- Judul Buku : Sepanjang Jalan Kesedihan
- Penulis : Hadiwinata
- Penerbit : Penerbit Kabisat
- Cetakan I, Oktober 2020
Penderitaan adalah hal-hal yang melekat dan dilekatkan pada diri. Semisal identitas dan kewajiban. Identitas sebagai tulang punggung keluarga, identitas pekerja pabrik, atau kewajiban meninggalkan rumah demi upah kerap menjadi dilema. Bila diri rela berpusar terus pada hal itu, maka kesedihan sangatlah panjang. Liz Greene seorang astrolog menyebutkan bahwa manusia kerap mengejar penderitaan yang manipulatif. Kehadiran Hadiwinata telah memaknai bentuk penderitaan tersebut sebagai sebuah kesadaran agar tehindari bentuk-bentuk manipulatif.
Membaca antologi puisi Sepanjang Jalan Kesedihan yang diluncukan Penerbit Kabisat ini, menceritakan tentang persimpangan antara perjuangan, kegigihan, dan kemelekatan terhadap kewajiban sebagai buruh pabrik. Hadiwinata saat luang waktu kerjanya di pabrik sebagai seorang akuntan, nampak tergugah batinnya membidik kegetiran pekerja yang membawa plywood, ada pula peluh dari buruh wanita, dan kepincangan kebijakan mandor pabrik. Seperti yang diungkapkan N.H Klienbaum we don’t read and write poetry because it’s cute. We read and write poetry because we are members of the human race. And the human race filled with passion. Dengan hasrat puisi itulah, maka kelahiran Sepanjang Jalan Kesedihan akan mampu menggiring pembacanya pada sebuah kesadaran kemanusiaan.
Membidik Pristiwa Psikis
Kecemasan-kecemasan kaum proletar ini disajikan dalam bentuk puisi dengan diksi yang bersahaja. Puisi-puisi ini tidak memaksa kita untuk menentang, protes, beraksi anarkis, atau hal-hal pergerakan lainnya. Puisi ini santun menyelami peristiwa psikis. Seperti puisi Hikayat Selepas Pembagian Upah Kerja (hal.50)
nasmirah, kau terduduk lemas di tepi kantor kilang ini di bawah
langit malam yang kelam
di bawah pepohonan falcata yang berbaju kesedihan seraya
menatap uang 900 ringgit di genggaman
di belakang kita
para pekerja masih menunggu nama
mereka untuk dipanggil untuk
dibagikan upah bekerja
dalam kepalamu kenangan
berputar ke hari-hari lampau
Kedalaman puisi ini terletak pada kekuatan penulis memilih peristiwa. Membidik detak yang bisa dipetak-petakan menjadi cerita. Gaya penuturan Hadi tidak menuntut kita untuk mengerutkan dahi, melainkan menuntun kita menyadari arti penderitaan pada ruang kantor kilang, pohon falcata, dan ringgit. Sering kita pikir bahwa bekerja adalah uang sedangkan Yuval Noah Harari mengartikan bahwa uang bukan suatu realitas material melainkan sebuah konstruksi psikologis.
Apa yang bisa diharapkan dari menjalani rutinitas yang menjemukan? Apa yang bisa diperjuangkan saat bulir keringat tak setara upah? Tentu akan menyulut trauma-trauma saat kindo dan kama (ayah dan ibu dalam bahasa Mandar) gigih menjalani kewajibannya.
kau melihat kindo2mu memeras keringat
di bawah matahari menjual kue dan arang kayu
yang ia buat bersama adik-adikmu
juga singkong, sayur-mayur,
dan sesekali koral, bebatuan yang ia pungut dari
bukit di tepian kampung
o, nasmirah, lihatlah
airmata berjatuhan di cekung pipimu kau
melihat kama3mu yang tiada henti
memegang kemudi motor yang dijadikan bentor
Pembubuhan kindo, kama, dan bentor mampu menyejukan kepenatan peristiwa. Unsur-unsur lokalitas muncul beberapa kali pada antologi ini. Hadi sangat cermat mencatat hal-hal psikis yang terjadi disekitarnya lalu digubah dalam rima yang tepat. Tidak hanya itu, pengalaman perempuan dalam dunia buruh hadir secara estetis pada puisi Pekerja Perempuan (hal.27).
