𝗖𝗮𝘁𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗛𝗮𝗿𝗶𝗮𝗻 𝗡𝘆𝗮𝗻𝗴𝗿𝗮 𝗦𝗮𝗿𝗮𝘀𝘄𝗮𝘁𝗶, 𝟮𝟭 𝗢𝗸𝘁𝗼𝗯𝗲𝗿 𝟮𝟬𝟮𝟮
{}{}{}
[Terlampir beberapa foto dan gambar sebagai pelengkap uraian]
I. Dunia kebatinan Bali, dan para penggemarnya, baik lokal dan asing, ketika membicarakan kebatinan atau pengajaran kegaiban di Bali, sudah pasti tidak bisa menghindari percakapan soal DASA BAYU.
Jika bercakap DASA BAYU keluarlah RAJAH DASA BAYU yang kini banyak beredar di dunia maya alias internet.
Tidak kurang peminat kebatinan di Bali mencoba membandingkannya dengan pelambangan sejenisa dalam aksara Tibet dan Devanagari.
Semangat mempelajari tradisi kebatinan luhur ini adalah kabar yang mengembirakan jika didasari garis silsilah ajaran yang jelas. Bisa menjadi kabar yang berpotensi menjadi kabar buruk jika tidak diimbangi pemahaman yang mendasari penjelas dan diskusi, serta prakteknya.
II. Apa sesungguhnya Dasa Bayu?
Mari kita membaca pembacaan I Gusti Bagus Sugriwa (IGBS), seorang guru ternama di Pulau Dewata yang pemikirannya berpengaruh pada jalan sejarah Hindu Bali.
Saya kutip utuh apa yang penjelasan IGBS mengenai Dasa Bayu, sebagai berikut:
𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐁𝐚𝐲𝐮 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐧𝐚𝐫𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐝𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐨𝐚𝐥 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬, 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐚𝐧𝐠𝐢𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐦𝐚𝐭 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐢 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐤𝐢𝐭𝐚, 𝐬𝐞𝐩𝐮𝐥𝐮𝐡 𝐣𝐞𝐧𝐢𝐬 𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦𝐧𝐲𝐚, 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐏𝐫𝐚𝐧𝐚.
𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐩𝐚𝐭 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐢 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐦𝐚𝐧𝐮𝐬𝐢𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐚𝐡𝐥𝐮𝐤 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐝𝐚 𝟑 𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮:
𝟏. 𝐌𝐚𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐧𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦 𝐢𝐭𝐮, 𝐥𝐚𝐮𝐤 𝐩𝐚𝐮𝐤, 𝐝𝐚𝐠𝐢𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐧 𝐬𝐚𝐲𝐮𝐫 𝐦𝐚𝐲𝐮𝐫, 𝐛𝐮𝐚𝐡-𝐛𝐮𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐝a𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧-𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚.
𝟐. 𝐌𝐢𝐧𝐮𝐦𝐚𝐧, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐢𝐫 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐢𝐧𝐮𝐦𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚;
𝟑. 𝐇𝐚𝐰𝐚, 𝐛𝐚𝐲𝐮 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐩𝐫𝐚𝐧𝐚.
𝐃𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝟑 𝐮𝐧𝐬𝐮𝐫 𝐩𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐢 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐢𝐭𝐮, 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐤𝐮𝐚𝐭 𝐢𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐧𝐨𝐦𝐨𝐫 𝟑, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐡𝐚𝐰𝐚, 𝐛𝐚𝐲𝐮 𝐝𝐚𝐧 𝐩𝐫𝐚𝐧𝐚.
𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐁𝐚𝐲𝐮 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐏𝐫𝐚𝐧𝐚 𝐲𝐚𝐤𝐧𝐢:
𝟏. 𝐏𝐫𝐚𝐧𝐚,
𝟐. 𝐒𝐦𝐚𝐧𝐚,
𝟑. 𝐀𝐩𝐚𝐧𝐚,
𝟒. 𝐔𝐝𝐚𝐧𝐚,
𝟓. 𝐁𝐲𝐚𝐧𝐚,
𝟔. 𝐍𝐚𝐠𝐚,
𝟕. 𝐊𝐮𝐫𝐦𝐚𝐫𝐚,
𝟖. 𝐊𝐫𝐤𝐚𝐫𝐚,
𝟗. 𝐃𝐞𝐰𝐚𝐝𝐚𝐭𝐭𝐚,
𝟏𝟎. 𝐃𝐡𝐚𝐧𝐚𝐧𝐣𝐚𝐲𝐚.
𝟏. 𝐏𝐫𝐚𝐧𝐚 = 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 (𝐛𝐫𝐞𝐚𝐭𝐡, 𝐫𝐞𝐬𝐩𝐢𝐫𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧), 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐤𝐞𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥, 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩, 𝐛𝐞𝐫𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐩𝐚𝐫𝐮-𝐩𝐚𝐫𝐮. 𝐏𝐫𝐚𝐧𝐚 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐮𝐩𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐚𝐧𝐠𝐢𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐤𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 (𝐞𝐧𝐞𝐫𝐠𝐲, 𝐬𝐭𝐫𝐞𝐧𝐠𝐭𝐡, 𝐩𝐨𝐰𝐞𝐫) 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐬𝐚𝐥 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐓𝐮𝐡𝐚𝐧 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐚𝐡𝐚 𝐓𝐢𝐧𝐠𝐠𝐢 (𝐭𝐡𝐞 𝐬𝐮𝐩𝐫𝐞𝐦𝐞 𝐬𝐩𝐢𝐫𝐢𝐭)
𝟐. 𝐒𝐚𝐦𝐚𝐧𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐧𝐜𝐞𝐫𝐧𝐚𝐚𝐧 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐥𝐢𝐟𝐞 – 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐬 𝐨𝐫 𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥 𝐚𝐢𝐫𝐬 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐢𝐬 𝐞𝐬𝐬𝐞𝐧𝐭𝐢𝐚𝐥 𝐭𝐨 𝐝𝐢𝐠𝐞𝐬𝐭𝐢𝐨𝐧).
