makurenan)
– Togog kretain (kusir-usir)
– Macermen jawa (anggur-nganggur)
– Mabuaya di tegal (alu-nglalu)
– Masarin tanah (buk-ibuk)
– Matalin radio (antenna-nganten)
– Medon klentang (kelor-lelor)
– Masaung pleting (tundak-tundak-tundik)
– Odak susu (buat-buatang)
– Nelung dasa lima (pasasur-ngangsur)
– Kubur Bali (sema-semaya)
– Makunyit di alas (temu-matemu)
– Madasar meka (rasa-rasain)
– Melalawar gerang (sager-menyanggerang)
– Mesok gedenan (bodang-ngodag-ngodag)
– Majaring bukal (tepis-nepis)
– Mablauk ngindang (capung-ngapung)
– Makutun lambang (seksek-ngaseksek)
– Matalin kendang (jangat-jengat)
– Matulang nyuh (kau-tau)
– Maraab umah (genteng – genting)
– Maraab umah (lalang-alangan)
– Muwat pandan (bagu-ngagu)
– Mabukun tiing (lawas-lawas=lama)
– Matabia cenik ( tabia krinyi-krinyi)
– Mauwat gedebong (otot-ngotot)
– Matelu patpat (pitu-mapitungan)
– Mauled jaka (ancruk-nguncrukang)
– Matapis jaka ( duk-duk=tatkala)
– Matembok di abian (pagehan-pageh)
– Matulang api (areng-bareng)
– Matalin prau (panyangcangan-cangcanga)
– Matuwak tape (berem-ngerem)
– Matumbak adegan (sunduk-unduk)
– Matumbak kamben (jaum-majauman)
– Matanah jalikan (aon-kaon)
– Matumbak lesung (lu, nglalu, nglulu)
– Matekep kuskusan ( kekeb-mengkeb)
– Matembok di carik (pundukan-unduk)
– Megambar bumi (peta-mapeta)
– Masuunan payuk (lekeh-nglekeh)
– Macarang uga ( sambilan-masambilan)
– Majeron Pura ( pura-ampura)
– Masepat kayu (garisan-rarisang)
– Mataluh nyuh (tombong-sombong)
– Majoan pancing (pales-males)
– Masiap alas (keker-ceker-ceker)
– Mabais bebek (gempel-ngempelin)
– Mapanak udang (katetes-ketes)
– Maboreh tangkah (buat-buatang)
– Mamunyin siap (makruyuk-ngruyukang)
– Mabuah wayah (jebug-jebug)
– Makutun kamben (tuma-tuman)
– Makranjang bebek (gaangan-magaang)
– Mabunga layu (mayang –sayang)
– Mapatin kadutan (danganan-dangan=gampang)
– Makalung sampi (kroncong-ngrocong)
– Mabuah kelor (klentang-klentangin)
– Majaum jaring (pangecoban-nyoba)
– Mainan blauk (capung-ngapung)
– Maadin kuud (klungah-jengah)
– Madakin Kuping (tilu-ilu=dahulu)
– Madamar bangke (angenan-mapangenan)
– Madamar di carik (kunang-kunang-matunangan)
– Madasar nasi (entip-ngintip)
– Maberuk tanah (caratan-manyaratang)
– Mawayang gadang (kresna-tresna)
– Mabaju tan palima (kutang-kutang)
– Mabungan buah (bangsah-blangsah)
– Mabawang putih (kesuna-misuna)
– Madanyuh biu (kraras-raras)
– Jaja uli-magula (abug-jebuh)
– Blulang maukir (wayang-sayang)
– Ental magulung (subeng-nyebeng)
– Gedebong tuh (kupas-upas)
– Panak cicing (kuluk-nguluk-nguluk)
– Prau gede (kapal-apal)
– Lelintah gunung (pacet-macet)
– Lelawah gedenan (bukal-ngakal)
– Tali papah (guntung-untung)
– Umah sampi (kandang-ngandang-andang)
– Gunting buah (caket-raket)
– Arjuna durian (tualen-ngelen-ngelen)
– Sibuh gedah (lumur-umur)
– Bubuh sagu (ongol-ongol-nyengongolang)
– Kertas batu (paras-raras)
Sekarang akan diurai kisi-kisi mengurainya:
– masampian pesel
Arti sejati: lis
Arti paribasa: gelisin
– matekep botol
Arti sujati: sengseng
Arti paribasa: nyrengseng
– maketel tanah
Arti sujati: caratan
Arti paribasa: manyaratang
Apa relevansinya bercermin ‘kadar kebalian’ kita dengan membaca dan melakukan rechecking ingatan dan pemahaman kita lewat ‘bladbadan’?
1. ‘Badbadan’ adalah urusan kemampuan berbahasa Bali kita. Bali-kah kita jika kehilangan kedalaman berbahasa Bali?
2. ‘Bladbadan’ terkait dengan pemahaman lingkungan, pengetahuan, konsepsi berpikir dan keterampilan bertahan hidup manusia Bali.
Tentang poin nomor 2 ini begini sekiranya penjelasannya:
Coba kembali baca ‘bladbadan’ di atas. Apa saja ‘khasanah ilmu’ yang terungkap? Apa saja yang telah susut dan menurun kualitasnya dalam kehidupan manusia Bali?
Daftar ‘bladbadan’ di atas menyangkut persoalan dan topik pertanian, seperti ‘nyuh’ (papah-ngepah), ‘damar langit’ (bulan-pedoman menghitung kalender Bali), ‘jaka’ (ron dan tuak serta sumber gula), ‘sarin tanah’, ‘kelor’ dan ‘temu’ (khasanah tumbuhan dan pangan lainnya), ‘pasasur’ (berhitung cara Bali), ‘bodang’ (jenis anyaman), ‘tepis’ (jaring penangkap ‘bukal’ jenis kelelawar sumber pangan dan skill bertahan hidup), ‘bukal’, ‘blauk’ dll (khasanah fauna dan habitat binatang di dunia petani dan orang desa), dan seterusnya.
Masihkah kita faham semesta yang dirujuk kata-kata dalam ‘bladbadan di atas itu?
Jangankan skill mengulat ‘tepis’ dan ‘nyaring bukal’ bahkan ‘bubur sagu’ (ongol-ongol) kita sulit kita cari sekarang di Bali. Artinya, bercermin dari ungkapan-ungkapan di atas, bukan hanya kadar kebahasaan kita yang melemah dan susut, kadar kebalian dan kualitas kehidupan manusia Bali pun bisa kita takar dan uji dengan membaca ‘bladbadan’ di atas.
Kualitas-kualitas kehidupan manusia Bali banyak tersembunyi dalam ‘bladbadan’ dan berbagai ‘paribasa’ kita. Diperlukan uluran tangan kita untuk menahan dan merawat generasi kedepan agar tidak ‘majempong bebek’ dan tidak ‘metanah jalikan’ semangatnya merengkuh kedalaman ‘kebalian’ mereka masing-masing.
*Kebalian = kualitas hidup dan pemahaman konsepsi kehidupan orang Bali. (T)