di tanah ini perempuan
bekerja serupa lelaki dari hari ke hari
yang dimulai sejak terbit matahari sampai ia
telah jauh meninggalkan pergi
seperti perempuan sulawesi itu yang
datang ke tanah ini
hanya untuk mengangkat
dan menyeleksi beribu plywood dan
menerima upah yang terkadang tak
sampai 1000 ringgit
hingga demam hampir tiap hari melanda
seluruh tubuh begitu kencang, keram
sakit di malam hari bahkan telat
menstruasi
Puisi ini bisa sebagai unggulan sebab penyuguhan kata plywood dan menstruasi tepat menggambarkan paradoks yang terjadi. Pada puisi ini, pembaca akan merasakan bahwa perempuan diberikan beban yang sama seperti laki-laki. Persamaan ini juga mampu merepresentasikan ketangguhan perempuan, bahkan saat tubuhnya terkoyak menstruasi. Biasanya dalam puisi, perempuan dihadirkan dalam bagian keindahan, berbanding terbalik pada puisi ini. Perempuan hadir dalam fitur-fitur tipografi tanah, hutan, dan plywood. Sejalan dengan pendapat Helen Cresse, bahwa wujud perempuan dan dunia alaminya merupakan elemen dari renungan. Sepanjang Jalan Kesedihan merupakan sebuah renungan atas hal-hal historis perempuan buruh.
Konstruksi Pergolakan Batin
Pergolakan batin, melahirkan tema-tema yang sublim dan intim. Tidak seperti puisi bertema sosial lainnya yang menuntun kita turun ke jalan. Puisi ini lebih padam dalam gelap kesedihan. Namun di saat yang bersamaan juga, puisi ini mendekatkan pembacanya dengan harapan bahwa penerimaan terhadap kenyataan merupakan jalan hidup. Mereka melihat sebuah realita bukan untuk melarikan diri ataupun menyerah. Penggambaran tokoh-tokoh yang dihadirkan akan membuka mata pembaca terhadap pentingnya sebuah kebangkitan. Seperti puisi Hikayat Pekerja Sakit (hal. 39).
seorang pekerja di bintulu sarawak
sakit ketika ia tengah berada di shift malam
parasnya pucat
tubuhnya menggigil luar biasa
tetapi ia harus tetap bekerja
menikmati derita demi derita
yang semakin lama semakin menggila
bila ia bolos kerja
itu artinya ia mesti dicari-cari
oleh bosnya di bilik tempat ia beristirahat lalu
memilih: berangkat menuju pabrik dengan
keadaan yang pada akhirnya hanyalah
berujung pada keluhan
atau bersembunyi di tempat apa pun dan
gajinya tentu saja akan dipangkas 100
ringgit!
Puisi tersebut berbicara tentang ketimpangan relasi kekuasaan. Fenomena yang dipilih adalah stimulus bagi pembaca agar lebih jeli dan kritis. Masih banyak bergolakan buruh yang patut dibicarakan di ranah puitik. Kumpulan puisi ini mendokumentasikan perjalanan buruh di perbatasan negeri. Katrin Bendel meyakini bahwa sejatinya puisi membawa kesadaran semakin kritis akan relasi kekuasaan. Bentuk ketidakadilan yang disebabkan oleh penguasa global itu berhasil secara explisit diekspresikan oleh Hadiwinata.
Puisi ini akan lebih menggugah dengan tatanan idiom yang segar, serta upaya untuk menyajikan keberagaman diksi, sehingga pembaca semakin dekat pada kesadaran menjadi manusia. Bagi calon pembaca, antologi Sepanjang Jalan Kesedihan layak dipinang. Terlebih saat musim pandemi yang merekatkan kita pada kesepian dan kegelisahan. Nyatanya, penderitaan yang kita alami tidak seberapa bila dibandingkan keluh dan peluh pekerja plywood. Maka jenguklah kabar buruh untuk paham pergolakan batin yang tak kunjung redam, melalui pembacaan Sepanjang Jalan Kesedihan.[T]