𝟑. 𝐀𝐩𝐚𝐧𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐠𝐞𝐫𝐚𝐤 𝐭𝐮𝐫𝐮𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐝𝐢𝐥𝐮𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐚𝐧𝐭𝐚𝐭 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐥𝐢𝐟𝐞 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐬 𝐢𝐧 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐠𝐨𝐞𝐬 𝐝𝐨𝐰𝐧𝐰𝐚𝐫𝐝𝐬 𝐨𝐮𝐭 𝐚𝐭 𝐭𝐡𝐞 𝐚𝐧𝐮𝐬).
𝟒. 𝐔𝐝𝐚𝐧𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐲𝐚𝐧𝐠𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐬𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐤𝐞𝐫𝐨𝐧𝐠𝐤𝐨𝐧𝐠𝐚𝐧 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥 𝐚𝐢𝐫𝐬 𝐨𝐫 𝐥𝐢𝐟𝐞 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐬 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐢𝐧 𝐚𝐧𝐝 𝐨𝐮𝐭 𝐚𝐭 𝐭𝐡𝐞 𝐭𝐡𝐫𝐨𝐚𝐭).
𝟓. 𝐁𝐲𝐚𝐧𝐚, 𝐰𝐢𝐲𝐚𝐧𝐚 = 𝐮𝐝𝐚𝐫𝐚 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐲𝐞𝐛𝐚𝐫 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐥𝐮𝐫𝐮𝐡 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐥𝐢𝐟𝐞 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐬 𝐢𝐧 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐢𝐬 𝐝𝐢𝐟𝐟𝐮𝐬𝐞𝐝 𝐭𝐡𝐫𝐨𝐮𝐠𝐡 𝐭𝐡𝐞 𝐰𝐡𝐨𝐥𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲).
𝟔. 𝐍𝐚𝐠𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐦𝐩𝐢𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐫𝐮𝐭 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥 𝐚𝐢𝐫𝐬 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲 𝐭𝐡𝐚𝐭 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐢𝐬 𝐞𝐱𝐩𝐞𝐥l𝐞𝐝 𝐛𝐲 𝐞𝐫𝐮𝐜𝐭𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧).
𝟕. 𝐊𝐮𝐫𝐦𝐚𝐫𝐚 = 𝐠𝐞𝐭𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧, 𝐭𝐞𝐫𝐮𝐭𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐠𝐞𝐫𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐣𝐚𝐫𝐢 (𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐨𝐮𝐭𝐞𝐫 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐨 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲, 𝐚 𝐩𝐚𝐫𝐭𝐢𝐜𝐮𝐥𝐚𝐫 𝐠𝐞𝐬𝐭𝐢𝐜𝐮𝐥𝐚𝐭𝐢𝐨𝐧 𝐰𝐢𝐭𝐡 𝐭𝐡𝐞 𝐟𝐢𝐧𝐠𝐞𝐫).
𝟖. 𝐊𝐫𝐤𝐚𝐫𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐥𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐢𝐡 (𝐬𝐧𝐨𝐨𝐳𝐞)
𝟗. 𝐃𝐞𝐰𝐚𝐝𝐚𝐭𝐭𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲a𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐥𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐮𝐚𝐩 (𝐬𝐭𝐞𝐚𝐦)
𝟏𝟎. 𝐃𝐡𝐧𝐚𝐧𝐣𝐚𝐲𝐚 = 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐫𝐢 𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 (𝐚 𝐤𝐢𝐧𝐝 𝐨𝐟 𝐯𝐢𝐭𝐚𝐥 𝐚𝐢𝐫𝐬 𝐧𝐨𝐮𝐫𝐢𝐬𝐡𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲).
𝐈𝐭𝐮𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐞𝐦𝐮𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐧𝐚𝐦𝐚 𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐛𝐚𝐲𝐮 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐝𝐚𝐬𝐚 𝐩𝐫𝐚𝐧𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐫𝐚𝐧𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧. 𝐒𝐞𝐛𝐚𝐛 𝐢𝐭𝐮 𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐩𝐫𝐚𝐧𝐚𝐲𝐚𝐦𝐚 𝐚𝐦𝐚𝐭 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐮𝐧t𝐮𝐤 𝐤𝐞𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐡𝐚𝐥𝐮𝐬 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐝𝐚𝐩𝐚𝐭𝐤𝐚𝐧 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩 𝐬𝐞𝐠𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐜𝐢.
𝐋𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐩𝐫𝐚𝐧𝐚𝐲𝐚𝐦𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐭𝐞𝐫𝐝𝐢𝐫𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝟑 𝐦𝐚𝐜𝐚𝐦 𝐠𝐞𝐫𝐚𝐤, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮: 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐬𝐮𝐤𝐤𝐚𝐧 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬, 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐞𝐥𝐮𝐚𝐫𝐤𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚, 𝐝𝐢𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐢𝐬𝐭𝐢𝐥𝐚𝐡 𝐤𝐞𝐚𝐠𝐚𝐦𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐢𝐧𝐚𝐦𝐚𝐢 ; 𝐩𝐮𝐫𝐚𝐤𝐚, 𝐤𝐮𝐦𝐛𝐡𝐚𝐤𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐫𝐞𝐜𝐚𝐤𝐚.
