KRITIK sesungguhnya komplotan kubu kreativitas. Kritik bagaikan tulang-tulang yang menerawang dalam selembar daun. Perumpaman itu tidak 100 persen tepat. Tapi sekedar menjelaskan, kritik menelurusuri sedemikian rupa produk kreatif, hingga seluruh pojokannya jadi jelas.
Tapi di samping jadi “humas”, kritik juga dapat memberi inspirasi ketika kreativitas terhenti di jalan buntu. Dengan “sparring partner” kritik, kreativitas akan beringas dan bernas lagi.
Sayang, pamor kritik di negeri kita ini keliru. Kritik hanya tampil sebagai usaha pembabatan yang mencela, mengutuk kadangkala memfitnh dengan kejam apa yang mau dibusukkannya/ didiskreditkannya. dengan caci-maki. Dalam wajah lain, kritik hadir sebagai sanjungan, puji-pijian bahkan pemujaan, persis kecap iklan untuk menipu konsumen, agar menganggap hasil kreativitas bersangkutan adiluhung/terpuji.
Itulah yang sudah menyebabkan muncul istilah: “kritik membangun”. Sejatinya semacam himbauan agar cercaan bisa diredam dengan memberikan imbangan harapan agar yang sedang dikritik tidak putus asa. Istilah tersebut juga memaparkan bahwa penulis kritik senang sekali mengutuk/mencela seakan itu otomatis mengangkat bobotnya.
Predikat: “cukup baik”, “cukup berhasil”, “lumayan”, “tidak lebih baik juga tidak lebih buruk” dan sebagainya, sering kali dipakai sebagai punten penilain. Basa-basi itu di samping mengandung azas “kritik membangun” juga menjelaskan penulis takarannya tinggi. Atau sebaliknya: sebenarnya tak bisa/pantas menilai, karena tak punya cukup referensi dan wawasan.
Dengan situasi kritik seperti itu, hampir di semua cabang seni, saya jadi berani mengatakan: produk kreatif kita pincang. Lajunya terhambat. Kritik selaku “humas” alpa menggarap apresiasi masyarakat, karena: lebih sibuk memakai kritik untuk mengangkat kewibawan kritikusnya sendiri yang sejatinya belum mampu menulis kritik.
Kelangkaan kritik, sering ditambal-sulam oleh orang-orang kreatif sendiri. Kebetulan memang banyak yang berbakat. Di samping mereka bergulat di lapangan, jadi menguasai masalahnya, wawasannya pun luas. Hanya jeleknya kecendrungan “humasnya” sering terlalu menonjol. Ada kesan, mereka hanya mau menempatkan orang-orang dari kubunya sendiri yang terbaik. Itu tak sehat dan membutuhkan “kritik atas kritik”- yang belum (baru satu, dua) kita miliki .
Kritik sebagai telaah, analisis dengan wawasan luas serta berpuncak pada opini yang masuk akal (referensi terpercaya) tidak hanya berakibat sekedar gaduh pro dan kontra. Tapi terbuka untuk menimbulkan opini lain yang mungkin saja bertentangan karena sudut pandang dan alasannya beda (meski sama-sama masuk akal) tapi konklusinya lain. Di situ pembaca akan bisa memilih serta juga diingatkan bahwa seni itu “merayakan” relativitas. Walhasil kehadiran kritik mengayakan pembaca, mengingatkan berbeda itu sah dan indah.
Kreativitas yang produktif yang tak diimbangi dengan maraknya kritik, bisa jadi ledakan yang “merusak pasar”. Massa penonton akan merasa kenyamanannya terganggu. Karena mereka akan merasa terancam. Dikepung hal-hal baru yang tak bisa mereka mengerti/nikmati. Dan kalau mereka jadi bete, mereka bisa pergi ke tempat lain yang mereka anggap lebih memenuhi apa yang mereka cari. Itu kerugian besar.
Sebuah pergelaran teater tidak seperti film yang berkali-kali bisa diulang karena ada copy-nya. Jumlah total penonton teater, sampai sekarang, belum bisa mencapai satu juta. Sedang film Indonesia yang box office sudah banyak melewati 5 juta. Banyak “penonton” teater yang “menonton” lewat kritik (resensi) di media. Karenanya peranan kritik sangat penting.
Memacu laju perkembangan teater tak cukup hanya dengan menggertak produktivitas produksi. Aspek itu sebenarnya sudah berlangsung. Yang belum ada: usaha membangun/merawat pasar, menjaga/mengembangkan populasi penonton, serta menumbuhkan kritik teater.
Saya menganjurkan: para penampil, sutradara, penonton, pengamat, budayawn, semua yang terkait dengan “Festival Monoloog Bali 2017” mau urun rembug. Menulis pengalaman/opini/kesan/komentar/usul/saran/keluhan serta gagasannya untuk memancing perbincangan. itu bisa menjadi awal tumbuhnya perjalanan pikiran dan pasti akan diikuti meluasnya wawasan lalu menghasilkan gagasan-gagasan. Karena teater bukan hanya laku tubuh dan suara, tetapi juga petualangan pemikiran. Walhasil: ilmu pengetahuan. (T)
Jakarta 1 April ’17
Baca juga: Catatan Kecil Putu Wijaya: Kritik Teater, Interpretasi, Manipulasi