Di era 1990-an, kawan-kawan seniman dan seniwati di Jembrana atas prakarsa penyair legendaris Umbu Landu Paranggi rutin menggelar “Rajer Babat”, akronimnya “Rembug Apresiasi Jembrana Bali Barat”. Pagelaran seni yang digelar antara lain baca puisi, pertunjukan teater, pameran lukisan dan juga seni instalasi.
Rajer Babat begitu melegenda pada masa itu. Kalau tak salah diadakan setiap Purnama Kapat, sehingga oleh Umbu Landu Paranggi ditambahkan kata “Pukat-19” di belakang “Rajer Babat”. Saya yang pada waktu itu belum menggeluti sastra secara intens, hanya sayup-sayup mendengar dari kawan dan guru lain, semisal Nanoq dan Kansas, A.G Pramono, Pak D.S. Putra atau Pak Lanus Sumatra yang kini menjadi pemangku dan kembali ke kampung halamannya di Belayu, Tabanan.
Entah apa sebabnya, Rajer Babat akhirnya tak dilaksanakan lagi setelah kira-kira sepuluh tahun berjalan. Padahal, even seni ini sangat bagus, tak hanya sebagai wadah ekspresi seni generasi muda Jembrana, tapi juga sarana edukasi dan regenerasi para seniman di Jembrana. Selain itu, Rajer Babat tempat “temu kangen” pegiat dan aktivis seni asal Bali dan beberapa wilayah di Jawa yang datang secara khusus untuk meramaikan perhelatan seni dan budaya tersebut.
Even nasional terakhir dalam bidang sastra di Jembrana adalah Kongres Cerita Pendek II tahun 2002 lalu. Saat itu saya masih SMA dan turut serta menjadi panitia pelaksana. Di sana saya bertemu langsung dengan sastrawan kondang semisal Agus Noor dan Saut Situmorang. Meskipun setelah itu di Jembrana terdapat festival yang setiap tahun dihelat, semisal Festival Seni Pelajar Jembrana dan Festival Dusun, agaknya itu belum bisa menyaingi Rajer Babat dan hanya bersifat biasa karena lebih menyasar pelajar dan mahasiswa, bukan untuk seniman dan seniwati dalam arti luas.
Purnama Kapat ini mengingatkan saya pada Rajer Babat. Bisa dibilang, even itu agak mirip apa yang dilakukan oleh W.S. Rendra dengan kemah kaum urakan di Parangtritis, Yogyakarta di masa lalu. Regenerasi seniman Jembrana perlu ada, jika tak ingin hilang dari sejarah arus utama, terlebih ketika sejarah itu ditulis oleh penulis atau wartawan yang tak mengenal Jembrana dengan baik. Alhasil, Jembrana tetap saja terpinggirkan, atau selalu dilupakan meski memiliki seni dan kesenian yang tak kalah baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Semoga Rajer Babat bisa diadakan lagi, bangun dari tidur panjang dan mampu merebut kembali panggung serta peta seni dan budaya di Bali.
Dan, Umbu Landu Paranggi tampaknya memiliki kenangan begitu dalam pada Jembrana dan Rajer Babat yang diabadikan salam sebuah sajak yang tak sengaja saya dapati dari blog yang dikelola Wayan Jengki Sunarta. Terima Kasih telah menulis kembali sajak itu di internet sehingga bisa dicari, dibaca dan dihayati oleh generasi muda Jembrana seperti saya. SALAM.
Syair Rajer Babat
Rajer
bukan ke mana bukan di mana
bumi dipijak langit dijunjung
Babat
bukan di mana bukan ke mana
langit dijunjung bumi dipijak
Suaka deskara siguntang
hadir selalu menopangmu
(kemanamana kau ayun langkahmu
dimanamana kau tanam cintamu)
Rajer
bukan ke mana bukan di mana
Babat
bukan di mana bukan ke mana
langit dijunjung bumi dipijak
Ilmu salak seni subak
mengalir setia mengawalmu
(dimanamana kau bongkar rindumu
kemanamana kau tembakkan lagu)
(Umbu Landu Paranggi)
SENI pewayangan di Bali adalah panggung yang selalu hidup, ladang subur di mana kreativitas para dalang dapat tumbuh dan berkembang....
Read more