𝟏. 𝐏𝐮𝐫𝐚𝐤𝐚 = 𝐦e𝐧𝐮𝐭𝐮𝐩 𝐥𝐮𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐢𝐛𝐮 𝐣𝐚𝐫𝐢 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐡𝐢𝐬𝐚𝐩 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐥𝐮𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐢𝐫𝐢. (𝐜𝐥𝐨𝐬𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐡𝐞 𝐫𝐢𝐠𝐡𝐭 𝐧𝐨𝐬𝐭𝐫𝐢𝐥 𝐚𝐧𝐝 𝐢𝐧𝐡𝐚𝐥𝐢𝐧𝐠 𝐚𝐢𝐫 𝐭𝐡𝐫𝐨𝐮𝐠𝐡 𝐭𝐡𝐞 𝐥𝐞𝐟𝐭, 𝐚 𝐫𝐞𝐥𝐢𝐠𝐢𝐨𝐮𝐬 𝐜𝐞𝐫𝐞𝐦𝐨𝐧𝐲.
𝟐. 𝐊𝐮𝐦𝐛𝐡𝐚𝐤𝐚 = 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐡𝐚𝐧 𝐧𝐚𝐟𝐚𝐬 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐮𝐭𝐮𝐩 𝐦𝐮𝐥𝐮𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐥𝐮𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐢𝐛𝐮 𝐣𝐚𝐫𝐢 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧 (𝐬𝐭𝐨𝐩𝐩𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐨 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐫𝐞𝐚𝐭𝐡 𝐛𝐲 𝐜𝐥𝐨𝐬𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐡𝐞 𝐦𝐨𝐮𝐭𝐡 𝐚𝐧𝐝 𝐛𝐨𝐭𝐡 𝐧𝐞𝐬𝐭𝐫𝐢𝐥𝐥𝐬 𝐰𝐢𝐭𝐡 𝐩𝐢𝐧𝐠𝐞𝐫 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐫𝐢𝐠𝐡𝐭 𝐡𝐚𝐧𝐝).
𝟑. 𝐑𝐞𝐜𝐚𝐤𝐚 = 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐠𝐨𝐬𝐨𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐡𝐚𝐰𝐚 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐚𝐫𝐮-𝐩𝐚𝐫𝐮 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐚𝐭𝐮 𝐥𝐮𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐤𝐞𝐛𝐚𝐥𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐮𝐫𝐰𝐚𝐤𝐚 (𝐞𝐦𝐩𝐭𝐲𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐡𝐞 𝐥𝐮𝐧𝐠𝐬, 𝐞𝐦𝐢𝐭𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐫𝐞𝐚𝐭𝐡, 𝐞𝐬𝐩𝐞𝐜𝐢a𝐥𝐥𝐲 𝐭𝐡𝐫𝐨𝐮𝐠𝐡 𝐨𝐧𝐞 𝐨𝐟 𝐧𝐨𝐬𝐭𝐫𝐢𝐥, 𝐨𝐩𝐩. 𝐏𝐮𝐫𝐚𝐤𝐚 𝐰𝐡𝐢𝐜𝐡 𝐦𝐞𝐚𝐧𝐬 “𝐢𝐧𝐡𝐚𝐥𝐢𝐧𝐠 𝐛𝐫𝐞𝐚𝐭𝐡”.
III. Sampailah kita pada pertanyaan kedua: APA HUBUNGANNYA DENGAN MODRE DASA BAYU?
IGBS menjelaskan bahwa sesungguhnya modre yang beredar tersebut adalah WIJAKSARA SAPTA CAKRA.
Apakah WIJAKSARA SAPTA CAKRA tersebut?
Kata IGBS cara pengucapan dari aksara tersebut adalah: oṁ, iṁ, a, kṣa, ma, ra, la, wa, ya, oṁ, uṁ
Relasinya di anatar keduanya baru bisa dipahami jika terlebih dahulu memahami keberadaan SAPTA CAKRA, dijelaskan oleh IGBS, sebagai berikut:
𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐤𝐢𝐭𝐚, 𝐤𝐢𝐭𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐢 𝐬𝐚𝐭 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐭 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐞𝐧𝐚𝐦 𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐚𝐭𝐚𝐢 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐤𝐞𝐡𝐢𝐝𝐮𝐩𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐤𝐢𝐭𝐚 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐛𝐢𝐝𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐚𝐛𝐚𝐭𝐡𝐢𝐧𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐤𝐞 𝐓𝐮𝐡𝐚𝐧𝐚𝐧.
