Aku hanya Mapala, Mahasiswa Pecinta Alam — organisasi yang jarang diminati oleh mahasiswa atau pemuda pada hari ini dan sebelumnya, mungkin sesudahnya. Hari ini, atau nanti, kebanyakan dari mereka lebih memilih bergabung Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) atau Senat Mahasiswa, misalnya untuk tujuan mengejar sertifikat, demi memenuhi syarat agar lulus dari kampus.
Atau, ada mahasiswa yang sama sekali tidak mengikuti organisasi mahasiswa apa pun, dan memilih sing rungu-rungu, cuek dan apatis.
“Hanya ada dua pilihan, menjadi apatis atau mengikuti arus. Tetapi aku memilih untuk menjadi Manusia Merdeka”. Begitu kata Soe Hok Gie. Dan Mapala, sebagaimana diikuti oleh Soe Hok Gie semasa kuliah, tampaknya bisa menjadikan manusia merdeka.
Mapala memiliki sejarah yang panjang, ketika orde lama, di mana kebanyakan organisasi mahasiswa saat itu banyak ditunggangi politik kekuasaan. Mereka berebut kekuasaan, dan malah memihak dan menjilati oligarchy.
Soe Hok Gie pentolan pendiri Mapala yang tidak suka, anti terhadap politik yang tidak sehat memilih mendirikan organisasi yang merdeka, berkegiatan di alam, melakukan pemutaran film dan sesekali memukul pemerintahan, dengan cara mengkritik dan berdemo.
Mapala bukan berarti apatis terhadap segala kebijakan kampus dan pemerintah, Mapala memilih merdeka, berdikari berdiri di atas kaki sendiri dan independent. Tidak mudah dikendalikan oleh kekuasaan yang ingin menungganginya. Mapala memiliki napas perjuangan untuk menjaga idealismenya.
Meski banyak dari teman-teman Soe Hok Gie yang menjual idealismenya demi duduk di meja pemerintahan Gie tetap dengan pendiriannya bersama orang-orang bernasib malang.
Aku bangga menjadi Mapala, bagian dari napas perjuangan. Mahasiswa yang memiliki idealisme, intelektual, dan daya kritis, untuk aktivisme dan menuju nasionalisme. Pe(cinta), mencintai diri sendiri, mencintai kemanusian dan lingkungan hidup. Alam, alam manusia, alam binatang, alam semesta dan isinya.
Peran Mapala sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem, ekologi dan keanekaragaman hayati. Semoga pandanganku benar, Mapala bukan soal naik gunung, panjat tebing dan mabuk mabukan, Mapala memiliki keberanian untuk menyampaikan keadilan.
Mungkin kegelisahanku hari ini mirip dengan kegelisahan Soe Hok Gie ketika aku hidup dalam lingkungan di kampus. Hari ini aku merasakan organisasi mahasiswa, seperti Senat, BEM, dan badan-badan penting seolah lebih “mendengarkan” pihak pejabat kampus, dibandingkan mendengarkan ormawa-ormawa di bawahnya, padahal BEM sudah dianggap sebagai penyalur aspirasi ormawa dan tentu saja mahasiswa.
BEM, jika tak menyerap aspirasi ormawa, ia bisa jadi benar-benar sebagai lembaga kekuasaan dan bukan lagi perwakilan dari ormawa-ormawa, bukan lagi yang berada di dekat mahasiswa, bukan juga sebagai mahasiswa yang mengkritisi kebijakan di kampus. Jika pun ada kebijakan yang tak disetujui, justru lebih memilih berbicara menggunakan “bahasa proposal” dibandingakan menggunakan “bahasa perlawanan”.
Misalnya, pada situasi yang kerap terjadi, terkadang mahasiswa merasa “diperdaya” pihak kampus dan mau-mau saja karena takut nilai jelek dan dicap pemberontak. Bayar ini bayar itu saat kampus menyelenggarakan acara dengan diimingi sertifikat berlogokan “sertifikat wajib”, acaranya lawakan pula, tak ada lagi acara yang membentuk idealisme mahasiswa dan ketajaman daya kritis. Pada situasi semacam itulah sesungguhnya BEM ada, dan hadir di tengah mahasiswa.
Aku rasa Mapala mampu menyadarkan mereka yang terbutakan, menyadarkan mereka yang gila jabatan, menyadarkan untuk kembali menjadi mahasiswa yang mempedulikan kemanusian, lingkungan, dan mengeroyok ramai-ramai ketidakadilan. Bukan sekedar berbicara tentang kampus saja, tapi bagaimana kampus menjadi wadah untuk mendiskusikan hal-hal di luar kampus. Mendiskusikan rakyat yang dirampas haknya, mendiskusikan rakyat yang digusur rumahnya dan banyak hal persoalan lainnya.
“Aku bukan BEM, Senat ataupun badan badan yang penting di kampus, Aku Mapala yang lebih berbahaya,” ucapku dalam batin dan berharap Mapala tetap menjadi organisasi yang tak hanya berkegiatan di alam ataupun menjadi saksi bisu atas penindasan dan ketidakadilan. Aku ingin Mapala menjadi pemberontak ketiranian. [T]