Pagi 13 Juli 2020, Kami (saya dan istri) melaksanakan rutinitas awal minggu seperti biasanya. Senin itu terasa lebih spesial karena bertepatan dengan ulang tahun istri saya yang ke-31 tahun. Kami menuju Denpasar dan seperti biasa jalanan Ubud terlihat cukup lenggang, hanya tampak beberapa pengendara yang melintasi jalanan Catuspata Ubud menuju ke arah Pasar Umum Ubud untuk berbelanja. Satu dua para pesepeda juga terlihat melintasi depan Puri Agung Ubud menuju kearah utara.
Gerbang utama Puri Agung Ubud pun masih tampak terkunci dengan rapat. Maklum, semenjak pandemi Covid-19 Pasar Seni dan Puri Ubud masih ditutup untuk sementara waktu. Kendati demikian, khusus bagi para tamu dan masyarakat yang berkepentingan berkunjung terkait urusan adat keagamaan tetap dipersilahkan masuk ke Puri.
Berbicara mengenai kunjungan wisatawan ke Puri Ubud di masa normal memang cukup padat. Kendati demikian, para pengunjung yang hadir hanya diperkenankan melihat-lihat di areal Ancak Saji dan Semanggen saja. Ketenaran dan daya tarik Puri Ubud tentu tidak bisa dipisahkan dari sosok Ida Tjokorda Gde Agung Soekawati (wafat 1978).
Beliau merupakan putra terkecil dari Ida Tjokorda Gde Soekawati (Punggawa Besar Ubud). Pemerintah Kabupaten Gianyar pun memberikan penghargaan Parama Bhakti Pariwisata pada 10 November 2015 atas dedikasi Tjokorda Gde Agung Soekawati sebagai konseptor kepariwisataan yang berbasis seni budaya dan komunitas. Selain itu, kakak tertua Beliau pun (Ida Tjokorda Gde Raka Soekawati) mendapatkan perhargaan yang sama sebagai impresio serta diplomat seni budaya.
Kedua kakak beradik tersebut dianggap sebagai pelopor dan peletak pondasi kepariwisataan di Ubud khususnya dan Bali pada umumnya yang berlandaskan kebudayaan. Melalui pendekatan diplomasi dan hubungan yang baik dengan seniman luar, seperti Walter Spies dan Rudolf Bonnet makin menjadikan Ubud sebagai pusat daya tarik berkesenian dan berkebudayaan kala itu, sehingga menarik dikunjungi oleh tamu-tamu asing.
Semenjak kedatangan Mr. Bonnet tahun 1929 ke Ubud dan Walter Spies beberapa tahun sebelumnya, Tjokorda Gde Agung Soekawati bersama kakak tertuanya, Gusti Njoman Lempad, Tjokorda Gde Rai (Peliatan), dan seniman lainnya membentuk komunitas seniman sampai berjumlah sebanyak 125 orang yang berasal dari berbagai desa. Beberapa kali pameran karya lukis, patung dan perak dipamerkan di dalam maupun di luar negeri.
Atas dasar gerakan tersebut, maka secara langsung juga mengangkat branding Ubud dan Bali, sehingga makin banyak pula tamu asing yang penasaran untuk berkunjung ke Ubud. Suatu hari pada tahun 1947, Mr. Bonnet menyarankan pada Tjokorda Gde Agung Soekawati untuk menerima tamu-tamu asing menginap di Puri Saren melalui rekomendasi para sahabatnya di luar.
Tentu menurut Bonnet pola semacam ini akan berbeda dari kebiasaan penerimaan tamu sebelum-sebelumnya. Logika simpelnya, para tamu sangat tertarik mengenal Ubud dan ingin bertemu langsung dengan Tjokorda Gde Agung Soekawati, maka wajar kiranya bagi tamu yang menginap di Puri Saren untuk membayar.
Semenjak Mr.Bonnet dan Tjokorda Gde Agung Soekawati bersepakat akan hal itu, maka beberapa pelancong asing yang datang melalui perjalanan laut mulai menginap untuk beberapa lama di Puri saren seperti yang pertama ialah Van Den Brook Dobberna. Selanjutnya, di Tahun 1948 tamu atas nama Santha Rama Rau, Faubion Bowers serta Margaret Brown.
Lalu, setelah periode berakhirnya kependudukan Jepang dan kembalinya Belanda mengontrol Indonesia Timur, tamu atas nama Bill dan Helen Costello datang bersama kedua putrinya ke Puri Saren untuk menginap selama satu bulan dan belajar tari bali.
Selanjutnya 13 Juli 1949, tiga tamu atas nama: Mr. Van Royen, Blom, dan Van Schell tinggal untuk dua malam dan baru semenjak itu Tjokorda Gde Agung Soekawati menyampaikan kepada Mr.Bonnet dirasa perlu memulai “Buku Tamu”. Maka Buku Tamu yang pertama di tanggal 13 Juli 1949 tersebut (tepat 71 tahun yang lalu) ditandatangani oleh tamu tersebut bertiga.
Catatan “ Buku Tamu” bersumber dari: “Reminiscenses of A Balinese Prince Tjokorda Gde Agung Soekawati as dictated to Rosemary Hilbery- Southeast Asia Paper No.14, Southeast Asian Studies, University of Hawaii 1979 ”