𝐒𝐚𝐭 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐭 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐢𝐭𝐮, 𝐲𝐚𝐤𝐧𝐢:
𝟏. 𝐌𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 (𝐬𝐚𝐜𝐫𝐨𝐜𝐨𝐜𝐲𝐠𝐞𝐚𝐥 𝐩𝐥𝐱𝐮𝐬), 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐚𝐤𝐚𝐫 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐩𝐞𝐫𝐦𝐮𝐥𝐚𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭-𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐚𝐭𝐚𝐬n𝐲𝐚 (𝐭𝐡𝐞 𝐧𝐚𝐯𝐞𝐥 𝐚𝐬 𝐚 𝐫𝐨𝐬𝐭, 𝐭𝐡𝐞 𝐞𝐧𝐝 𝐨𝐟 𝐚𝐧𝐲𝐭𝐡𝐢𝐧𝐠 𝐛𝐲 𝐰𝐢𝐜𝐡 𝐢𝐭 𝐢𝐬 𝐣𝐨𝐢𝐧𝐞𝐝 𝐭𝐨 𝐬𝐨𝐦𝐞𝐭𝐡𝐢𝐧𝐠 𝐞𝐥𝐬), 𝐛𝐞𝐫𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐝𝐢𝐩𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐥 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠, 𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡-𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡 𝐝𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐥𝐨𝐛𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐚𝐧𝐭𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐧 𝐩𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐥 𝐤𝐞𝐦𝐚𝐥𝐮𝐚𝐧, 𝐭𝐚𝐦𝐩𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐚𝐭𝐚𝐢 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝟒 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐮𝐧. 𝐉𝐢𝐤𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐒𝐚𝐩𝐭𝐚 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐩𝐭𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐦𝐚𝐤𝐚 𝐦𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐢𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭: 𝐛𝐡𝐮𝐫 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐣𝐚𝐠𝐫𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚. 𝐖𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚 (𝐬𝐮𝐤𝐮 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐬𝐚𝐤𝐭𝐢) 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚𝐧𝐲𝐚: 𝐘𝐀.
𝟐. 𝐒𝐰𝐚𝐬𝐡𝐢𝐬𝐭𝐚𝐧𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 (𝐬𝐚𝐜𝐫𝐚𝐥 𝐩𝐥𝐞𝐱𝐮𝐬) 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮: 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐬𝐞𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐦𝐢𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚, 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐚𝐭𝐚𝐬 𝐤𝐞𝐦𝐚𝐥𝐮𝐚𝐧 𝐝𝐢𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐫 (𝐭𝐡𝐞 𝐧𝐚𝐯𝐞𝐥 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐛𝐨𝐝𝐲) 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐝𝐢𝐩𝐞𝐫𝐮𝐭 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡, 𝐭𝐦𝐚𝐩𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐮𝐧 𝐞𝐧𝐚𝐦 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫. 𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐬𝐚𝐩𝐭𝐚 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐩𝐭𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐢𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐛𝐡𝐮𝐰𝐚𝐡 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐰𝐚𝐩𝐧𝐚 𝐩𝐚𝐝 𝐰𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚 (𝐬𝐮𝐤𝐮 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐬𝐚𝐤𝐭𝐢) 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚𝐧𝐲𝐚: 𝐖𝐀.
𝐃𝐢𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐚𝐬𝐚𝐫 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐤𝐞𝐤𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 (𝐛𝐚𝐬𝐢𝐜 𝐨𝐫 𝐬𝐢𝐭𝐞 𝐨𝐟 𝐭𝐡𝐞 𝐩𝐨𝐰𝐞𝐫), 𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐬𝐢 𝐀𝐤𝐮 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐡𝐞𝐧𝐝𝐚𝐤 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐬𝐞𝐧𝐝𝐢𝐫𝐢 (𝐭𝐨 𝐭𝐚𝐤𝐞 𝐩𝐨𝐬𝐬𝐞𝐬𝐬𝐢𝐨𝐧 𝐨𝐟), 𝐬𝐮𝐤𝐚 𝐬𝐨𝐦𝐛𝐨𝐧𝐠 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐠𝐚𝐠𝐚𝐡𝐢 (𝐨𝐯𝐞𝐫𝐩𝐨𝐰𝐞𝐫), 𝐢𝐧𝐠𝐢𝐧 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐤𝐥𝐮𝐤𝐤𝐚𝐧 (𝐜𝐨𝐧𝐠𝐮𝐞𝐫), 𝐢𝐧𝐠𝐢𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐢𝐦𝐩𝐢𝐧 (𝐭𝐨 𝐥𝐞𝐚𝐝) 𝐝𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢𝐧𝐲𝐚.
𝟑. 𝐌𝐚𝐧𝐢𝐩𝐮𝐫𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 (𝐩𝐥𝐞𝐱𝐮𝐬 𝐬𝐨𝐥𝐚𝐫𝐢𝐬), 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮: 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐭𝐢𝐠𝐚 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐩𝐞𝐫𝐮𝐭 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐮𝐧 𝟏𝟎 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫, 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐰𝐚𝐡 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐩𝐭𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚. 𝐖𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚𝐧𝐲𝐚: 𝐋𝐀.
𝐃𝐢 𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐩𝐨𝐤𝐨𝐤 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧-𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧, 𝐡𝐚𝐲𝐚𝐥𝐚𝐧, 𝐩𝐞𝐫𝐭𝐢𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧, 𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐡𝐨𝐫𝐦𝐚𝐭𝐚𝐧, 𝐠𝐞𝐦𝐛𝐢𝐫𝐚 𝐦𝐚𝐮𝐩𝐮𝐧 𝐦𝐚𝐫𝐚𝐡 (𝐦𝐚𝐧𝐢 = 𝐟𝐚𝐧𝐜𝐢𝐧𝐠, 𝐜𝐨𝐧𝐬𝐢𝐝𝐞𝐫𝐢𝐧𝐠, 𝐫𝐞𝐠𝐚𝐫𝐝𝐢𝐧𝐠, 𝐡𝐨𝐧𝐨𝐮𝐫𝐢𝐧𝐠 𝐩𝐫𝐨𝐮𝐝, 𝐚𝐧𝐠𝐫𝐲).
