Kemarahan adalah musuh. Ada banyak kitab yang bangga mengajarkan agar kami melawan kemarahan. Kami percaya barisan kitab-kitab itu meskipun kami tidak tahu siapa pengarangnya dan tercipta dalam situasi serta kondisi yang bagaimana. Kami tidak pernah diajarkan untuk menanyakan hal-hal yang sudah baku itu. Kami percaya begitu saja dan menerimanya dengan perasaan lega. Dalam bahasa yang agak tinggi, kami menyebutnya ‘tercerahkan’.
Dengan kondisi batin yang tercerahkan itu, kami fasih membicarakan kesucian dan kekotoran. Tidak hanya sebatas di alam nyata, tapi sampai jauh sekali sampai pada alam batin. Kami memang diajarkan agar selalu membangun peradaban batin yang tinggi-tinggi sekali. Jika peradaban batin yang tinggi itu digoncang permasalahan, kami juga sudah punya jawaban yang tidak kalah melegakan. Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin.
Peradaban batin kami yang super tinggi itu, juga mengajarkan bahwa kemarahan adalah saudara sekandung. Dia lahir dari rahim yang sama dan mengalir pada pembuluh darah yang tidak berbeda. Tradisi ini pula yang barangkali menyebabkan kami selalu merasa kalau saudara sendiri adalah musuh. Atau setidaknya, kami lebih mudah memusuhi saudara sendiri dan justru menganggap orang jauh sebagai nabi yang jadi juru selamat. Kami tidak akan pernah menyakiti orang-orang luar yang datang sebagai tamu. Karena kami juga diajarkan bahwa tamu adalah perwujudan dewa rejeki. Bahkan jika kepala kami yang tiap hari raya diperciki tirtha diinjak-injak, kami tidak akan marah karena mereka adalah tamu. It’s ok Sir!
Orang-orang menolak tradisinya diubah oleh tradisi lain yang konon tidak sesuai. Tapi kalau yang mengubah adalah dirinya sendiri, apalagi atas nama pariwisata, akan ada permakluman dari segala bidang. Kenyataan semacam ini bukan barang baru. Bolehlah kita katakan, inilah kenyataan yang tidak dinyatakan. Setidaknya dengan terang-terangan.
Apa sebabnya? Karena keterbatasan informasi, kami tidak dapat memastikan apa sebab kenyataan penting dan pahit itu tidak menyembur keluar. Mungkin karena kenyataan itu terlalu pahit, jadi lebih baik kami biarkan saja terkubur oleh peristiwa-peristiwa lain, atau justru menguap bersama waktu. Atau, barangkali kami hanya takut mengakui kalau kami sedang berubah bersama-sama.
Tradisi juga mengajarkan bahwa kami adalah orang-orang menang. Jadi tidak aneh kami selalu merayakan kemenangan atas perang yang tidak pernah kami lakukan. Kami menerima itu sebagai tradisi, dan tradisi adalah tiang penyangga kebudayaan yang harus terus menerus dirawat agar tetap kokoh. Bangunan kebudayaan ini, tidak boleh ambruk. Kalau ini ambruk, kami tidak punya penghasilan lagi. Ketiadaan penghasilan berarti kemiskinan. Anak-anak kami tidak akan sanggup hidup dalam kemiskinan karena kami tidak mengajarkannya untuk jadi miskin. Tidak ada orang menang yang miskin.
Karena kami adalah orang-orang menang, kami merasa pantas untuk saling menginjakkan kaki pada ubun-ubun lawan. Kami mewarisinya dari generasi ke generasi. Kami tidak sadar kalau dendam orang-orang yang dikalahkan mengintip dari sudut paling tidak terduga.
Pokoknya, kami harus terus menerus melawan kemarahan, dengan begitu kami dapat bangga bercerita pada anak-cucu dan turis bahwa kami merayakan kemenangan. Kami tidak akan menceritakan kalau kami pernah dikalahkan kemarahan sendiri. Kekalahan kami anggap sebagai hal paling menjijikkan. Karena itu, kami tidak ingin baju-baju putih kami tercoreng tinta hitam kekalahan. Tidak ada rumusnya dalam shastra.
Shastra adalah senjata paling muktahir yang kami temukan dan buat sebanyak-banyaknya. Sudah biasa kami takjub pada penemuan yang kami buat sendiri. Oleh karena itu, penemuan itu kami jadikan dasar terus menerus. Pada suatu saat, kami tiba pada kesimpulan bahwa segala hal yang ada dalam shastra adalah benar. Apapun yang tidak ada di dalamnya, adalah salah. Dengan begitu, kami bisa bertindak sebagai Dewa sebagaimana kami diajarkan para leluhur bahwa manusia adalah manusia, dewa dan raksasa di saat yang sama. Percayalah, kami ini adalah manusia dengan peradaban yang sudah mapan. Dan kami bangga dengan itu. Kami akan menjaga kebanggaan itu sampai titik darah penghabisan. Kami tidak ragu-ragu mengerahkan dan menyerahkan segalanya demi kebanggan itu. Kami tidak keberatan bahkan jika tubuh kami hancur musna. Sampai yang tersisa hanya kebanggaan. [T]