𝟒. 𝐀𝐧𝐚𝐡𝐚𝐭𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 (𝐜𝐚𝐫𝐝𝐢𝐚𝐜 𝐩𝐥𝐞𝐱𝐮𝐬), 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐝𝐚 𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐧𝐭𝐮𝐧𝐠 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐡𝐮𝐥𝐮 𝐡𝐚𝐭𝐢, 𝐭𝐚𝐦𝐩𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐚𝐭𝐚𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐮𝐧 𝟏𝟐 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫, 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐓𝐚𝐩𝐨𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐓𝐮𝐫𝐲𝐚𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐢 𝐰𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚: 𝐑𝐀
𝐃𝐢𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐤𝐮𝐚𝐭, 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐥𝐮𝐤𝐚, 𝐭𝐚𝐤 𝐭𝐞𝐫𝐠𝐨𝐫𝐞𝐬, 𝐭𝐚𝐤 𝐫𝐮𝐬𝐚𝐤, 𝐬𝐞𝐥𝐚𝐦𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐛𝐚𝐫𝐮 𝐝𝐚𝐧 𝐭𝐚𝐤 𝐥𝐮𝐬𝐮𝐡 (𝐮𝐧𝐛𝐞𝐚𝐭𝐞𝐧, 𝐮𝐧𝐰𝐨𝐮𝐧𝐝𝐞𝐝, 𝐢𝐧𝐭𝐚𝐜𝐭, 𝐧𝐞𝐰 𝐚𝐧𝐝 𝐮𝐧𝐛𝐥𝐞𝐚𝐜𝐡𝐞𝐝).
𝟓. 𝐖𝐢𝐬𝐮𝐝𝐝𝐡𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 (𝐥𝐚𝐫𝐲𝐧𝐠𝐞𝐚𝐥 𝐩𝐥𝐞𝐱𝐮𝐬), 𝐲𝐚𝐤𝐧𝐢 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭-𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐥𝐢𝐦𝐚 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡, 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐥𝐞𝐡𝐞𝐫 𝐭𝐚𝐦𝐩𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐮𝐧 𝟏𝟔 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫, 𝐝𝐢𝐬𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐧𝐚 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐓𝐮𝐫𝐲𝐚𝐧𝐭𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐢 𝐰𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚: 𝐌𝐀.
𝐃𝐢𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐛𝐚𝐭𝐡𝐢𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐮𝐜𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐢𝐡, 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐩𝐚𝐬, 𝐣𝐢𝐭𝐮, 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐫𝐮𝐡 𝐤𝐞𝐛𝐚𝐣𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐣𝐮𝐣𝐮𝐫𝐚𝐧 (𝐯𝐢𝐬𝐮𝐝𝐝𝐡𝐚 = 𝐩𝐮𝐫𝐢𝐟𝐢𝐞𝐝, 𝐟𝐫𝐞𝐞 𝐟𝐫𝐨𝐦 𝐯𝐢𝐜𝐞 𝐨𝐫 𝐬𝐢𝐧, 𝐬𝐭𝐚𝐢𝐧𝐥𝐞𝐬𝐬, 𝐜𝐨𝐫𝐫𝐞𝐜𝐭, 𝐚𝐜𝐜𝐮𝐫𝐚𝐭𝐞, 𝐯𝐢𝐫𝐭𝐮𝐨𝐮𝐬, 𝐡𝐨𝐧𝐞𝐬𝐭).
𝟔. 𝐀𝐣𝐧𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮: 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐞𝐧𝐚𝐦 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡, 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐛𝐡𝐮𝐫 𝐦𝐚𝐝𝐡𝐲𝐚 𝐲𝐚𝐤𝐧𝐢 𝐝𝐢𝐚𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚 𝐝𝐮𝐚 𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐦𝐚𝐭𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐨𝐭𝐚𝐤 𝐤𝐞𝐜𝐢𝐥 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐮𝐚 𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐤𝐞𝐩𝐢𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚, 𝐭𝐚𝐦𝐩𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐩a𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐝𝐚𝐮𝐧 𝟐 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫, 𝐝𝐢𝐬𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐌𝐚𝐡𝐚 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐤𝐞𝐰𝐚𝐥𝐲𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐫𝐮𝐡 𝐰𝐢𝐣𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚 (𝐬𝐮𝐤𝐮 𝐤𝐚𝐭𝐚 𝐬𝐚𝐤𝐭𝐢): 𝐊𝐒𝐀.
𝐃𝐢 𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 (𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚) 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐭𝐚𝐡𝐮 𝐦𝐞𝐧𝐚𝐡𝐮, 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐬𝐚𝐝𝐚𝐫, 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐲𝐚𝐤𝐢𝐧 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐞𝐫𝐛𝐮𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐫𝐚𝐦𝐮𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚, 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐩𝐚𝐬 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐞𝐭𝐚𝐡𝐮𝐚𝐧 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐚l𝐚𝐦𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐚𝐬𝐦𝐚𝐧𝐢 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚 (𝐚𝐣𝐧𝐚 = 𝐧𝐨𝐭 𝐤𝐧𝐨𝐰𝐢𝐧𝐠, 𝐮𝐧𝐚𝐰𝐚𝐫𝐞, 𝐮𝐧𝐜𝐨𝐧𝐬𝐜𝐢𝐨𝐮𝐬, 𝐝𝐞𝐯𝐨𝐢𝐝 𝐨𝐟 𝐤𝐧𝐨𝐰𝐥𝐞𝐝𝐲𝐚 𝐨𝐫 𝐞𝐱𝐩𝐞𝐫𝐢𝐞𝐧𝐜𝐞)
𝐈𝐭𝐮𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐞𝐦𝐮𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢𝐧𝐚𝐦𝐚𝐢 𝐬𝐚𝐭 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝟔 𝐩𝐮𝐬𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐧𝐚𝐝𝐢-𝐧𝐚𝐝𝐢 𝐲𝐨𝐠𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐫𝐚𝐧𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐡𝐚𝐝𝐚𝐩 𝐛𝐚𝐝𝐚𝐧. 𝐃𝐢 𝐚𝐭𝐚𝐬 𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐝𝐚 𝐩𝐮𝐥𝐚 𝐬𝐞𝐛𝐮𝐚𝐡 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐫p𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐧𝐚𝐦𝐚𝐢: 𝐬𝐚𝐡𝐚𝐬𝐫𝐚𝐫𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚.
𝟕. 𝐒𝐚𝐡𝐚𝐬𝐫𝐚𝐫𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐨𝐭𝐚𝐤 𝐫𝐨𝐧𝐠𝐠𝐚 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐞𝐧𝐠𝐤𝐨𝐫𝐚𝐤 𝐭𝐚𝐦𝐩𝐚𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐡𝐚𝐬𝐫𝐚𝐫𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐡𝐚𝐬𝐫𝐚𝐫𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐫𝐢𝐛𝐮𝐚𝐧 𝐥𝐞𝐦𝐛𝐚𝐫 𝐝𝐚𝐮𝐧, 𝐝𝐢𝐬𝐚𝐦𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐚𝐭𝐲𝐚 𝐥𝐨𝐤𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐩𝐫𝐚𝐦𝐚 𝐤𝐚𝐰𝐚𝐥𝐲𝐚 𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐰𝐢j𝐚𝐤𝐬𝐚𝐫𝐚 : 𝐀
𝐃𝐢 𝐬𝐚𝐧𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐭𝐚𝐡𝐭𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐞𝐦𝐚𝐲𝐚𝐦𝐧𝐧𝐲𝐚 𝐒𝐢𝐰𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐁𝐫𝐚𝐡𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐢𝐚𝐬𝐚 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐃𝐣𝐢𝐰𝐚𝐭𝐦𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐮𝐭𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐞𝐤𝐚𝐭 𝐒𝐢𝐰𝐚𝐝𝐰𝐚𝐫𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐁𝐫𝐚𝐡𝐦𝐚𝐫𝐚𝐧𝐝𝐡𝐚 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐮𝐛𝐮𝐧-𝐮𝐛𝐮𝐧 (𝐝𝐰𝐚𝐫𝐚 = 𝐩𝐢𝐧𝐭𝐮, 𝐣𝐚𝐥𝐚𝐧, 𝐫𝐚𝐝𝐡𝐫𝐚 = 𝐥𝐨𝐛𝐚𝐧𝐠, 𝐥𝐢𝐚𝐧𝐠).
𝐎𝐭𝐚𝐤 𝐢𝐭𝐮 𝐦𝐞𝐦𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚𝐢 𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐦𝐬𝐮𝐦 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭: 𝐦𝐞𝐫𝐮 𝐝𝐚𝐧𝐝𝐡𝐚. 𝐎𝐭𝐚𝐤 𝐤𝐞𝐜𝐢𝐥 (𝐜𝐞𝐫𝐞𝐛𝐞𝐥𝐥𝐮𝐦) 𝐛𝐞𝐫𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐦𝐬𝐮𝐦 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐞𝐡𝐞𝐫 𝐝𝐚𝐧 𝐭𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐛𝐞𝐫𝐡𝐮𝐛𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐦𝐬𝐮𝐦 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢 𝐝𝐢 𝐩𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐥 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐧𝐜𝐢𝐩 (𝐟𝐢𝐥𝐮𝐦 𝐭𝐞𝐫𝐧𝐢𝐚𝐥𝐞).
𝐃𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐢𝐭𝐮 𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤𝐧𝐲𝐚 𝐦𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐭𝐞𝐦𝐩𝐚𝐭 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐞𝐦𝐚𝐲𝐚𝐦𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐮𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐧𝐢 𝐬a𝐤𝐭𝐢, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐬𝐚𝐤𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐢𝐰𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐃𝐮𝐫𝐠𝐚 𝐚𝐭𝐚𝐮 𝐬𝐚𝐤𝐭𝐢𝐧𝐲𝐚 𝐁𝐫𝐚𝐡𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢𝐬𝐞𝐛𝐮𝐭 𝐒𝐚𝐫𝐚𝐬𝐰𝐚𝐭𝐢. 𝐊𝐮𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐧𝐢 𝐢𝐭𝐮 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐞𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐜𝐢𝐧𝐜𝐢𝐧 𝐭𝐞𝐥𝐢𝐧𝐠𝐚, 𝐦e𝐥𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐫-𝐥𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐫 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐚𝐢 𝐮𝐥𝐚𝐫, (𝐤𝐮𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐧𝐢 = 𝐝𝐞𝐜𝐨𝐫𝐞𝐭𝐞𝐝 𝐰𝐢𝐭𝐡 𝐞𝐚𝐫 𝐫𝐢𝐧𝐠𝐬, 𝐜𝐢𝐫𝐜𝐮𝐥𝐚𝐫, 𝐬𝐩𝐢𝐫𝐚𝐥, 𝐰𝐢𝐧𝐝𝐢𝐧𝐠, 𝐜𝐨𝐢𝐥𝐢𝐧𝐠 𝐚𝐬 𝐚 𝐬𝐞𝐫𝐩𝐞𝐧𝐭).
𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐫𝐮𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐝𝐚 𝐭𝐫𝐢 𝐧𝐚𝐝𝐢, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮:
𝟏. 𝐈𝐝𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢, 𝟐. 𝐏𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢, 𝟑. 𝐒𝐮𝐦𝐬𝐮𝐦 𝐧𝐚𝐝𝐢.
𝐈𝐝𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐢 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧 𝐦𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐩𝐮𝐭𝐚𝐫-𝐩𝐮𝐭𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐥𝐢𝐭 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 (𝐬𝐩𝐢𝐫𝐚𝐥 𝐟𝐨𝐫𝐦𝐢𝐠𝐞) 𝐤𝐞 𝐚𝐭𝐚𝐬, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐣𝐮𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚 𝐭𝐞𝐦𝐛𝐮𝐬 𝐝𝐢 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐚𝐧𝐚𝐧, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐭𝐞𝐫𝐮𝐬 𝐤𝐞 𝐚𝐣𝐧𝐚 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚. 𝐏𝐢𝐧𝐠𝐠𝐚𝐥𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐢 s𝐞𝐛𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐤𝐢𝐫𝐢 𝐦𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐩𝐮𝐭𝐚𝐫-𝐩𝐮𝐭𝐚𝐫 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐞𝐥𝐢𝐭 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐞 𝐚𝐭𝐚𝐬, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐣𝐮𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚 𝐭𝐞𝐦𝐛𝐮𝐬 𝐝𝐢 𝐡𝐢𝐝𝐮𝐧𝐠 𝐤𝐢𝐫𝐢, 𝐬𝐞𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐠𝐢 𝐤𝐞 𝐚𝐣𝐧𝐚 𝐜𝐚𝐤r𝐚 𝐝𝐢 𝐬𝐚𝐧𝐚 𝐭𝐞𝐫𝐬𝐢𝐦𝐩𝐮𝐥 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐡𝐮𝐣𝐮𝐧𝐠 𝐢𝐝𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢. 𝐒𝐞𝐝𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐮𝐬𝐮𝐦𝐧𝐚 𝐧𝐚𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐞𝐭𝐚𝐤 𝐝𝐢 𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡-𝐭𝐞𝐧𝐠𝐚𝐡 𝐦𝐮𝐥𝐚𝐝𝐡𝐚𝐫𝐚, 𝐦𝐚𝐬𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐬𝐮𝐦𝐬𝐮𝐦 𝐝𝐢 𝐭𝐮𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐩𝐮𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐥𝐚𝐤𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐦𝐩𝐚𝐢 𝐤𝐞 𝐨𝐭𝐚𝐤.
Penjelasan IGBS ini perlu saya tambahi bahwa dalam penjelasan lontar dan praktek yoga yang dirahasiakan, disebutkan bahwa pada titik cakra itu berdengung suara oṁ, iṁ, a, kṣa, ma, ra, la, wa, ya, oṁ, uṁ
IV. Kutipan penjelasan IGBS sebagai diambil dari karya IGBS (1961): “PELAJARAN AGAMA HINDU BALI III Bagi Pendidikan Guru Agama Menengah Atas Dan Sekolah-sekolah Lainnya Serta Masyarakat Umumnya”
IGBS menjelaskan bahwa rangkaian atau untaian beberapa aksara Bali yang dikenal dengan sebutan DASA BAYU itu tersusun dari: oṁ, iṁ, a, kṣa, ma, ra, la, wa, ya, oṁ, uṁ
Bagaimana cara menghidupkan aksara ini ada dijelaskan dalam beberapa lontar KADYATMIKAN dan TUTUR. Praktek dan pengayaan dalam sarira diajurkan dalam asuhan yang memahaminya. Idealnya dalam tradisi guru-sisya. Ajaran DASA BAYU ini termasuk dalam kelompok lontar-lontar yang “sangat disakralkan” dengan pembuka atau penutupnya: “IKI AYWAWERA, HAYWA WERAH, ILA-ILA TEMEN”.
[AYWAWERA adalah kalimat perintah atau klausa imperatif (subjek orang kedua lesap) bentukan dari ‘AYWA/ HAYWA’ artinya JANGAN/ JANGANLAH dan ‘WERAH/ WERA’ artinya ceroboh, gegabah, tidak paham alur dan tata titi. Diperintahkan kepada siapun yang hendak membaca lontar-lontar Bali harus menguasai dasar-dasar keaksaraan, kebahasaan, tembang dan persajakan, serta sistem TATWA & KEDEWATAAN, sebelum memasuki topik-topik berat seperti WIJAKSARA. Kalau tidak, konslet, salah-salah NYEM LALAH, NGUMIK, KODAL TANPA BUDI, KEPONGOR, dstnya].
V. Aksara modre yang beredar luas dalam buku cetak umumnya hasil design modre karya A.A. GDE RAI, 1937, tercantum dalam buku Prof Weck, HEILKUNDE UND VOLKSTUM AUF BALI (1937), halaman 75.
Sampul depan buku HEILKUNDE UND VOLKSTUM AUF BALI, sangat luar biasa, di samping design aksara modre Dasabayu tersebut, dengan berbagai ilustrasi dibuat dengan sangat baik melengkapi buku ini. Nama A. A. Gde Rai tercantum di bawah berbagai gambar dalam buku ini. Dalam pengantarnya Prof Weck berterima kasih kepada para pihak yang membantu selama penelitian, dan para pihak yang menyumbangkan pemikiran dalam penelitiannya, termasuk ditujukan pada A.A. Gde Rai.
Design modre Dasa Bayu A.A. GDE RAI, 1937 menjadi lebih terkenal ketika menjadi sampul buku cover buku Jñānasiddhânta, yang terbit tahun 1971, sangat magis dan indah, yang beredar luas di kalangan akademisi Belanda dan berbahasa Inggeris.
Buku Jñānasiddhânta adalah kajian terhadap lontar mahakarya pemikiran Siwa Siddhanta yang terwariskan di Bali. Kajian oleh Haryati Soebadio, yang tak lain adalah disertasi Haryati Soebadio, di bawah bimbingan Dr. J. Ensink, Universitas Groningen, memberikan cahaya penerang untuk khalayak umum dalam memasuki pemikiran dalam tradisi suci Siddhanta. Penelitiannya dimulai dari tahun 1967 di Bali, dengan memakai data naskah dan informasi I Gusti Ngurah Bagus dkk, dan lontar milik serta turunan dari koleksi Ida Pedanda Made Sidemen yang dikaji, sampai akhirnya terbit dalam bentuk buku tahun 1971. Disertasi ini sangat mendalam dan runut, jernih menjabarkan, mampu memberi gambaran sangat benderang tradisi pikir Siddhanta di Bali.
Disertasi luar biasa berjudul Jñānasiddhânta ini diterbitkan dengan sampul modre Dasabayu – sepuluh aksara yang vital dalam dunia kebatinan Bali. Pada halaman setelah sampul Jñānasiddhânta terdapat keterangan bahwa design sampul buku ini diambil dari buku Prof Weck, 1937, halaman 75.
Enam tahun setelah terbit Jñānasiddhânta bersampul modre Dasabayu tersebut, entah bagaimana ceritanya design A.A. Gde Rai ini dipakai sebagai sampul buku dan kaset Guruh Gypsy (1977).
VI. 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐜𝐚𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐟 𝐖𝐞𝐜𝐤 (𝐝𝐚𝐧 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐇𝐚𝐫𝐲𝐚𝐭𝐢 𝐒𝐨𝐞𝐛𝐚𝐝𝐢𝐨) 𝐭𝐞𝐫𝐡𝐚𝐝𝐚𝐩 𝐦𝐨𝐝𝐫𝐞 𝐃𝐚𝐬𝐚 𝐁𝐚𝐲𝐮 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐦𝐛𝐚𝐜𝐚𝐚𝐧 𝐈 𝐆𝐮𝐬𝐭𝐢 𝐁𝐚𝐠𝐮𝐬 𝐒𝐮𝐠𝐫𝐢𝐰𝐚 (𝐈𝐆𝐁𝐒).
Prof Weck adalah seorang dokter Jerman peneliti pengobatan dan tradisi medis Bali. Tulisannya runut dengan pendekatannya yang berlatar dokter. Penelitiannya dirangkum dalam buku berjudul HEILKUNDE UND VOLKSTUM AUF BALI (1937). Buku Prof Weck ini bukan hanya baik dan memukau dalam membahas puluhan lontar usada, tapi design dan layout buku ini sangat menarik.
Dalam buku terbitan hasil dsertasi Haryati Soebadio memberikan catatan:
𝐍𝐎𝐓𝐄:
𝐓𝐡𝐞 𝐝𝐞𝐬𝐢𝐠𝐧 𝐨𝐧 𝐭𝐡𝐞 𝐟𝐫𝐨𝐧𝐭 𝐜𝐨𝐯𝐞𝐫 𝐡𝐚𝐬 𝐛𝐞𝐞𝐧 𝐭𝐚𝐤𝐞𝐧 𝐟𝐫𝐨𝐦 𝐖𝐞𝐜𝐤, 𝟏𝟗𝟑𝟕, 𝐩. 𝟕𝟓. 𝐈𝐭 𝐫𝐞𝐩𝐫𝐞𝐬𝐞𝐧𝐭𝐬 𝐭𝐡𝐞 daśabāyu, 𝐭𝐡𝐞 𝐭𝐞𝐧 𝐡𝐨𝐥𝐲 𝐬𝐲𝐥𝐥𝐚𝐛𝐥𝐞𝐬, 𝐧𝐚𝐦𝐞𝐥𝐲 𝐈-𝐇𝐀-𝐊𝐀-𝐒𝐀-𝐌𝐀-𝐑𝐀-𝐋𝐀-𝐕𝐀-𝐘𝐀-𝐔.
Modre tersebut dibaca: 𝐈-𝐇𝐀-𝐊𝐀-𝐒𝐀-𝐌𝐀-𝐑𝐀-𝐋𝐀-𝐕𝐀-𝐘𝐀-𝐔.
Perbedaaan cara pembacaan ini tentu akan menjadi perbincangan menarik dalam komunitas yang paham dan fasih dengan aksara Bali dan sudah memahami penulisan diakretik dan perbandingan penulisan WIJAKSARA, yang tidak hanya dipakai di Bali, tapi di beberapa negara lain, dalam berbagai aksara di Asia.